7 Cara Fokus Selama Belajar dari Rumah | IndiHome
16 DEC 2021        BLOG

7 Cara Fokus Selama Belajar dari Rumah

Sistem belajar mengajar yang dilakukan secara online memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu kekurangan belajar online adalah mudah terdistraksi dan kurang fokus. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui cara fokus belajar online dari rumah supaya pelajar bisa paham materi.


7 Cara Fokus Belajar dari Rumah

Distraksi yang menyebabkan seseorang tidak dapat fokus dalam kegiatan belajar online dari rumah bisa datang dari mana saja seperti televisi, keinginan untuk bermain gadget hingga distraksi karena ingin melakukan kegiatan lainnya. Berikut ini tips atau cara fokus belajar online bagi pelajar.

  1. Kurangi Suara Latar Belakang
    Mengurangi suara di latar belakang atau suara-suara yang dirasa mengganggu di sekitarnya telah terbukti dapat meningkatkan fokus otak dalam memahami bacaan dan juga pelajaran. Suara yang mengganggu fokus ini termasuk mendengarkan musik, lagu, ataupun suara dari kegiatan lainnya.

    Dilansir dari Medical Daily, seseorang yang sedang belajar sementara ia mendengarkan suara yang berasal dari tempat lainnya akan menyebabkan otak bekerja lebih keras untuk memahami pelajaran dan bacaan.

  2. Melakukan Teknik ABC
    Teknik ABC adalah teknik yang dikembangkan untuk menghindari distraksi atau gangguan sehingga dapat melatih otak lebih fokus. Teknik ABC terdiri dari A yakni awareness (kesadaran), B breathing deeply (mengambil napas dalam-dalam), dan C yakni choice (pilihan).

    Awareness artinya mengenali apa saja hal yang menjadi distraksi. Breathing deeply yakni Anda harus mengambil napas dalam-dalam sehingga pikiran dapat tenang. Choice yakni Anda menentukan distraksi mana yang harus segera dihilangkan atau yang tetap dibiarkan.

  3. Cari Tempat yang Nyaman untuk Belajar
    Sangat disarankan untuk pelajar agar mencari tempat yang nyaman ketika belajar. Tempat yang nyaman akan dapat membantu pelajar mempertahankan fokusnya ketika belajar. Untuk meningkatkan rasa nyaman bisa dilakukan dengan mempersiapkan tempat duduk yang empuk, kipas angin agar tidak gerah, dan meja.

    Sebelum mulai belajar, tarik napas secara perlahan-lahan selama 5 hingga 10 menit. Lakukan dan fokus pada napas ini selama 5 sampai 10 menit.

  4. Membagi Waktu Belajar Per Sesi
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki batas waktu di mana orang tersebut tetap dapat fokus mendengarkan atau memahami suatu materi pembelajaran. Studi menyebutkan bahwa rata-rata orang hanya dapat mempertahankan fokus belajar maksimal selama 1 hingga 2 jam per harinya.

    Studi juga menunjukkan bahwa waktu terbaik seseorang untuk dapat fokus dengan pelajarannya adalah di pagi hari. Sementara waktu siang adalah waktu seseorang kurang dapat fokus karena dipengaruhi oleh rasa kantuk.

    Oleh karena itu disarankan agar pelajar membagi waktu belajar selama sekurang-kurangnya 20 menit per sesi agar pelajar tetap dapat fokus menyimak pembelajaran. Saat waktu jeda bisa diisi dengan minum, atau sedikit beraktivitas.

  5. Membatasi Penggunaan Smartphone
    Salah satu gangguan utama yang sering tidak disadari oleh orang ketika belajar atau bekerja adalah dari smartphone. Dorongan untuk membuka smartphone adalah distraksi utama yang menyebabkan orang sulit untuk bisa fokus pada pelajaran.

    Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjauhkan smartphone dari pandangan ketika sedang belajar. Letakkan smartphone di tempat tersembunyi sehingga tidak mendorong Anda untuk memainkannya.

