Riwayat Hidup Sang Legenda MotoGP, Valentino Rossi yang Dikabarkan Akan Pensiun | IndiHome
9 MAR 2021        BLOG

Riwayat Hidup Sang Legenda MotoGP, Valentino Rossi yang Dikabarkan Akan Pensiun

Bagi para penggemar motor balap, nama Valentino Rossi tentu sudah tidak asing lagi. Pembalap asal Italia ini sudah lebih dari 20 tahun menghiasi ajang balapan MotoGP kelas dunia dengan raihan gelar juara sebanyak sembilan kali. 

Di usianya yang sudah tidak lagi muda, banyak beredar desas-desus mengenai pensiunnya Rossi dari liga balap dunia. Benarkah demikian? 


Karir Balapan Valentino Rossi di MotoGP Tahun 2021

Merayakan ulang tahunnya ke-42 di bulan Februari 2021, Rossi memberikan kabar gembira bagi para fans terkait kembalinya “The Doctor” ke laga balapan MotoGP 2021. Rossi sejatinya tetap membela tim Yamaha, namun kini ditempatkan di tim satelitnya yaitu Petronas Yamaha SRT. 

Sementara itu, Fabio Quartararo menggantikan posisi Rossi di tim pabrikan inti Yamaha dan Rossi menggantikan posisi Quartararo di tim satelit. Banyak pihak menyambut bahagia keputusan Rossi untuk terus bertanding di laga MotoGP 2021. 

Jarvis, selaku Direktur Balap Yamaha pun menyambut baik keputusan Rossi untuk terus berlaga. Sementara itu, Fonsi Nieto yang merupakan mantan pembalap, berharap agar Rossi tetap dapat berlaga untuk waktu lebih lama.


Profil dan Perjalanan Karir “The Doctor”

Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap tersukses di dunia yang kini berusia 42 tahun. Ia merupakan pembalap asal Italia yang lahir pada tanggal 16 Februari 1979 di Urbino, Italia. Pembalap yang mendapat julukan “The Doctor” ini terlahir dari pasangan Stefania Palma dan Graziano Rossi. 

Pembalap senior yang cukup fenomenal ini sudah mulai mengawali karirnya dalam balapan motor Grand Prix sejak tahun 1996 menggunakan motor 125 cc. Sejak awal masa karirnya di dunia balap motor Grand Prix, Valentino Rossi sudah menunjukkan bakat alaminya yang membuat karirnya cepat melesat.  

  1. Awal Masa Karir
    Sejak usia 17 tahun, Rossi telah bergabung dengan tim Aprilia dan langsung mengikuti kejuaraan MotoGP 125 cc. Selama satu tahun berkarir di dunia balap MotoGP, Rossi bahkan sudah berhasil memenangkan kejuaraan dunia dan mencatatkan gelar juara pertamanya di tahun 1997.

    Rossi bergabung bersama tim Aprilia sejak tahun 1996 sampai 1999. Selama periode tersebut, Rossi tercatat pernah berpindah ke kategori 225 cc dan memenangkan kejuaraan dunia balap motor kelas tersebut di tahun 1999. 
  1. Bergabung di Tim Honda
    Rossi tercatat pernah bergabung bersama tim Honda di tahun 2000 sampai 2003. Bersama tim Honda, Rossi kembali berhasil meraih gelar juara MotoGP dunia pada tahun 2001 di kelas 500 cc. Selain itu, Rossi juga kembali mencatat kemenangan MotoGP di tahun 2003.
  1. Bersama di Tim Yamaha
    Bisa dikatakan nama Rossi sudah sangat melekat dengan Yamaha. Selama total belasan tahun, pembalap asal Italia ini berlabuh di tim pabrikan asal Jepang tersebut. Rossi bergabung dengan tim Yamaha sejak tahun 2004 setelah kontrak bersama Honda berakhir.

    Kontrak pertamanya dengan tim Yamaha adalah dari tahun 2004 sampai tahun 2010. Selama periode ini, Rossi berhasil mencatatkan torehan juara sebanyak 4 kali yakni pada tahun 2004, 2005, 2008 serta tahun 2009.

    Namun, Rossi memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak bersama tim Yamaha di tahun 2011. Meski begitu, Rossi kembali berlabuh di Yamaha pada tahun 2013 hingga saat ini.
  1. Bersama Ducati
    Bisa dikatakan jodoh Rossi bersama Ducati cukup singkat, yakni hanya dua tahun saja. Rossi berpindah ke Ducati pada tahun 2011 setelah “The Doctor” memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak bersama Yamaha.

    Sayangnya, selama bersama Ducati, Rossi tidak berhasil meraih satu gelar juara pun. Raihan terbaiknya adalah berada di posisi ke-6 pada musim 2012 dan posisi ke-7 pada tahun 2011. Rossi pun berpindah ke tim Yamaha kembali setelah kontraknya bersama Ducati tidak diperpanjang. 


Nonton Tayangan MotoGP dengan minipack IndiSport dari IndiHome

Bagi Anda yang hobi nonton MotoGP, jangan lewatkan pertandingannya yang akan digelar pada akhir bulan Maret melalui laga MotoGP Qatar. Meski baru digelar akhir bulan Maret, pertandingan MotoGP 2021 sudah melalui beberapa “pemanasan” di sirkuit Losail.

Dengan semakin dekatnya waktu pertandingan besar para pembalap sepeda motor kelas dunia ini, banyak tim MotoGP yang sudah mengumumkan secara resmi para pembalap utama dan motor andalannya masing-masing. 

Pastikan Anda tetap update informasi terbaru terkait pertandingan MotoGP 2021 dengan berlangganan minipack IndiSport dari IndiHome. Tersedia minipack IndiSport 1, IndiSport 2 dan Combo Sport yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Jika Anda berlangganan minipack IndiSport 1, maka Anda dapat menikmati ragam tayangan olahraga dari channel beIN Sports 1 SD, beIN Sports 1 HD, beIN Sports 2 SD, beIN Sports 2 HD, NBA TV SD dan NBA TV HD. Lalu, dengan berlangganan minipack IndiSport 2, Anda dapat menikmati ragam acara olahraga dari channel Usee Sports SD, Usee Sports HD, Usee Sports 2 SD, Usee Sports 2 HD, Champions TV 1 SD, Champions TV 1 HD, Champions TV 2 SD dan Champions TV 2 HD.

Sedangkan jika Anda berlangganan minipack Combo Sport, Anda dapat menikmati ragam tayangan olahraga dari channel minipack IndiSport 1 dan IndiSport 2, yakni beIN Sports 1 SD, beIN Sports 1 HD, beIN Sports 2 SD, beIN Sports 2 HD, NBA TV SD, NBA TV HD, Usee Sports SD, Usee Sports HD, Usee Sports 2 SD, Usee Sports 2 HD, Champions TV 1 SD, Champions TV 1 HD, Champions TV 2 SD dan Champions TV 2 HD.

Biaya berlangganan minipack tersebut juga terjangkau, yakni Rp50.000 per bulan untuk minipack IndiSport 1, lalu Rp25.000 per bulan untuk minipack IndiSport 2 dan Rp60.000 per bulan untuk minipack Combo Sport.

Dengan berlangganan minipack IndiSport dari IndiHome, Anda tidak akan ketinggalan ragam pertandingan olahraga unggulan seperti MotoGP, hingga update terkini seputar atlet favorit.