6 Tips Ampuh untuk Atasi Bosan dan Ngantuk Saat Belajar | IndiHome
22 AUG 2022        BLOG

6 Tips Ampuh untuk Atasi Bosan dan Ngantuk Saat Belajar

Ngantuk saat belajar adalah hal yang umum terjadi pada semua orang. Hal tersebut pastinya akan menghambat fokus dan motivasi belajar. Baru beberapa menit membaca buku, mata sudah terasa berat karena kantuk menggelayut sehingga Kamu menguap terus-menerus bahkan nyaris tertidur.

Ada banyak hal yang menyebabkan hal ini, beberapa di antaranya adalah makan dengan porsi yang berlebihan. Saat mengonsumsi makanan terlalu banyak, Kamu akan merasa kekenyangan dan mengundang kantuk lebih cepat.

Selain itu, mudah ngantuk saat belajar bisa pula terjadi karena Kamu mengidap hipersomnia, yakni kondisi saat seseorang merasa ngantuk sepanjang hari akibat kebanyakan tidur. Lalu, bagaimana agar tidak merasa bosan dan ngantuk saat belajar?


Atasi Ngantuk Saat Belajar dengan Tips Ini!

Kantuk yang menggelayut saat belajar bisa Kamu atasi dengan mudah melalui trik ini. 

  • Bergerak
    Cara paling mudah untuk menghilangkan ngantuk saat belajar adalah dengan berdiri lalu bergerak. Bagi siswa sekolah, hal ini mungkin sulit dilakukan sebab mereka berada di ruangan kelas. Namun, cara ini bisa diterapkan saat Kamu belajar mandiri di rumah atau bersama teman.

    Bergerak akan meningkatkan energi, membantu melepaskan stres saat belajar terutama ketika mempersiapkan ujian. Bergerak juga dapat membuat Kamu tetap terjaga dan jantung pun akan memompa darah lebih cepat sehingga energi akan terbarui kembali, dan dengan begitu konsentrasi akan tetap terjaga. 
     
  • Pencahayaan yang Memadai
    Tubuh manusia mampu merespons sinyal di tempatnya berada, misalnya ketika menerima cahaya dan dalam kegelapan. Apabila Kamu terbiasa tidur dalam kondisi lampu dimatikan, maka jangan heran jika belajar dengan lampu yang redup, Kamu akan mudah mengantuk. Tubuh manusia akan menangkap sinyal yang berbeda saat cahaya terang benderang. Di kondisi ini, Kamu akan tetap fokus saat belajar dalam cahaya lampu yang cukup.

    Hal ini disebabkan karena adanya protein dalam tubuh manusia yang teraktivasi saat tubuh terpapar sinar terang. Nah, apabila Kamu hendak belajar, pastikan lampu belajarmu nyala dengan cahaya yang memadai sehingga kantuk tidak akan cepat datang. Terlebih saat Kamu sedang menggarap tugas atau makalah yang membutuhkan konsentrasi penuh.
     
  • Duduk Tegak
    Cara lainnya adalah dengan duduk tegak, alih-alih bersandar pada kursi atau duduk setengah tidur. Ketika belajar, pastikan punggungmu tegak tapi tetap nyaman. Hal ini akan banyak membantumu untuk tetap fokus dalam belajar. Hindari belajar sambil rebahan. Posisi ini dapat memicu sistem fungsi saraf parasimpatik yang bertugas membuat tubuh beristirahat.

    Sebaliknya, saat duduk tegak, saraf simpatik yang mengontrol tubuh agar tetap fokus akan meningkat. Jadi, sebelum belajar, pastikan kursinya nyaman dan dapat menyangga punggung agar duduk tetap tegak.
     
  • Konsumsi Makanan Sehat
    Makan adalah salah satu cara untuk menghilangkan kantuk yang praktis tapi paling efektif. Namun, perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

    Cokelat bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Tetapi jangan kebanyakan mengonsumsinya sebab itu tidak bagus untuk tubuh. Selain itu, yoghurt dan buah-buahan juga bisa jadi opsi lainnya untuk menghilangkan kantuk. Dua opsi ini juga bisa jadi alternatif camilan yang sehat.
     
  • Tidur yang Cukup
    Kurang tidur adalah pemicu ngantuk yang paling besar. Ketika siang hari seharusnya Kamu lebih produktif, kantuk malah menyerang karena Kamu tidak mendapat cukup tidur malam harinya. Atau bisa pula karena kualitas tidurmu buruk sehingga Kamu sering merasa lemas dan tidak bergairah.

    Untuk mengatasi hal ini, tidur sekejap di siang hari bisa jadi solusi. Selain itu, tidur siang yang berkualitas juga dapat meningkatkan memori belajar, lho!

  • Perbanyak Minum Air Putih
    Saat cairan tubuh terpenuhi, darah akan membawa oksigen dan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Akibatnya, Kamu akan tetap fokus dan proses belajar menjadi lancar. Namun, tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi. Sedikit saja kekurangan cairan tubuh, Kamu akan terserang kantuk dan tidak fokus belajar.

    Oleh sebab itu, selalu sediakan air putih di tempat yang mudah terjangkau sehingga Kamu akan mudah untuk minum air di tengah proses belajar. Terutama jika Kamu termasuk yang aktif berkegiatan, pastikan Kamu minum air yang cukup agar bisa tetap fokus saat Kamu harus belajar.


Aktivitas Belajar Semakin Lancar dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Melalui tips di atas, Kamu akan lebih mudah mengatasi ngantuk saat belajar. Dengan begitu, kegiatan belajar pun akan semakin efektif meski tidak dilakukan di ruang kelas. Jangan lupa untuk mendukung aktivitas belajar Kamu dengan berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome.

Tidak dipungkiri layanan internet berperan penting untuk mendukung aktivitas belajar. Melalui internet, Kamu bisa mengakses konten edukatif sekaligus menambah wawasan dan menemukan berbagai tips belajar ampuh. Aktivitas digital ini pun akan semakin berjalan lancar karena Kamu didukung penuh oleh jaringan internet cepat dan stabil dari IndiHome.

Selain internetan di jaringan hingga 30 Mbps, Kamu juga akan mendapatkan bonus lain berupa gratis nelpon, bebas akses ke aplikasi Pijar Belajar, plus nonton sepuasnya tayangan edukatif dan inspiratif di puluhan channel TV interaktif pilihan. Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis hadir dalam dua pilihan, yaitu:
 

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati internetan di jaringan super ngebut IndiHome berkecepatan 20-30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000 per bulan. Terdapat juga benefit lainnya berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit, serta bebas akses konten edukatif sepuasnya melalui aplikasi Pijar Belajar.

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Saatnya internetan di jaringan anti lelet IndiHome berkecepatan 20-30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000 per bulan. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan akses sepuasnya ke aplikasi Pijar Belajar yang berisi berbagai konten edukatif dan inspiratif. Jangan lewatkan juga benefit lain yang bisa Kamu nikmati seperti gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan tontonan menarik di puluhan channel TV unggulan untuk memperkaya wawasan Kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome sekarang juga dan nikmati berbagai benefit unggulan untuk dukung aktivitas belajar Kamu!