10 Cara Jadi Atlet Esport Profesional | IndiHome
23 AUG 2022        BLOG

10 Cara Jadi Atlet Esport Profesional

Atlet esport telah menjadi pilihan karir yang menarik sekaligus menjanjikan bagi professional gamer. Bahkan mereka telah disejajarkan dengan atlet olahraga profesional lainnya. Esport sendiri merupakan jenis kompetisi olahraga berbasis video game online. Umumnya kompetisi ini melibatkan multiplayer game yang terorganisir dan diselenggarakan secara individu maupun tim.

Lantas bagaimana sih cara jadi atlet esport profesional? Bagi para gamer yang ingin menjajal karir di bidang ini, perhatikan dulu informasi berikut ini!


Ini dia Cara Jadi Atlet
Esport Profesional!

Tahukah Kamu? Atlet esport di Indonesia memiliki penghasilan hingga miliaran rupiah, lho! Menghasilkan cuan yang tinggi dari hobi tentunya menambah keseruan profesi ini. Nah, kalau Kamu ingin menjadikan hobi main game sebagai profesi, coba deh terapkan 10 cara jadi atlet esport profesional berikut! 

  • Fokus pada Satu Jenis Game
    Sebagai seorang gamer, pastinya Kamu telah memainkan banyak game dalam berbagai genre. Bisa jadi sekarang Kamu tengah fokus memainkan 2 – 3 games . Tetapi, sama halnya seperti atlet profesional, seorang atlet esport perlu fokus latihan pada satu jenis game. Tujuannya agar Kamu dapat meningkatkan kemampuan dalam game tersebut secara signifikan.

    Selain itu, tiap jenis game juga memiliki kompetisinya tersendiri. Jika Kamu merasa jago dalam satu jenis game tersebut, maka fokuslah pada game itu. Latih skill Kamu dan rajinlah meningkatkan level. Bila perlu, Kamu bisa membentuk tim sendiri untuk memainkan game tersebut.
     

  • Terus Latihan
    Cara jadi atlet esport selanjutnya yaitu teruslah berlatih untuk meningkatkan kemampuan. Buatlah jadwal latihan untuk memotivasi diri agar lebih disiplin. Jangan lupa untuk pelajari berbagai strategi dan ilmu lainnya yang bisa diterapkan dalam game tersebut.
      
  • Gabung dengan Komunitas
    Jika merasa percaya diri dengan skill main game yang dimiliki, saatnya Kamu bergabung dengan komunitas game. Tidak sulit kok mencarinya di berbagai forum online, seperti Discord atau IESPA di Ligagame. Tujuannya agar Kamu bisa mengembangkan skill sekaligus berbagai tips dan info terbaru seputar game atau kompetisi.
     
  • Cari dan Bentuk Tim
    Manfaat lain dari poin di atas adalah Kamu bisa membentuk tim game sendiri. Carilah gamers yang memiliki kesamaan passion dan bisa diajak bekerjasama. Setelah terbentuk, tingkatkan reputasi tim Kamu dalam dunia game agar direkrut oleh tim gamer profesional.
     
  • Belajar dari Pemain Pro
    Ini merupakan cara jadi atlet esport yang efektif karena Kamu dapat meningkatkan skill dengan belajar dari para pemain profesional. Tonton bagaimana mereka bermain lalu pahami pola bermainnya. Ini bisa Kamu lakukan dengan menyaksikan berbagai pertandingan atau saat mereka unjuk gigi melalui layanan streaming favorit para gamer seperti Twitch atau YouTube.

  • Siapkan Perlengkapan Game Mumpuni
    Skill Kamu perlu didukung juga oleh alat tempur main game yang mumpuni seperti keyboard, mouse, mousepad, dan headset.  Tidak perlu mahal, yang penting nyaman digunakan dan memenuhi standar. Pastikan dulu Kamu membaca banyak review produk sebelum memutuskan untuk membeli perlengkapan gaming.

  • Ikuti Turnamen Lokal
    Ketika skill Kamu dan tim sudah mumpuni, saatnya menantang diri dengan mengikuti turnamen game lokal. Jangan jauh-jauh, coba dulu turnamen antar komunitas atau warnet game online. Ini bisa semakin mengasah kemampuan sekaligus menambah pengalaman.

