6 Cara Ampuh Melepaskan Anak Kecanduan Gadget | IndiHome
16 JUN 2021        BLOG

6 Cara Ampuh Melepaskan Anak Kecanduan Gadget

Di zaman modern ini, gadget memang seolah sudah menjadi suatu benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, termasuk anak-anak. Gadget menawarkan berbagai hiburan seru, seperti game dan video lucu yang dengan mudahnya bisa membuat anak kecanduan gadget.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa teknologi juga mengambil peran dalam mendukung perkembangan anak. Akan tetapi, kecanduan gadget sehingga menimbulkan kebiasaan tidak baik, seperti menjadi malas makan, malas mandi, malas belajar, dan enggan bersosialisasi pastinya harus segera diatasi.

Tanda-Tanda Anak Kecanduan Gadget

Perlu diketahui, bahwa keseringan bermain gadget akan menyebabkan anak mengalami beragam gangguan yang menimbulkan gejala fisik, seperti susah tidur, berat badan tidak stabil, sering merasakan nyeri di area punggung, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga gangguan nutrisi.

Sementara itu, dari segi psikologis anak yang kecanduan gadget akan mudah merasa cemas, cenderung suka berbohong, mood sering berubah-ubah (moody), merasa kesepian, dan memiliki perasaan bersalah. Bahkan, tidak sedikit anak yang akhirnya memilih mengisolasi diri.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda sebaiknya terus mengawasi anak dan mulai berhati-hati apabila buah hati mulai absen dari kegiatan bersifat real dan lebih memilih bermain dengan gadget. Pasalnya, apabila dibiarkan kecanduan, gadget berpotensi merusak fisik dan psikis anak.

Secara umum, anak yang kecanduan gadget akan menunjukkan gejala seperti di bawah ini:

  • Sering lupa waktu karena keasyikan main gadget
  • Kehilangan minat bersosialisasi
  • Selalu merasa cemas dan gelisah tanpa gadget
  • Mengamuk jika tidak diberikan gadget
  • Enggan melakukan aktivitas di luar rumah
  • Mulai mengabaikan rutinitas sehari-hari, seperti mandi, tidur, belajar, dsb.
  • Sering berbohong mengenai penggunaan gadget
  • Tidak bisa berhenti main gadget meskipun sudah diberi peringatan keras

6 Tips Mudah Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

  1. Memberikan Contoh Baik pada Anak

    Sudah menjadi sifat alami, bahwa lingkungan berperan besar dalam membentuk karakter dan kebiasaan anak. Selalu bermain gadget di depan anak pasti akan membuat si kecil ikut meniru hal tersebut. Karenanya, berikan contoh yang baik dan gunakan gadget seperlunya.

    Sebagai gantinya, ajaklah anak melakukan hal-hal seru yang bisa mengalihkan perhatiannya dari gadget. Misalnya dengan mengajak anak bermain ke taman atau wahana permainan sehingga buah hati bisa menikmati masa kecilnya dengan penuh kebahagiaan.


  2. Mengawasi dan Membatasi Waktu Anak Menggunakan Gadget

    Supaya kecanduan gadget anak tidak semakin parah, sebagai orang tua Anda perlu mengambil langkah tegas dengan membatasi waktu penggunaan gadget anak. Sebagai langkah awal, Anda dapat menerapkan aturan bermain gadget, yakni 2 jam sehari.

    Di samping itu, jangan lupa untuk terus mengawasi anak ketika menggunakan gadget, terutama saat mengakses situs internet. Pastikan anak tidak membuka konten yang mengandung unsur sara dan kekerasan karena akan memberikan dampak negatif.
     


  3.  Menetapkan Area Bebas Gadget di Rumah
    Langkah selanjutnya yang bisa diaplikasikan orang tua adalah dengan menetapkan wilayah di mana anak boleh dan tidak boleh menggunakan gadget. Contohnya, saat berada di meja makan siapa pun dilarang membawa gadget. Dengan kata lain, aturan berlaku menyeluruh.


  4. Memberi Tahu Bahaya Penggunaan Gadget Terlalu Sering Kepada Anak
    Supaya anak paham dan tidak merasa ditakut-takuti atau dibohongi, sebaiknya pilihlah kata-kata sederhana namun akurat untuk disampaikan pada anak. Salah satunya adalah dengan membahas resiko terkena sakit mata apabila si kecil terlalu sering menggunakan gadget.

