7 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Era Industri 4.0 | IndiHome
31 MAR 2021        BLOG

7 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Era Industri 4.0

Menentukan jurusan kuliah merupakan satu hal yang sulit untuk diputuskan. Kamu yang saat ini berada di kelas 3 SMA atau sederajat mungkin tengah merasakan kebimbangan tersebut. Jika Kamu tengah mengalaminya, sebaiknya Kamu simak penjelasan di bawah ini.

Ketika menentukan jurusan atau program studi (prodi) untuk kuliah, sebaiknya perhatikan prospek kerja dan keperluan industri. Memasuki era industri 4.0, jurusan yang dibutuhkan pun mengalami perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kira-kira, prodi pilihanmu termasuk atau tidak ya?

Daftar Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Era Industri 4.0

Berikut ini adalah berbagai program studi yang sangat dibutuhkan untuk mendukung Industri 4.0:

 

  • Teknik Informatika

    Di urutan pertama ada Teknik Informatika atau yang lebih dikenal dengan sebutan TI. Jurusan ini sangat dibutuhkan di era industri 4.0 ketika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sedang berkembang sangat pesat.

    Jika mengambil jurusan Teknik Informatika, Kamu akan mempelajari tentang teknologi komputer, khususnya dari segi software. Banyak yang bilang jika masuk jurusan ini, maka butuh perjuangan ekstra untuk bisa lulus.

    Namun perjuangan tersebut terbayar karena hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan TI, salah satunya adalah perusahaan multinasional.

 

 

 

  • Farmasi

    Sebagian pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia, perlahan mulai digantikan oleh teknologi pada era industri 4.0. Namun pekerjaan di bidang kesehatan yang akan sangat sulit tergantikan adalah farmasi.

    Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari seluk beluk tentang obat-obatan. Setelah lulus dari jurusan farmasi, Kamu bisa bekerja di perusahaan farmasi, rumah sakit, atau apotek. Kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya untuk menjadi dosen di jurusan yang sama.

 

 

 

  • Desain Komunikasi Visual

    Jurusan di perguruan tinggi yang saat ini tengah naik daun adalah Desain Komunikasi Visual atau DKV. Meskipun program studi yang satu ini memiliki nama “desain”, namun yang dipelajari bukan hanya cara untuk membuat desain.

    Di jurusan ini, Kamu juga akan mempelajari tentang komunikasi visual yang disampaikan ke publik. Hal ini berkaitan dengan perancangan produk agar lebih menarik di mata calon konsumen.

    Prospek kerja jurusan Desain Komunikasi Visual sangat banyak. Terlebih saat ini sudah memasuki era industri 4.0, di mana industri kreatif tengah berkembang begitu pesat. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang seperti industri film, perusahaan desain grafis, dan penerbitan.

 

 

 

  • Bisnis Digital

    Program studi bisnis digital merupakan salah satu jurusan terapan yang usianya masih sangat muda. Di prodi ini, Kamu akan mempelajari tentang seluk beluk bisnis di dunia digital dan proses perancangannya dari nol.

    Output yang dihasilkan dari jurusan bisnis digital adalah tenaga ahli untuk marketplace dan start up. Kedua industri ini sedang hits di era industri 4.0.

    Ilmu yang menjadi dasar dari Bisnis Digital adalah ilmu manajemen, namun kurikulumnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di dunia digital. Materi yang akan Kamu pelajari di jurusan ini sangat beragam, mulai dari hukum bisnis, sistem informasi, e-commerce, serta manajemen bisnis.

    Karena bisnis digital termasuk salah satu prodi baru, peminatnya pun masih sedikit. Kesempatan untuk masuk prodi ini masih sangat besar dan tidak terlalu ketat seperti prodi lain. Setelah lulus nanti, Kamu akan memiliki peluang untuk menjadi seorang digital business analyst atau ahli bisnis digital.

 

 

 

  • Teknik Sipil dan Arsitektur

    Pembangunan infrastruktur, gedung, dan hunian diprediksikan akan terus berlangsung sampai beberapa waktu ke depan. Pekerjaan di bidang ini sangat membutuhkan dua prodi dari fakultas teknik, yaitu teknik sipil dan arsitektur.

    Kalau Kamu mengambil jurusan kuliah arsitektur, hal-hal yang dipelajari antara lain cara untuk merancang bangunan pada sebuah gambar. Gambar inilah yang nantinya menjadi dasar atau patokan dalam pembangunan.

