6 Keuntungan Berpuasa di Bulan Ramadan Bagi Kesehatan Mental | IndiHome
12 APR 2022        BLOG

6 Keuntungan Berpuasa di Bulan Ramadan Bagi Kesehatan Mental

Kita sudah tahu bahwa puasa bermanfaat bagi kesehatan fisik dan metabolisme pada tubuh. Selain itu, berpuasa juga bisa meminimalisir faktor risiko terkena suatu penyakit. Sebuah studi yang berjudul Physiological Change During Fasting in Ramadan memaparkan sejumlah manfaat puasa, di antaranya mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah serta menurunkan kadar kolesterol.  

Selain studi di atas, terdapat fakta lain yang mengungkapkan bahwa manfaat puasa Ramadan tidak hanya dirasakan secara fisik, tapi juga dapat menyebabkan perubahan dari segi spiritual dalam tubuh. Perubahan tersebut pastinya berdampak positif bagi kesehatan jiwa atau psikologis seseorang.


Dampak Puasa Bagi Kesehatan Mental

Ketika melaksanakan ibadah puasa, tubuh mengeluarkan hormon untuk meningkatkan suasana hati hingga membantu mengatasi rasa cemas dan mengurangi stres. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa menjalankan ibadah puasa berdampak positif pada kondisi psikologis seseorang. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai manfaat puasa bagi kesehatan mental berikut ini:

 

  • Meningkatkan Ketahanan Terhadap Stres
    Manfaat puasa yang pertama bagi psikologis adalah dapat mengurangi stres dan mengatasi rasa cemas. Melalui bukunya yang berjudul The Fast Diet, Michael Mosley mengungkapkan bahwa puasa memicu pelepasan produksi protein ke otak. Protein tersebut dikenal dengan istilah brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini dilepaskan ke otak dan memiliki efek samping mirip obat antidepresan sehingga dapat menurunkan tingkat depresi, stres, dan kecemasan.

    Mosley juga menegaskan bahwa dampak tersebut hanya bisa dirasakan oleh mereka yang menjalankan puasa time-restricted eating atau puasa makan dalam waktu tertentu saja seperti di bulan Ramadan. Manfaat puasa ini tentunya merupakan kabar baik bagi mereka yang tengah menghadapi rasa cemas dan stres karena berbagai hal.

 

  • Menjaga Suasana Hati
    Manfaat puasa lainnya yaitu dapat meningkatkan mood atau suasana hati yang positif. Di minggu awal berpuasa, tubuh akan mulai beradaptasi dengan rasa lapar dan mampu melepaskan banyak kelompok hormon katekolamin, seperti hormon dopamine, norepinefrin, dan adrenalin. Kelompok hormon tersebut dapat menekan stres dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

    Sebuah studi yang berjudul Effect of Ramadan Fasting on Endorphin and Endocannabinoid Level in Serum mengungkapkan bahwa beberapa hormon diproduksi tubuh ketika berpuasa, seperti hormon endorfin dan opioid endogen. Kedua hormon tersebut dapat memicu rasa bahagia dan mengurangi efek negatif akibat stres sehingga pikiran bisa lebih rileks dan tenang. Itu sebabnya salah satu manfaat puasa yaitu dapat meningkatkan mood positif dan menekan mood negatif.

 

  • Meningkatkan Kualitas Tidur
    Penentuan jam makan saat berpuasa ternyata dapat memperkuat sirkadian atau siklus jam tidur. Dalam Psychology Today, ahli psikologi, Michael J Breus Ph.D. menjelaskan saat jam biologis diperkuat dan terhubung, maka seseorang akan lebih mudah mendapatkan tidur yang berkualitas. Kombinasi dari konsistensi dan kualitas tidur dapat membuat tubuh Anda lebih segar sekaligus menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia.

 

  • Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi
    Michaelson Lab menerbitkan sebuah studi pada tahun 2009. Melalui studi tersebut, dijelaskan bahwa manfaat puasa dapat membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi. Khusus bagi pasien penderita penyakit kronis, puasa mampu mengurangi tingkat kecemasan mereka hingga 80%. Hal ini terjadi karena adanya hormon endorfin yang dilepaskan di sistem saraf pusat selama 48 jam pertama ketika berpuasa. Selain itu, hormon endorfin berfungsi mengurangi rasa sakit dan memunculkan suasana hati yang lebih positif.

 

  • Meningkatkan Fungsi Otak
    Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat puasa salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan otak. Bukan itu saja, berpuasa juga dapat meningkatkan pembentukan sel-sel saraf guna menjaga fungsi kognitif seseorang. Selain itu, produksi protein BDNF yang meningkat saat berpuasa juga dapat melindungi sel otak dari risiko kerusakan yang menimbulkan penyakit berbahaya seperti gangguan depresi hingga demensia.

 

  • Semakin Bersemangat
    Penelitian mengungkapkan bahwa salah satu manfaat puasa adalah dapat meningkatkan semangat dan kewaspadaan diri. Ketika berpuasa, tubuh akan mengatur kadar glukosa sehingga dapat mengurangi rasa lemas dan akan membuat Anda lebih bersemangat. Malah berpuasa juga dapat membantu untuk tetap fokus ketika mengerjakan sesuatu.

    Itulah manfaat puasa yang ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental bagi yang menjalankannya. Semakin semangat kan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini?


Temukan Berbagai Informasi Seputar Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Disney+ Hotstar)

Bila sebelumnya Anda berpikir bahwa puasa malah bikin lemas dan tidak bersemangat, informasi di atas telah membuka mata kita bahwa berpuasa memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh dan kesehatan mental. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya akan menambah semangat kita untuk semakin optimal dalam menjalankan ibadah ini. Selain informasi di atas, Anda juga dapat mengetahui berbagai informasi atau studi lainnya yang memaparkan manfaat puasa Ramadan dengan memanfaatkan jaringan internet super cepat dan stabil dari IndiHome.

IndiHome menghadirkan paket lengkap yang terdiri dari internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps, nonton beragam tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, dan bebas nelpon hingga 100 menit di jaringan lokal atau interlokal. Selain itu, berbagai konten edukatif dan hiburan juga bisa Anda nikmati bersama keluarga. Semua keseruan ini hadir dalam Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)!

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200ribu-an saja per bulannya, Anda bisa internetan di jaringan cepat dan stabil dari IndiHome. Dapatkan juga promo diskon biaya pemasangan sebesar 50% hingga bulan Mei 2022. Tunggu apa lagi? Yuk, langganan sekarang juga dan dapatkan benefit serta promo menarik lainnya spesial untuk Anda!