  • Perluas Jaringan
    Tergabung dalam satu komunitas dan mengikuti turnamen lokal belum cukup. Perluas jaringan sebagai cara jadi atlet esport dengan bergabung ke komunitas-komunitas lain dan mengikuti lebih banyak turnamen lokal di berbagai kota. Selain itu, cari tahu juga event game lainnya untuk menjalin relasi. Semakin luas jaringan yang dibangun, semakin meningkat juga reputasi Kamu.
     
  • Tingkatkan Statistik Permainan
    Statistik permainan sering dijadikan acuan seberapa jauh level atau skill permainan Kamu. Para perekrut calon atlet esport pun sering menggunakan statistik tersebut untuk mengukur apakah gamer cocok direkrut sebagai atlet esport profesional. Jadi, pastikan Kamu selalu lakukan evaluasi dan tingkatkan statistik permainan.
     
  • Tingkatkan Kemampuan Kerjasama Tim
    Bukan hanya skill individu, kemampuan kerjasama tim juga perlu ditingkatkan. Ini bisa terwujud melalui komunikasi dan kedisiplinan yang baik. Dengan begitu tim Kamu mampu membentuk strategi sekaligus kiat jitu setiap bermain game.


Wujudkan Impian Jadi Atlet
Esport Profesional dengan Berlangganan Paket Gamer dari IndiHome

Menerapkan tips di atas akan membuka jalan mewujudkan cita-cita jadi atlet esport profesional. Jangan sampai cita-cita Kamu ini terhambat karena tidak bisa meningkatkan skill akibat fasilitas yang tidak memadai seperti koneksi internet lelet dan tidak stabil. Maka dari itu, IndiHome menawarkan solusi jitu untuk para gamer melalui Paket Gamer.

Nikmati main game online seru di jaringan super ngebut IndiHome hingga 100 Mbps. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan ragam benefit menarik seperti:

  • Exclusive Items; bertualang menggunakan item khusus yang tidak bisa didapatkan dari sumber lain
  • Free Gifts; dapatkan berbagai macam hadiah menarik yang berbeda-beda untuk setiap game
  • Free Play Game; bebas bertualang di game-game favorit
  • Free Gamepad; dapatkan gamepad gratis untuk menambah keseruan main game favorit
  • Bebas akses GameQoo; tersedia 150+ game streaming canggih berlisensi dengan teknologi cloud gaming yang bisa dimainkan di perangkat mana saja

Paket Gamer IndiHome tersedia dalam tiga opsi yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone) 
    Tersedia pilihan kecepatan up to 30 Mbps, up to 50 Mbps, dan up to 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000-an per bulan. Dapatkan juga bebas nelpon 100 menit di jaringan lokal dan interlokal. Untuk pilihan speed up to 50 Mbps dan up to 100 Mbps, Kamu akan mendapatkan bebas akses ke beragam tayangan di Disney+ Hotstar dan UseeTV GO serta bonus gamepad dan akses ke GameQoo Ultimate dengan biaya berlangganan mulai dari Rp545.000 per bulan.
  • Paket 2P (Internet + TV) 
    Nikmati main game online dengan kecepatan up to 30 Mbps dan bonus akses ke 35 channel TV dengan biaya berlangganan Rp399.000 per bulan. 
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Main game online dengan pilihan kecepatan up to 50 Mbps dan up to 100 Mbps serta benefit lain berupa gratis nelpon 100 menit, akses sepuasnya tayangan Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan 100+ channel TV pilihan lainnya. Ditambah lagi bonus berupa gamepad dan akses cloud gaming GameQoo Ultimate sepuasnya. Semuanya bisa Kamu nikmati dengan biaya berlangganan mulai dari Rp615.000 per bulan.

Khusus bulan Agustus ini, dapatkan cashback LinkAja Rp77.000, bonus 77 Poin myIndiHome, dan diskon 77% untuk biaya pasang baru. Yuk, wujudkan impian Kamu jadi atlet esport profesional dengan berlangganan Paket Gamer dari IndiHome sekarang juga!