  6. Minum Air Putih
    Manfaat minum air putih secara cukup selain baik untuk kesehatan tubuh namun juga baik untuk meningkatkan fokus dan daya ingat otak. Air putih yang cukup akan membuat otak bisa lebih fokus saat menerima pelajaran baru. Letakkan botol air putih di meja belajar sebelum Anda mulai belajar.

  7. Tidur yang Cukup
    Jangan biarkan kebiasaan bergadang apalagi untuk hal yang tidak penting. Banyak pelajar yang bergadang hingga larut karena berpikir bahwa belajar dilakukan secara online dari rumah. Kebiasaan ini akan membuat Anda sulit fokus karena mengantuk.

    Cara fokus belajar dari rumah adalah dengan memastikan tidur yang cukup selama 7 jam sehari.


Belajar Online Semakin Mudah dan Cepat dengan Langganan Paket Pelajar dari IndiHome

Belajar secara online memang merupakan tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pelajar untuk belajar online, seperti jaringan internet yang tidak stabil, hingga keterbatasan konten edukatif yang bisa diakses.

Apabila sering mengalami kendala dalam pembelajaran online seperti jaringan internet lambat dan tidak stabil, maka IndiHome adalah solusi untuk Anda dan keluarga. IndiHome menghadirkan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dengan koneksi internet stabil dan cepat serta beragam konten edukatif.

Anda tidak hanya bebas untuk mengakses tugas harian dan belajar menggunakan koneksi internet cepat dan stabil IndiHome, namun juga bebas akses konten edukasi bermanfaat dari aplikasi IndiHome Study. Dengan aplikasi IndiHome Study, maka pelajar maupun pengajar bisa mengakses beragam materi pembelajaran dan ujian.

Materi pembelajaran serta soal-soalnya diberikan sesuai dengan kurikulum terbaru dengan pembahasan sangat lengkap dan terstruktur agar mudah dipahami pelajar.

Paket Pelajar dari IndiHome yang ditawarkan dibagi menjadi Paket 2P (Internet + Phone) serta paket 3P  (Internet + TV + Phone). Berikut daftar 4 paket pelajar IndiHome yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Paket 2P (Internet + Phone) dengan Kecepatan 20 Mbps
    Paket 2P (Internet + Phone) hadir dengan kecepatan internet 20 Mbps disertai beragam fitur unggulan berupa bebas akses IndiHome Study dan juga gratis telepon selama 50 menit. Biaya untuk berlangganannya sangat terjangkau, yakni Rp255.000 per bulan.
  2. Paket 2P (Internet + Phone) dengan Kecepatan 30 Mbps
    Paket 2P berkecepatan 30 Mbps ini merupakan pilihan bagi Anda yang ingin mengakses materi dengan lebih cepat dan dapat digunakan hingga 7 perangkat sekaligus. Tersedia juga fitur unggulan lainnya yang ditawarkan di paket pelajar 2P berkecepatan 20 Mbps di atas. Biaya untuk berlangganan sebesar Rp315.000 per bulannya. 
  3. Paket 3P (Internet + TV + Phone) dengan Kecepatan 20 Mbps
    Paket ini hadir dengan beragam benefit tambahan berupa gratis telepon selama 50 menit, akses ke 30+ channel TV unggulan, dan juga bebas akses ke aplikasi IndiHome Study. Untuk berlangganan ini Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp300.000 per bulan.
  4. Paket 3P (Internet + TV + Phone) dengan Kecepatan 30 Mbps
    Jika Anda ingin kecepatan internet lebih cepat, maka Anda bisa memilih Paket 3P dengan kecepatan 30 Mbps. Anda juga mendapatkan benefit tambahan berupa akses IndiHome Study sepuasnya, gratis telepon 50 menit, dan juga akses ke 30+ channel TV unggulan.
    Biaya berlangganan paket pelajar IndiHome ini adalah Rp 355.000 saja per bulannya.

Belajar kini dapat dilakukan dari mana saja termasuk dari rumah. Dengan adanya Paket Pelajar dari IndiHome, diharapkan dapat memudahkan para pelajar di Indonesia yang harus belajar secara online dari rumah. Selain memperoleh koneksi internet cepat dan stabil, Anda juga bebas akses ke aplikasi IndiHome Study.