6 Alasan Kenapa Data Seluler Tidak Muncul | IndiHome
28 JUL 2022        BLOG

6 Alasan Kenapa Data Seluler Tidak Muncul

Pernah mengalami masalah ponsel yang tidak terhubung jaringan internet padahal data seluler sudah diaktifkan? Bila tanda data seluler tidak muncul, artinya Kamu tidak bisa mendapatkan akses internet untuk browsing, menggunakan aplikasi jejaring sosial, berjualan online, dsb. Tentu saja ini menghambat aktivitas sehari-hari Kamu sebagai pengguna yang memahami pentingnya jaringan internet. Lalu pertanyaannya, kenapa data seluler tidak muncul? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar tidak menghambat aktivitas digital Kamu?

Cari Tahu Penyebab Kenapa Data Seluler Tidak Muncul

Penyebab kenapa data seluler tidak muncul bisa dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya saja Kamu baru membeli SIM card baru. Tetapi, ada juga faktor lainnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Kartu SIM Belum Terdaftar
    Ketika Kamu membeli SIM card dari provider baru, bisa saja kartu tersebut belum teregistrasi dengan benar. Cara mengatasi kenapa data seluler tidak muncul karena penyebab ini juga sangat mudah. Cukup matikan smartphone Kamu dulu, lalu hidupkan kembali. Nantinya akan muncul petunjuk untuk melakukan registrasi ulang. Jika tidak muncul, coba matikan lagi  smartphone lalu lepas SIM card dan pasang kembali. Setelah itu, hidupkan lagi smartphone Kamu dan tunggu hingga muncul permintaan registrasi.

  • APN Berubah atau Hilang
    Access Point Name (APN) adalah salah satu unsur yang memungkinkan Kamu terhubung dengan jaringan penyedia layanan internet. Umumnya APN telah diatur secara otomatis oleh penyedia jaringan. Tetapi, mungkin saja Kamu pernah mengotak-atik data APN hingga membuatnya berubah atau hilang.

    Untuk mengatasi kenapa data seluler tidak muncul karena masalah ini, Kamu perlu mengubah kembali APN ke mode otomatis agar dapat menyesuaikan langsung dengan sistem. Kamu juga bisa menggantinya secara manual dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh operator.

  • Masalah Sistem Operasi
    Faktor lain penyebab kenapa data seluler tidak muncul adalah sistem operasi yang bermasalah. Meski jarang terjadi, tidak menutup kemungkinan inilah biang keladinya. Untungnya, mengatasi masalah ini juga tak kalah mudahnya, kok. Kamu tinggal lakukan restart pada smartphone.

    Bila data seluler masih tidak muncul, ada baiknya Kamu melakukan factory reset sebagai alternatif terakhir. Tetapi, pastikan dulu Kamu sudah melakukan backup pada data di seluler karena langkah ini akan menghapus semua data di sana.
     
  • Kerusakan Hardware
    Bisa saja hardware smartphone Kamu mengalami masalah sehingga tidak mampu menangkap sinyal internet. Masalah ini tidak cukup diatasi dengan restart smartphone atau melakukan factory reset. Dibutuhkan bantuan teknisi untuk memperbaiki hardware seluler yang bermasalah. Nantinya teknisi tersebut akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh guna mengetahui kenapa data seluler tidak muncul di smartphone Kamu. Jika kerusakannya berat, Kamu akan diminta mengganti hardware tersebut.

    Perbaikan hardware bisa Kamu lakukan di service center resmi masing-masing merek seluler. Tergantung dari kebijakan service center, Kamu tidak perlu mengganti biaya perbaikan bila smartphone masih bergaransi.

  • Masalah Operator Jaringan
    Lagi enak-enaknya internetan tiba-tiba sinyal data seluler menghilang dari status bar. Ini akan sangat menjengkelkan karena aktivitas digital Kamu malah terganggu. Salah satu penyebab kenapa data seluler tidak muncul adalah adanya gangguan dari provider atau operator jaringan. Masalah ini bisa terjadi dalam beberapa menit hingga jam tergantung jenis gangguan dan bagaimana operator Kamu mengatasi hal tersebut.

  • Tidak Ada Sinyal
    Penyebab kenapa data seluler tidak muncul bisa saja karena minim atau tidak adanya sinyal internet di tempat Kamu. Akibatnya seluler tidak mampu menangkap sinyal sama sekali. Bila ini masalah utamanya, solusinya hanya keluar dari area yang tidak terjangkau sinyal provider internet. Makanya sangat penting, kan, memilih layanan internet yang mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia?

Internetan Lancar Tanpa Hambatan dengan Berlangganan Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome

Internet sudah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Itu sebabnya masalah kenapa data seluler tidak muncul bisa menghambat aktivitas digital Kamu. Cara-cara di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi, ada baiknya bila Kamu dapat terhubung di jaringan internet unlimited selama 24/7 tanpa ada hambatan jaringan, kan? Kira-kira provider seperti apa sih yang menawarkan jaringan internet super cepat, stabil, dan bisa di akses di seluruh wilayah Indonesia?

Jawabannya tentu saja layanan provider internet anti lelet dari IndiHome! Browsing seharian untuk kepentingan kerjaan atau pelajaran, tidak perlu khawatir lagi akan masalah data seluler yang tak muncul. Selain itu, layanan internet IndiHome juga tersedia dalam beragam pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Misalnya Kamu mau internetan sepuasnya di jaringan cepat dan stabil tanpa menguras dompet, Paket Bebas Tanpa Batas bisa jadi pilihan yang tepat.

Dengan Paket Bebas Tanpa Batas, Kamu bisa internetan sepuasnya dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Belum lagi Kamu bisa menonton ratusan tayangan unggulan di channel TV pilihan dan mengatur perangkat sendiri karena modem serta STB (Set Top Box) dapat dibeli dengan berlangganan paket ini. Semuanya bisa Kamu nikmati dengan biaya berlangganan yang super ekonomis dengan diskon hingga 39%, lho!

Paket Bebas Tanpa Batas tersedia dalam dua pilihan, yaitu:

 

  • Paket Bebas Tanpa Batas 1P (Internet Only)
    Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000/bulan, Kamu bisa internetan di jaringan super cepat IndiHome mulai dari 30 Mbps hingga 50 Mbps. 

 

  • Paket Bebas Tanpa Batas 2P (Internet + TV)
    Paket ekonomis yang menyediakan kecepatan internet 50 Mbps dengan biaya berlangganan Rp360.000/bulan. Dapatkan juga benefit lain berupa bebas akses hingga 100+ channel TV untuk menyaksikan berbagai tayangan unggulan setiap harinya.

Melalui Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome, internetan semakin lancar tanpa batas dan tanpa hambatan. Yuk, berlangganan sekarang juga!