    Meskipun saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk membuat gambar bangunan, namun komputer masih belum bisa merancang gambar bangunannya. Oleh karena itu, lulusan arsitektur masih memiliki peluang kerja yang sangat besar di dunia industri.

    Tak hanya arsitektur, jurusan teknik sipil juga masih sangat diperlukan di era industri 4.0 seperti saat ini. Proyek-proyek pembangunan membutuhkan tenaga ahli dari jurusan teknik sipil untuk memastikan bahwa proyek tersebut telah memenuhi standar.

    Banyak lulusan dari kedua jurusan ini yang memiliki gaji puluhan juta per bulannya ketika bekerja. Apakah Kamu juga tertarik untuk masuk teknik sipil atau arsitektur?

 

 

 

  • Kedokteran

    Jurusan kedokteran tetap menjadi favorit dari masa ke masa. Pekerjaan sebagai seorang dokter tidak pernah bisa tergantikan oleh teknologi secanggih apa pun. Oleh karena itu, jurusan kedokteran tetap diminati oleh banyak orang.

    Apalagi di era industri 4.0 ini, seorang dokter tetap bisa menjalankan pekerjaan di bidang lain tanpa harus kehilangan pekerjaan utamanya. Contohnya adalah menjadi influencer di media sosial yang banyak kita jumpai akhir-akhir ini.

    Persaingan untuk masuk di jurusan kedokteran ini sangat ketat. Jadi, Kamu perlu mempersiapkan dirimu untuk persiapan masuk di perguruan tinggi. Tak hanya sampai di situ, masa studi yang harus ditempuh untuk menjadi dokter juga lebih lama dibandingkan jurusan lain.

    Setelah menempuh pendidikan dokter, Kamu juga bisa mengambil spesialisasi tertentu. Misalnya spesialis kandungan, penyakit dalam, anak, dan sebagainya.

 

 

 

  • Matematika Statistik

    Pilihan jurusan terakhir yang dibutuhkan untuk industri 4.0 adalah matematika statistik. Di prodi ini, Kamu akan mempelajari tentang pengumpulan, analisis, dan penyajian data ke bentuk yang mudah dipahami oleh publik.

    Tenaga ahli lulusan matematika statistik sangat dibutuhkan dunia industri yang bergerak di bidang telekomunikasi dan marketing. Data scientist diperlukan untuk menganalisis permintaan pasar dan menggunakan data hasil analisis tersebut untuk pengembangan bisnis.

    Lulusan program studi matematika statistik memiliki peluang besar untuk berkarir sebagai system analyst, analisis anggaran, data scientist, market researcher, serta account officer.

 

 

Persiapan Masuk Kuliah dengan IndiHome Study

Untuk masuk ke program studi atau jurusan impian, Kamu perlu mempersiapkannya dari sekarang. Karena, untuk masuk ke perguruan tinggi, terutama negeri, terdapat rangkaian tes atau seleksi yang harus Kamu lewati.

Di Indonesia sendiri ada jutaan orang yang memiliki impian sama seperti Kamu. Hal ini tentunya membuat persaingan masuk ke perguruan tinggi semakin ketat. Yuk, persiapkan diri Kamu dengan belajar lebih giat!

Untuk mendukung proses belajar demi meraih jurusan kuliah impian, Kamu bisa berlangganan add-on IndiHome Study. Add-on tersebut adalah salah satu layanan tambahan dari IndiHome yang menyediakan materi serta sistem pembelajaran yang lebih mudah untuk Kamu mengerti.

Di tengah wabah Covid-19 ini, bimbingan belajar secara offline ditiadakan dan berpindah ke sistem online. IndiHome Study merupakan solusi yang tepat untuk belajar di masa pandemi. Biaya langganannya terjangkau dan Kamu bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Dengan IndiHome Study, Kamu bisa mengakses berbagai buku mata pelajaran dari kurikulum 2006, kurikulum 2013, try out mata pelajaran, video pendidikan, dan buku umum yang bisa diakses melalui smartphone maupun laptop. 

Penasaran dengan layanan IndiHome Study? Yuk, langsung saja kunjungi indihomestudy.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Kamu juga bisa mengakses layanan ini dari aplikasi IndiHome Study di Android dan iOS.