5 Cara Mengatasi Wi-Fi Aktif Tapi Tidak Ada Koneksi Internet | IndiHome
21 NOV 2022        BLOG

5 Cara Mengatasi Wi-Fi Aktif Tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Internet memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain berperan dalam urusan pekerjaan, internet juga berperan dalam memenuhi kebutuhan hiburan untuk mengisi waktu senggang. Itu sebabnya banyak layanan publik, area perkantoran, dan hunian pribadi yang memasang layanan Wi-Fi agar dapat terkoneksi dengan internet kapan pun dan di mana pun.

Lalu, bagaimana jika Wi-Fi tersebut aktif tetapi tidak terkoneksi jaringan internet? Pastinya aktivitas belajar, bekerja, dan mencari hiburan pun jadi terhambat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk mengatasi Wi-Fi aktif tapi tidak ada koneksi internet.


Mengapa Wi-Fi Tersambung Tapi Tidak Ada Koneksi Internet?

Nah, sebelum mengetahui cara mengatasi Wi-Fi yang tidak terkoneksi dengan internet, ketahui dulu apa saja pemicu masalah tersebut, di antaranya:

  • Masalah Jaringan
    Gangguan jaringan sering terjadi jika cuaca sedang buruk, tetapi tidak menutup kemungkinan koneksi Wi-Fi terhambat karena adanya gangguan teknis dari provider layanan.
  • Router Eror
    Fungsi dari router adalah untuk memancarkan sinyal Wi-Fi. Jika Wi-Fi sudah tersambung tapi tidak ada jaringan internet, maka bisa saja router yang mengalami masalah. Kerusakan router yang parah bisa mengganggu penangkapan sinyal Wi-Fi.
  • Kesalahan Konfigurasi Perangkat
    Pengaturan koneksi atau konfigurasi yang tidak tepat dapat mengganggu tangkapan sinyal Wi-Fi. Akibatnya, Wi-Fi tampak terhubung, tapi tidak ada koneksi internet sama sekali. Untuk itu, kamu perlu memastikan bahwa konfigurasi perangkat sudah dilakukan dengan tepat atau alternatif lainnya yaitu dengan menyetel ulang pengaturan Wi-Fi menjadi default.


5 Cara Mengatasi Wi-Fi yang Tidak Terkoneksi dengan Internet

Kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk mengatasi Wi-Fi yang tidak terkoneksi dengan internet:

  • Cek Pengaturan Perangkat
    Jika Wi-Fi terkoneksi tetapi tidak ada koneksi internet, cobalah periksa pengaturan koneksi pada perangkat kamu. Pastikan perangkat tidak dalam mode pesawat atau driver ethernet dalam laptop sudah terpasang dan diperbaharui. Di beberapa kasus, hal ini sering dialami oleh pengguna. Jadi, pastikan pengaturan perangkat sudah benar untuk menangkap sinyal Wi-Fi. 
  • Restart Router
    Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mematikan router kemudian tunggu sekitar 30 detik untuk menghidupkannya kembali. Setelah lampu DSL stabil, periksa kembali perangkatmu, lalu sambungkan dengan jaringan Wi-Fi. Bila router tidak rusak, cara ini cukup ampuh, lho!
  • Perbaharui Driver Adaptor Wi-Fi
    Masalah Wi-Fi aktif tetapi tidak terkoneksi dengan internet bisa juga disebabkan oleh adaptor Wi-Fi pada perangkat PC atau laptop. Untuk mengatasinya, kamu perlu memperbarui driver adaptor tersebut dengan cara:
    • Klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties
    • Klik kanan pada Driver Adaptor Wi-Fi, lalu pilih Update Driver Software
  • Ubah Mode Wi-Fi
    Jika Wi-Fi tersambung tetapi tidak ada koneksi internet, kamu bisa mengatasinya dengan mengubah mode Wi-Fi melalui perangkat apapun. Berikut caranya:
    • Masuk ke browser dan ketik 192.162.0.1
    • Login dengan username dan password yang dimiliki atau gunakan username dan password Admin default
    • Cari menu Wireless Setting dan ubah menjadi mode 11bgn mixed
    • Save dan restart router untuk melengkapi proses perubahan mode Wi-Fi 
  • Hubungi Tim Support Provider Internet
    Cara mengatasi Wi-Fi yang tidak terkoneksi dengan internet juga bisa dilakukan dengan menghubungi customer service dari penyedia layanan. Kamu bisa menyampaikan kendala yang dihadapi. Jika ada gangguan atau perbaikan jaringan dari pihak penyedia, mereka akan segera menginformasikannya. 


Hindari Masalah Koneksi Internet dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Koneksi internet yang bermasalah pastinya bisa menghambat berbagai aktivitas online. Nah, berbagai cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi Wi-Fi yang aktif tetapi tidak ada koneksi internet.

Namun, kamu pastinya tidak mau mengalami masalah internet tersebut, kan? Maka dari itu, lebih baik jika kamu sudah memastikan bahwa provider internet pilihanmu memiliki jaringan internet yang stabil ditambah dengan adanya beragam benefit agar berselancar di dunia maya semakin seru dan menyenangkan.

Sebagai provider internet terbaik yang memahami kebutuhan pelanggannya, IndiHome menyediakan berbagai pilihan paket internet lengkap dengan bonus melimpah. Salah satunya Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix).

Tidak hanya menghadirkan jaringan internet berkecepatan hingga 100 Mbps, kamu juga bisa streaming semua tayangan Netflix dengan lancar tanpa perlu membayar biaya berlangganan terpisah. Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) tersedia dalam dua pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp475.000 per bulan. Kamu akan mendapatkan beragam keuntungan berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, layanan streaming lainnya serta 100+ channel TV favorit, dan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.

  • Paket 2P (Internet+ TV)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp415.000 per bulan. Kamu akan mendapatkan beragam benefit berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, layanan streaming lainnya serta 30+ channel TV favorit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.

Yuk, langganan sekarang dan dapatkan diskon biaya pemasangan baru sebesar 50%!