5 Tips Optimal Berolahraga Saat Sedang Puasa di Bulan Ramadan | IndiHome
15 APR 2022        BLOG

5 Tips Optimal Berolahraga Saat Sedang Puasa di Bulan Ramadan

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan berarti Anda menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Nyatanya, dengan berolahraga bisa membuat Anda tetap bugar, mengoptimalkan kinerja hormon serta menjaga kesehatan mental dan otak, lho

Namun, berolahraga saat puasa tentu akan terasa lemas dan haus, tetapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa berolahraga dengan optimal tanpa takut lemas dan haus. Yuk, simak informasi berikut ini:

  1. Waktu Olahraga
    Berolahraga saat puasa memang susah-susah gampang. Anda perlu strategi dan mengatur waktu olahraga dengan baik. Hindari memilih waktu olahraga setelah sahur karena akan membuat perut Anda merasa tidak nyaman.

    Lebih baik pilih waktu berolahraga menjelang waktu berbuka, misalnya di jam 4 atau 5 sore. Dilansir Women\'s Health, ini menjadi waktu ideal karena Anda bisa langsung minum dan makan usai berolahraga sehingga tubuh bisa langsung terhidrasi dan diisi energi dengan baik.


  2. Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa
    Tidak semua olahraga nyaman dilakukan saat sedang berpuasa. Anda bisa memilih olahraga dengan gerakan ringan seperti berjalan, jogging, bersepeda, atau workout di dalam rumah dengan gerakan yang sederhana.


  3. Perhatikan Asupan Makanan
    Saat puasa di bulan Ramadan, jam makan Anda pasti akan berubah. Tubuh diberi waktu dua kali untuk makan, yaitu saat sahur dan berbuka puasa.

    Kurangi makanan yang tinggi gula dan garam karena dapat menimbulkan rasa lapar dan haus yang berlebihan saat puasa.

    Pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein serta tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang. 


  4. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur
    Asupan cairan dalam tubuh harus diperhatikan. Pastikan Anda tetap minum air putih 1,5-2 liter perhari agar tidak dehidrasi yang membuat tubuh terasa lemas. 


  5. Perhatikan Durasi Tidur
    Kunci dari optimalnya olahraga saat puasa adalah memperhatikan waktu tidur. Orang dewasa setidaknya perlu waktu tidur sekitar 7-9 jam perhari. Kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja tubuh, sehingga membuat Anda tidak berenergi dan lemas. 

Nah, itu dia tips olahraga saat puasa di bulan Ramadan agar tubuh tetap kuat dan bugar. Pastikan Anda dapat mengimbanginya dengan nutrisi seimbang serta minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. 

 

Cari Tahu Lebih Banyak Tips Optimal Berolahraga Saat Puasa dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+Hotstar)

Masih banyak tips optimal berolahraga saat puasa lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mencarinya melalui mesin pencari seperti Google. Pastikan Anda berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) agar kegiatan browsing semakin nyaman dan lancar.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dalam tiga pilihan, yaitu Paket 3P (Internet + TV + Phone), 2P (Internet + Phone) dan 2P (Internet + TV) dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. 

Dengan berlangganan paket ini, Anda bisa menikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps, bebas nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit serta nonton tayangan unggulan dari ratusan channel TV favorit. Tidak hanya itu, Anda juga bisa streaming berbagai konten populer dari Disney+ Hotstar, MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio. Anda juga akan mendapatkan cashback saldo LinkAja sebesar Rp100.000, lho! Mulai dari Rp200ribu-an, Anda sudah bisa menikmati beragam layanan lengkap untuk memenuhi kebutuhan digital Anda.

Dapatkan juga diskon 50% biaya pemasangan hingga bulan Mei 2022. Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga!