6 Ciri Karya 3 Dimensi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari | IndiHome
12 SEP 2022        BLOG

6 Ciri Karya 3 Dimensi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kubus, piramida, bola, limas, dan balok merupakan contoh dari bentuk 3 dimensi. Objek dengan bentuk-bentuk tersebut juga mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya patung, pepohonan, buah-buahan, alat elektronik, furnitur rumah, atau kendaraan.

Benda 3 dimensi merupakan benda yang tersusun dari tiga unsur, yaitu lebar, tinggi, dan panjang. Benda tiga dimensi juga biasa disebut bangun yang memiliki volume atau bangun ruang. Yuk, kita kenali lebih jauh ciri dari karya 3 dimensi.


6 Ciri Karya 3 Dimensi yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam dunia seni, suatu karya dapat dikelompokan berdasarkan dimensinya, mulai dari 1 dimensi, 2 dimensi, hingga 3 dimensi. Karya 3 dimensi mudah dikenali dengan mengenali ciri-ciri berikut ini:

  • Memiliki 3 Dimensi
    Ciri karya 3 dimensi yang paling umum adalah memiliki 3 dimensi. Artinya, karya tersebut menampilkan dimensi lebar, dimensi panjang, dan dimensi tinggi.

  • Terdapat Sisi
    Ciri karya 3 dimensi lainnya yaitu memiliki sisi. Sisi tersebut meliputi bagian permukaan bentuk, baik di depan, samping, atas, belakang, atau bagian bawah. Biasanya sisi tiga dimensi berupa permukaan datar atau melengkung seperti yang terdapat pada tabung atau bola.

  • Ada Tepi atau Rusuk
    Sisi bisa saling bertemu karena adanya rusuk atau tepi. Dalam karya 3 dimensi, jumlah tepi atau rusuk akan membentuk kerangka karya. Sementara jumlahnya sendiri tergantung dari bentuknya. Contohnya kubus yang memiliki 6 sisi dan dipertemukan oleh 12 rusuk.

  • Terdapat Sudut
    Ciri karya 3 dimensi dapat dilihat dari sudutnya. Sudut ialah ujung dari bentuk 3 dimensi, dimana ujung-ujung rusuk atau tepi saling bertemu. Jumlah dan besaran sudut tergantung dari bentuk karya 3 dimensi. Misalnya piramida yang memiliki 5 sudut dengan ukuran yang berbeda, sedangkan kubus memiliki 8 sudut dengan ukuran sama besar.

  • Memiliki Ruang dan Volume
    Setiap karya 3 dimensi pastinya memiliki volume dan ruang. Volume merupakan besaran ruang dalam suatu bidang. Volume dianggap juga sebagai satuan ukuran 3 dimensi yang tersusun atas lebar, panjang, dan tinggi dalam satuan metrik atau sentimeter kubik. Sedangkan ruang merupakan area kosong yang dapat diisi.

  • Dapat Dilihat dari Berbagai Arah
    Jika karya 2 dimensi hanya bisa dilihat dari depan saja, ciri karya 3 dimensi yaitu bentuknya yang dapat dilihat dari segala arah. Baik depan, belakang, samping, atas, maupun bawah, wujud nyatanya bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, bentuk 3 dimensi pun tetap nampak seperti bentuk yang mempunyai ruang. Tidak sedikit juga karya 3 dimensi yang dapat bergerak dengan bebas.

 

Contoh Karya 3 Dimensi

Berdasarkan ciri karya 3 dimensi di atas, bentuk 3 dimensi dapat dikelompokkan dalam 3 jenis, yaitu bentuk silinder, bentuk kubistis, dan bentuk bebas. Contohnya antara lain:

  • Bentuk silindris, yaitu objek yang menyerupai tabung atau silinder, seperti mangkuk, botol, galon, teko, gelas, panci, mangkuk, dan sebagainya.
  • Bentuk Kubistis, yaitu objek yang bentuknya menyerupai balok atau kubus, misalnya buku, lemari, kulkas, bus, kotak pensil, dan televisi.
  • Benda bebas, yaitu objek yang memiliki bentuk tidak beraturan atau bebas tapi memiliki ciri karya 3 dimensi, seperti bunga, buah-buahan, dedaunan, dan pohon.


Mengenal Ciri dan Contoh Karya 3 Dimensi Lainnya dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Tidak sulit kan, mengenali benda 3 dimensi berdasarkan ciri-cirinya di atas? Apalagi benda-benda tersebut mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang hobi membuat prakarya berbentuk 3 dimensi, benda yang sering ditemui bisa dijadikan sebagai inspirasi. Ditambah lagi jika Anda menyaksikan karya seni 3 dimensi lainnya dari seniman terkenal.

Menemukan berbagai inspirasi untuk menciptakan karya 3 dimensi yang menarik akan semakin mudah jika Anda berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Paket ini menghadirkan layanan internet unlimited berkecepatan hingga 300 Mbps untuk menemani Anda dalam menelusuri berbagai contoh karya 3 dimensi lainnya.

Selain bisa internetan di jaringan cepat dan stabil, Anda juga akan mendapatkan benefit lainnya. Di antaranya bebas nonton ribuan tayangan favorit di Disney+ Hotstar serta ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta cashback LinkAja Rp150.000.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) terdiri dari tiga pilihan; yaitu Paket 3P (Internet + TV + Phone), Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dapatkan juga diskon Biaya Pasang Baru (PSB) sebesar 50%.

Temukan berbagai inspirasi untuk ciptakan karya 3 dimensi terbaik Anda dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga!