Tahapan Basic Skin Care untuk Pemula yang Benar | IndiHome
1 JUN 2021        BLOG

Tahapan Basic Skin Care untuk Pemula yang Benar

Selain memakai produk skin care yang cocok dengan kondisi dan jenis kulit, untuk mendapatkan kulit wajah cerah serta sehat juga harus dibarengi pengetahuan mengenai tahapan basic skin care untuk pemula yang baik dan benar. Jadi, skin care tidak digunakan secara asal-asalan sesuka hati.

Memiliki kulit wajah glowing dan awet muda merupakan dambaan setiap orang, khususnya perempuan. Salah satu cara mendapatkannya adalah menggunakan produk skin care secara rutin. Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa cara pemakaian yang salah bisa membuat hasilnya tidak maksimal.

Tentukan Jenis Kulit

Sebelum mulai mengaplikasikan skin care secara rutin, maka Anda harus sudah mengenal jenis kulit yang dimiliki. Hal ini akan membantu memudahkan pemilihan produk yang akan digunakan. Pasalnya, setiap orang memiliki jenis dan permasalahan kulit yang berbeda pula.

Oleh sebab itu, skin care yang dibutuhkan juga berbeda. Misalnya jika Anda memiliki kulit kering, sudah pasti harus memilih produk yang mengandung moisturizer tinggi. Sedangkan apabila kulit Anda berminyak, tentunya perlu menggunakan produk yang bisa menetralisir minyak berlebih.

Secara umum, jenis-jenis kulit terbagi atas 4 kategori, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kulit kering
  2. Kulit berminyak
  3. Kulit sensitif
  4. Kulit kombinasi

Di sisi lain, Anda perlu memahami bahwa setiap individu memiliki kulit berbeda meskipun termasuk dalam klasifikasi sama. Bisa saja suatu produk bekerja sangat baik pada seseorang, akan tetapi belum tentu cocok untuk Anda. Oleh sebab itu, tidak perlu merasa cemas apabila mengalami hal ini.

6 Tahapan Basic Skin Care untuk Pemula dan Cara Pemakaiannya

Di bawah ini adalah tahapan penggunaan basic skin care untuk pagi hari serta cara memakainya:

  1. Membersihkan Wajah (Cleansing)

    Tahapan pertama menggunakan skin care adalah cleansing. Sebaiknya bersihkan wajah dengan produk facial wash yang cocok dengan kulit minimal dua kali sehari. Membersihkan wajah dengan face wash akan membantu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit.

    Bagi pengguna makeup rutin, maka bisa gunakan cleansing oil maupun micellar water lalu diikuti dengan pembersih wajah. Jangan lupa memilih face wash sesuai jenis kulit, misalnya Anda punya kulit kering, maka pilihlah facial wash yang dapat memberi kelembaban.

  2. Aplikasikan Toner

    Urutan pemakaian daily skin care selanjutnya adalah mengaplikasikan toner wajah. Setelah menggunakan produk makeup, maka wajah akan terhidrasi. Toner berfungsi sebagai penyeimbang pH kulit, membersihkan pori-pori tersumbat, serta mengangkat sel kulit mati.

    Sementarara itu, bagi yang memiliki kulit berjerawat, memakai toner khusus bisa membantu mengempeskan jerawat dan meredakan peradangan. Di samping itu, toner akan membantu mempersiapkan kulit sebelum penggunaan produk skin care selanjutnya.
     

  3. Gunakan Essence

    Meskipun sering diabaikan karena dianggap sebagai pemborosan. Namun, penggunaan essence dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Produk liquid dari bahan dasar air dan konsentrasi bahan aktif tinggi ini bisa menutrisi kulit.

    Di samping itu, kandungan zat gliserin, asam hialuronat, dan vitamin C pada essence terkenal ampuh sebagai anti aging. Cara penggunaan essence sangat simple, tinggal tuang beberapa tetes ke telapak tangan, kemudian oles merata di wajah sembari tepuk perlahan.

  4. Serum

    Setelah menggunakan toner, Anda bisa mengaplikasikan serum pada wajah. Serum adalah cairan bertekstur ringan dengan kandungan zat aktif dan lebih cepat diserap kulit. Mengoleskan serum secara merata dapat membantu menutrisi dan mencerahkan kulit.

