4 Alasan Mengapa Kita Wajib Menghormati Orang Tua dan Guru | IndiHome
7 SEP 2022        BLOG

4 Alasan Mengapa Kita Wajib Menghormati Orang Tua dan Guru

Orang tua dan guru merupakan dua pihak yang berjasa dalam kehidupan kita. Orang tua telah merawat kita sejak masih dalam kandungan. Sementara itu, guru membimbing kita selama menuntut ilmu di sekolah. Inilah yang menjadi dasar alasan mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru.

Baik orang tua dan guru sama-sama berupaya untuk menciptakan generasi yang pandai dan cerdas. Kewajiban untuk menghormati orang tua dan guru pun selalu ditekankan dalam kitab suci serta ajaran budi pekerti. Bahkan, artikel ini juga akan membahas mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru. Jadi, pastikan Kamu menyimak sampai akhir ya!


Mengapa Kita Diwajibkan untuk Menghormati Orang Tua dan Guru?

Orang tua adalah guru pertama yang mengajari dan mendidik kita tentang banyak hal. Tugas tersebut didukung oleh kehadiran guru-guru berkualitas yang mengajari kita ketika memasuki usia sekolah. Sehingga sudah sepatutnya kita menghormati mereka.

Selain itu, empat alasan berikut akan memperkuat pemahaman kita mengenai pentingnya menghormati orang tua dan guru:

 

  • Perintah Tuhan Yang Maha Esa

    Tuhan Yang Maha Esa selalu memerintahkan umat manusia untuk saling menghormati dan berbuat baik pada sesama, khususnya pada orang tua dan guru. Dari perintah tersebut, kita diajarkan untuk berbakti pada mereka sampai kapan pun.

    Tanpa orang tua, kita tidak akan terlahir ke dunia dengan layak. Setelah dilahirkan ke dunia, orang tua merawat dan mendukung perkembangan kita di lingkungan rumah. Sedangkan guru berperan sebagai orang tua kedua di lingkungan sekolah yang bertanggung jawab memberikan ilmu yang tak terhingga nilainya. 

    Rasa syukur atas usaha mereka perlu diwujudkan dengan cara menghormati dan berbakti. Karena, tanpa adanya keterlibatan mereka, hidup kita di dunia tidak akan terarah. Inilah salah satu alasan mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru.

  • Wujud Bakti

    Alasan selanjutnya mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru adalah sebagai wujud bakti. Tunjukan wujud bakti ini dengan beberapa cara berikut:

    • Mendengarkan nasihat orang tua dan guru
    • Berbicara dengan sopan santun
    • Menyimak penjelasan saat menjelaskan sesuatu
    • Mematuhi perintah mereka demi perkembangan yang lebih baik
    • Mendoakan yang terbaik bagi orang tua dan guru
       
  • Memiliki Peran Penting dan Jasa Besar dalam Kehidupan

    Di balik tokoh yang hebat, pastilah ada orang tua dan guru yang mendukung mereka. Orang tua berperan dalam menjaga, merawat, dan mendidik sejak kecil hingga dewasa. Guru pun memiliki tugas serupa, yaitu mendidik kita dengan penuh kasih sayang di lingkungan akademik.

    Tanpa mereka, kita tidak mampu menjadi manusia yang cerdas. Jasa mereka begitu besar, khususnya orang tua yang menyiapkan segala kebutuhan kita hingga beranjak dewasa dan berkembang menjadi orang terpandang.

  • Doa yang Kuat

    Alasan lain mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru adalah karena mereka memiliki doa yang kuat. Rida orang tua dan guru perlu dijaga agar doa mereka selalu menyertai kita. Orang tua tidak luput untuk mendoakan hal-hal positif bagi anaknya. Guru pun tak henti mendoakan muridnya untuk menjadi manusia berilmu, berprestasi, dan cerdas.


Jadi Generasi Cerdas, Pandai, dan Berwawasan Luas dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Orang tua dan guru mengharapkan anak-anaknya tumbuh menjadi generasi cerdas, pandai, dan berwawasan luas. Tidak hanya melalui bimbingan mereka, Kamu pun dapat berkembang dengan dukungan eksternal lainnya. Seperti Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome.

Melalui paket internet ini, menambah wawasan semakin dipermudah dengan internet super ngebut dan stabil berkecepatan hingga 30 Mbps dari IndiHome. Kamu juga akan mendapatkan bonus lain berupa gratis telponan, bebas akses ke aplikasi Pijar Belajar, plus nonton tayangan edukatif dan inspiratif di puluhan channel TV interaktif pilihan sepuasnya.

Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis ini tersedia dalam dua pilihan paket, antara lain:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati internetan di jaringan super ngebut IndiHome berkecepatan 20 - 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000 per bulan. Terdapat juga benefit lainnya berupa gratis nelpon 50 menit serta bebas akses konten edukatif sepuasnya melalui aplikasi Pijar Belajar.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Saatnya internetan di jaringan anti lemot IndiHome berkecepatan 20 - 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000 per bulan. Dapatkan juga akses sepuasnya ke aplikasi Pijar Belajar yang berisi beragam konten edukatif dan inspiratif serta gratis nelpon lokal/interlokal 50 menit dan akses ke 30+ channel TV dalam Paket Intro.

Dengan berlangganan paket ini, Kamu akan mendapatkan support tambahan guna memperluas wawasan. Buat orang tua dan guru semakin bangga dengan menjadi generasi cerdas dan berwawasan luas bersama Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome!