10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Fungsinya | IndiHome
6 JAN 2023        BLOG

10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Fungsinya

Kebugaran jasmani sangatlah penting untuk menunjang pergerakan tubuh demi menjalankan dan menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Kebugaran jasmani sendiri terdiri dari komponen-komponen penting guna mendukung pergerakan tubuh.

Komponen kebugaran jasmani merupakan komponen kemampuan seseorang ketika melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa kelelahan dan terbebani saat melakukannya. Lantas apa saja komponen tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!


Apa Saja Komponen dalam Kebugaran Jasmani?

Kesehatan dan kebugaran tubuh didukung oleh komponen kebugaran jasmani yang terdiri dari:

  • Strength (Kekuatan Otot)
    Kekuatan otot merupakan kemampuan sekelompok otot untuk berkontraksi secara maksimal saat melawan beban. Agar kekuatan otot lebih maksimal, Kamu perlu melakukan strength training serta mencukupi kebutuhan nutrisi guna membangun massa otot. Latihan tersebut bisa berupa sit up, push up, plank, squat, angkat beban, dsb.
  • Agility (Kelincahan)
    Yaitu kemampuan untuk mengubah posisi atau arah tubuh bersamaan dengan gerakan lainnya secara lincah dan cepat. Kamu perlu melatih kelincahan dengan melakukan shuttle run atau latihan zig zag dan ladder drill. 
  • Power (Daya Eksplosif)
    Daya eksplosif menggabungkan kecepatan dan kekuatan dengan mengerahkan kekuatan maksimal otot. Kemampuan ini dibutuhkan dalam berbagai aktivitas, termasuk saat Kamu berolahraga. Misalnya ketika melakukan teknik pukulan smash dalam olahraga voli dan bulu tangkis.
  • Coordination (Koordinasi)
    Kemampuan yang berfokus pada bagaimana cara tubuh berselaras dengan arah pandang. Latihan yang sering dilakukan untuk meningkatkan koordinasi adalah melompat, merangkak, bersepeda, dan lompat tali.
  • Reaction (Reaksi)
    Merupakan kemampuan tubuh untuk bertindak ketika menerima rangsangan melalui panca indra. Cara melatih komponen kebugaran jasmani ini adalah dengan latihan tangkap bola. 
  • Endurance (Daya Tahan)
    Komponen kebugaran jasmani yang berkaitan dengan sistem kerja paru-paru, jantung, dan peredaran darah. Bila organ tersebut bekerja sesuai fungsinya, maka daya tahan tubuh pun akan lebih baik guna mendukung aktivitas sehari-hari. Kamu dapat menjaga kinerja organ-organ vital tersebut dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan melakukan latihan daya tahan tubuh seperti olahraga kardio. 
  • Speed (Kecepatan)
    Sesuai namanya, komponen kebugaran jasmani ini mengukur kemampuan fisik agar bisa bergerak secepat mungkin. Untuk melatih kecepatan, lakukan olahraga seperti sepeda cepat dan lari sprint.
  • Flexibility (Kelenturan)
    Kelenturan berkaitan dengan gerak sendi dan otot yang bekerja secara maksimal. Jika kelenturan baik, pergerakan tubuh akan terlihat lebih luwes. Sebaliknya, tingkat kelenturan rendah akan membuat tubuh bergerak lebih kaku. Meningkatkan kelenturan bisa dengan melakukan stretching, yoga, dan pilates.
  • Balance (Keseimbangan)
    Komponen kebugaran jasmani ini dapat membantu tubuh dalam mempertahankan sikap dan posisinya berkat daya tahan otot yang optimal. Apapun kondisi dan guncangan yang diterima, tubuh Kamu akan tetap terjaga keseimbangannya.
  • Accuracy (Ketepatan)
    Ketepatan merupakan komponen kebugaran jasmani yang mengukur kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerak terhadap sasaran tertentu. Olahraga seperti sepakbola, bowling, dan basket memerlukan akurasi. Sementara itu, kemampuan ini bisa Kamu asah dengan latihan menembak bola jarak dekat dan jarak jauh ke arah ring atau gawang.


Perluas Wawasan Mengenai Komponen Kebugaran Jasmani dengan Berlangganan Promo Paket IndiHome

Mengenal komponen kebugaran jasmani akan memotivasi diri untuk tetap sehat dan bugar agar aktivitas sehari-hari tidak terhambat. Maka dari itu, Kamu perlu menambah wawasan seputar kebugaran jasmani. Apalagi bila Kamu ingin menjalani hidup lebih sehat dan aktif setiap harinya.

Ada banyak cara supaya Kamu bisa hidup lebih sehat dan bugar. Salah satunya dengan menggali informasi seputar kesehatan di sumber-sumber terpercaya yang Kamu temukan di dunia maya. Selain lebih mudah, Kamu pun dapat mengakses informasi tersebut sepuasnya. Asalkan Kamu terhubung dengan jaringan internet antilelet dan stabil seperti yang ditawarkan dalam Promo Paket IndiHome.

Saatnya internetan tanpa hambatan di jaringan IndiHome berkecepatan hingga 300 Mbps ditambah bonus melimpah yang akan mendukung aktivitas digital Kamu. Semua ini bisa Kamu nikmati dengan biaya berlangganan yang sangat terjangkau, yaitu Rp200.000-an saja per bulan!

Nikmati benefit berupa bebas nonton ribuan tayangan menarik dari puluhan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta diskon 50% biaya pemasangan. Promo Paket IndiHome tersedia dalam tiga pilihan, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internetan kencang di kecepatan 20 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp275.000 saja per bulan. Kamu bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internetan dengan kecepatan 30 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Nikmati juga bonus 20+ channel TV add-on Minipack Upgrade Essential selama 3 bulan plus sepuasnya nonton tayangan Disney+ Hotstar dan IndiHome TV. Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps, Kamu akan mendapat bonus tambahan akses ke tayangan berkualitas dari MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, IndiHome TV, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).  
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit plus bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar dan IndiHome TV serta 80+ channel TV favorit.

    Ada juga bonus tambahan 20+ channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapat akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

Mau internetan lancar tanpa hambatan dan menguras tabungan? Yuk, langganan Paket Promo IndiHome sekarang juga!