    Cara mengaplikasikan serum sangat mudah, tuangkan serum secukupnya ke telapak tangan, lalu oleskan merata pada wajah dan leher. Setelahnya, tepuk lembut area yang diolesi serum agar meresap sempurna. Namun, sebelum pemakaian, pastikan kulit sudah dibersihkan.

  5. Pelembab (Moisturizer)

    Moisturizer memiliki fungsi melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Jika punya kulit wajah kering, normal, atau kombinasi, dianjurkan memilih pelembab bertekstur krim. Sedangkan untuk tipe kulit berminyak, gunakan pelembab dengan tekstur gel atau cair.

    Untuk pemakaiannya, ambil moisturizer seukuran kacang polong pada telapak tangan. Setelah itu, oleskan di area pipi kemudian terus ke atas menuju dahi. Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, bisa melewati pemakaian pelembab jika toner sudah mampu melembabkan.

  6. Tabir Surya (Sunscreen)

    Menggunakan sunscreen di pagi hari terbukti efektif melindungi kulit wajah dari penuaan akibat terkena paparan sinar matahari. Disarankan memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk mendapatkan hasil optimal. Apalagi, bagi yang sering melakukan kegiatan outdoor.

    Sebaiknya oleskan sunscreen minimal 15 menit sebelum keluar rumah agar meresap terlebih dahulu. Cara aplikasinya sangat mudah, oleskan produk sunscreen secukupnya ke permukaan wajah sambil memijat dengan gerakan memutar perlahan.

 

Cari Tahu Produk Skin Care yang Cocok untuk Jenis Kulit Wajah di Internet dengan Dukungan Paket 3P dari IndiHome

Maraknya produk skin care yang malang melintang di iklan sudah pasti membuat bingung. Terutama bagi pemula yang baru akan mencoba menggunakan skin care secara rutin. Pasalnya, tidak semua produk bisa digunakan oleh setiap orang, karena kondisi dan kebutuhan kulit orang berbeda-beda.

Bagi Anda yang bingung dalam memilih skin care namun belum menemukan solusi produk yang cocok, tidak perlu khawatir, sebab di era modern sekarang ini Anda bisa mengakses berbagai informasi melalui internet, termasuk referensi skin care terbaik. Jadi, dijamin lebih mudah dan praktis.

Selain mencari produk skin care yang tepat, di internet Anda juga bisa belajar mengenai tahapan penggunaan skin care supaya hasilnya lebih optimal. Apalagi, ada cukup banyak basic skin care dengan urutan penggunaan berbeda yang perlu diketahui oleh pemula.

Ada banyak sekali review penggunaan berbagai macam produk skin care di internet, baik itu dalam bentuk konten artikel maupun video yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan. Menariknya, semua informasi tersebut bisa diakses secara gratis hanya dengan modal kuota internet saja.

Namun, bagaimana kalau koneksi internet tidak stabil? Supaya aktivitas berburu skin care lebih lancar tanpa gangguan, maka direkomendasikan untuk berlangganan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome untuk mendukung kegiatan browsing skin care guna mendapatkan kulit indah dan sehat.

Apa itu Paket 3P dari IndiHome?

Paket 3P (Internet+TV+Phone) merupakan paket lengkap 3-in-1 yang dapat menjadi alternatif memenuhi kebutuhan digital Anda dan keluarga di rumah. Dengan berlangganan Paket 3P, Anda bisa menikmati kenyamanan internetan sepuasnya di jaringan stabil andalan IndiHome.

Selain mendapatkan benefit berupa jaringan internet cepat hingga 300 Mbps, pelanggan juga berkesempatan mengakses lebih dari 100 tayangan TV interaktif, gratis nelpon lokal dan interlokal selama 300 menit, dan bebas akses ke aplikasi UseeTV GO.

Menariknya lagi, pelanggan Paket 3P juga bisa memilih berbagai macam bonus eksklusif yang dijamin akan memanjakan Anda dan keluarga. Beberapa bonus tersebut di antaranya adalah:

  • Kids
  • Movies
  • Music
  • Gamers
  • Entertainment
  • Smart

Kegiatan hunting produk perawatan wajah dan mencari informasi mengenai tahapan basic skin care untuk pemula menjadi lebih seru dengan berlangganan Paket 3P dari IndiHome. Pasalnya, sekarang Anda tidak perlu merasa takut terganggu koneksi internet lemot maupun jaringan tidak stabil lagi.