    Apabila anak sudah mulai menjelajahi dunia sosial media, Anda dapat menunjukkan berita mengenai penculikan anak yang dilakukan kenalan di sosmed, misalnya. Jadi, berikan himbauan terus-menerus hingga anak mulai terpengaruh dan memikirkan kata-kata Anda.


  5. Menciptakan Suasana Sehat Tanpa Gadget di Rumah
    Bukan hanya anak-anak, di era digital ini orang dewasa juga banyak yang tidak dapat menahan diri dari menggunakan gadget. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghadirkan nuansa sehat tanpa gadget di dalam rumah.

    Anda dapat menciptakan area bermain seru yang bisa digunakan oleh semua penghuni rumah, contohnya adalah membangun lapangan sepak bola atau game zone sederhana, di mana setiap weekend, orang tua akan meluangkan waktu untuk bermain bersama anak.


  6. Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Bermanfaat
    Kecanduan gadget bisa diatasi dengan menciptakan pola hidup atau kebiasaan baru. Orang tua bisa mulai mengajak si kecil ikut berpartisipasi melakukan berbagai aktivitas bermanfaat, mulai dari membantu memasak, bersih-bersih rumah, atau kalau perlu ikut charity event.

    Di samping itu, biasakan mengajak anak melakukan kegiatan outdoor, seperti bermain di pantai atau hiking. Meskipun tampak sederhana, namun traveling bisa membantu mengubah pola pikir anak, bahwa dunia luar lebih menarik dan tidak hanya sebatas bermain gadget.

 

Mencari Solusi Melepaskan Anak dari Kecanduan Gadget Jadi Lebih Mudah dengan Dukungan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome

Di era digital ini, ada 9 dari 10 orang tua yang selalu mengeluh mengenai sulitnya memisahkan anak dari gadget. Kalau dipaksa berhenti bermain gadget, biasanya anak akan mengambek dan parahnya, bisa sampai mengamuk. Padahal, penggunaan gadget secara konsisten bisa memberikan dampak buruk.

Selain menimbulkan gangguan masalah kesehatan fisik, contohnya sakit mata, menggunakan gadget secara berlebihan juga dapat mempengaruhi psikologis, seperti perubahan perilaku menjadi lebih cuek dan temperamen. Kalau kondisi tersebut dibiarkan, maka akan membawa dampak tidak baik.

Meskipun penggunaan gadget memiliki dampak negatif, namun faktanya orang tua juga bisa mendapatkan berbagai macam tips bermanfaat melalui gadget. Salah satunya adalah memudahkan Anda mencari informasi seputar mengatasi kecanduan gadget pada anak melalui situs internet.

Ada banyak sekali konten bermuatan positif yang bisa dijadikan referensi dalam usaha menghentikan kebiasaan anak bermain gadget terlalu sering. Namun, supaya tips yang didapatkan tidak setengah-setengah, aktivitas browsing Anda membutuhkan dukungan koneksi internet cepat dan stabil.

Kalau selama ini Anda masih suka merasa kesal karena jaringan internet sering timbul tenggelam dan lambat, maka bisa beralih ke Paket 3P dari IndiHome sebagai solusinya. Dengan berlangganan Paket 3P, Anda bisa bebas surfing di dunia maya dengan kecepatan hingga 300 Mbps.

Mau Tahu Lebih Jauh tentang Paket 3P?

Paket 3P (Internet+TV+Phone) adalah paket 3-in-1 spesial dari IndiHome. Hanya dengan membeli 1 paket ini saja, maka pelanggan akan mendapatkan 3 benefit sekaligus, yang melingkupi internet, televisi, dan telepon. Jadi, memang sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan digital Anda sehari-hari.

Berlangganan Paket 3P memungkinkan pengguna untuk menikmati kenyamanan internetan cepat dan stabil. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan tayangan TV berkualitas di lebih dari 100 channel pilihan.

Pembelian Paket 3P juga sudah termasuk bebas nelpon ke sambungan lokal/interlokal selama 300 menit, bebas akses ke aplikasi UseeTV GO, serta beberapa bonus menarik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan pelanggan.

Mencari trik mengatasi kecanduan gadget pada Anak sekarang bisa lebih mudah dan cepat dengan dukungan jaringan internet stabil dari Paket 3P. Lebih jauh, orang tua juga bisa langsung berkonsultasi dengan ahlinya melalui situs atau aplikasi hanya dengan bermodalkan internet saja.