7 Cara Menghargai Pekerjaan Orang Lain | IndiHome
27 SEP 2022        BLOG

7 Cara Menghargai Pekerjaan Orang Lain

Di setiap lingkungan kerja, pasti ada aturan tidak tertulis yang sangat penting untuk diperhatikan, yakni menghargai pekerjaan orang lain. Mengapa ini dianggap penting? Sebab ini berkaitan dengan sopan santun dan penghormatan pada orang yang bekerja bersama kita.

Meskipun sudah akrab satu sama lain, penting sekali untuk menghormati orang lain agar hubungan baik tetap terjaga. Selain itu, sikap seperti ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kesan dan suasana positif bagi seseorang agar lebih termotivasi. Dengan begitu ia akan mempunyai semangat untuk menunjukkan performa kerja yang lebih baik.

Bagaimana Cara Menghargai Pekerjaan Orang Lain?

Nah, kamu bisa menghargai pekerjaan orang lain dengan cara seperti ini:

 

  • Tidak Perlu Membandingkan Pekerjaan dengan Orang Lain
    Membandingkan pekerjaan satu orang dengan orang lain adalah hal yang harus dihindari. Sekalipun pekerjaan orang lain tidak sebagus pekerjaanmu, sangat tidak baik untuk membandingkan satu pekerjaan dengan yang lainnya.

 

  • Bicarakan Hal Positif dari Pekerjaan
    Dalam melakukan pekerjaan, ada kalanya seseorang ingin mengeluh karena banyaknya beban dan tekanan kerja. Jika mendengar kolegamu mulai mengeluhkan hal seperti ini, tetap berikan dorongan agar ia tidak kehilangan motivasi. Ada baiknya kamu mengambil sikap positif dan memberikan waktu untuk mereka mengeluarkan unek-uneknya, bukan mendorongnya untuk menyerah.

 

  • Jangan Pamer
    Pencapaian setiap orang itu berbeda-beda. Ada kalanya seseorang berada di posisi yang jauh lebih tinggi darimu, tapi tidak sedikit yang posisi pekerjaannya lebih rendah darimu. Nah, jika kamu berada di posisi yang lebih tinggi, hindari sikap pamer dan ingin dipuji. 

 

  • Jadi Supporter
    Dukungan adalah hal yang paling dibutuhkan seseorang ketika sedang mengalami demotivasi. Untuk membangkitkan kepercayaan diri dan semangat mereka, jadilah seorang supporter yang suportif.  Sikap ini akan membuat orang lain merasa dihargai.

 

  • Jadilah Pendengar yang Baik
    Mendengarkan dengan baik ketika seseorang berbicara adalah satu sikap yang menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka. Maka dari itu, jadilah pendengar yang baik. Hindari bersikap judgmental terhadap rekan kerjamu. Kalau bisa, berusahalah untuk memahami sudut pandangnya. 

 

  • Tetap Profesional
    Profesionalisme adalah sikap yang wajib dijunjung tinggi di dunia kerja. Bagaimana pun bentuk hubunganmu dengan klien atau rekan kerja, pertahankan profesionalismemu. Jangan bertindak seenaknya apalagi di luar kesepakatan yang sudah dibicarakan. Ini adalah sikap menghargai pekerjaan sekaligus orang yang kamu kenal selama terikat hubungan pekerjaan.

 

  • Jangan Menghina dan Menjatuhkan Pekerjaan Orang Lain
     Untuk menghindari suasana yang canggung dan tidak mengenakkan, jangan merendahkan orang lain apalagi menghina pekerjaan yang dilakukannya. Ketika seseorang melontarkan kalimat hinaan, ia seolah sedang menunjukkan kualitas dirinya yang rendah. Perbuatan ini begitu buruk dan merusak hubunganmu dengan rekan kerja.

Tidak semua hal yang kamu anggap buruk mempunyai nilai yang buruk di mata orang lain. Bisa saja orang lain mempunyai penilaian yang berbeda. Jadi, sebagai individu yang baik, jangan melontarkan kalimat jelek apalagi menghakimi, merendahkan, dan menghina. Jadilah seseorang yang menyebarkan suasana positif dan membuat orang lain nyaman.

Hindari Kesalahan Bersosialisasi di Dunia Kerja dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Agar nyaman bekerja, kamu perlu mengetahui cara berinteraksi dan bersosialisasi, salah satunya dengan menghargai pekerjaan orang lain yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu, hubunganmu akan terjaga baik secara profesional dan personal.

Akan lebih baik bila kamu membekali diri dengan pengetahuan dunia kerja, apalagi jika kamu masih baru masuk di dunia kerja atau ingin meningkatkan hubungan dengan rekan sejawat. Sebagai permulaan, kamu bisa menemukan berbagai informasi melalui internet, mulai dari konten inspiratif hingga tips seputar dunia kerja.

Tetapi, pastikan dulu kamu berlangganan paket internet dengan kecepatan stabil agar aktivitas browsing berjalan lancar. Jangan khawatir, karena IndiHome menghadirkan koneksi internet cepat dan stabil melalui ragam pilihan paket, salah satunya Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix).

Dengan paket ini, kamu bisa internetan dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beragam tayangan Netflix sepuasnya tanpa perlu membayar tagihan terpisah, lho!

Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) hadir dalam 2 pilihan, yaitu Paket 3P (Internet + TV + Phone) dan Paket 2P (Internet + TV). Dengan berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone), kamu bisa mendapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal dan interlokal hingga 100 menit, bebas akses ke berbagai tayangan unggulan lainnya dari Disney+ Hotstar, hingga bebas menikmati tayangan dari 100+ channel TV.

Nah, jika kamu berlangganan Paket 2P (Internet + TV), kamu bisa mendapatkan benefit berupa bebas akses ke berbagai tayangan unggulan lainnya dari Disney+ Hotstar, hingga bebas menikmati tayangan dari puluhan channel TV.

Dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix), browsing info seputar dunia kerja sambil streaming tayangan favorit menjadi lebih menyenangkan. Yuk, langganan paket ini sekarang dan dapatkan juga diskon 50% biaya pemasangan.