Review Reply 1988, Drama Korea Terbaik dengan Rating Tinggi | IndiHome
15 JAN 2021        BLOG

Review Reply 1988, Drama Korea Terbaik dengan Rating Tinggi

Korea Selatan tidak ada henti-hentinya terus memproduksi drama-drama terbaik yang terkenal hingga seantero negara seluruh dunia. Salah satu drama terbaik sepanjang masa asal Negeri Ginseng yang sangat digemari hingga ke Indonesia adalah Reply 1988. 

Reply 1988 merupakan sekuel dari franchise drama hits yang sudah tayang sejak tahun 2012 dengan nama Reply 1977. Meski disebut sekuel, sebenarnya Reply 1988 memiliki alur cerita yang tidak berhubungan sama sekali dengan drama-drama sebelumnya. Lantas, apa yang membuat drama satu ini sangat popular?

 

Fakta Drama Reply 1988

  1. Bagian dari Franchise Drama dengan Judul Sama Sebelumnya

    Drama Reply 1988 merupakan drama sekuel ketiga dari franchise drama Reply yang telah tayang sebelumnya. Sebelum Reply 1988, memang sudah ada dua drama yang tayang dengan tema serupa yakni Reply 1997 dan Reply 1994.

    Jika dilihat jadwal penayangan, maka tahun pada judul drama Reply ini justru mundur ke belakang. Drama Reply yang pertama adalah Reply 1997 yang tayang pada tanggal 24 Juli hingga 18 September 2012. Reply yang kedua adalah Reply 1994 yang tayang pada tanggal 18 Oktober hingga 28 Desember 2013.

    Sementara Reply 1988 pertama kali tayang pada tanggal 6 November 2015 sampai 16 Januari 2016. Meski begitu, karena tidak dibuat saling berkaitan, Kamu bisa menonton versi manapun terlebih dulu.

  2. Tayang di Televisi Kabel

    Jika pada umumnya drama hits berasal dari saluran televisi nasional, maka Reply 1988 ini justru ditayangkan di televisi kabel tvN. Meski tayang di saluran tv kabel, namun kesuksesan rating yang diraihnya dapat mengalahkan serial drama lainnya yang sedang tayang di saluran tv nasional.

    Bahkan, drama Reply 1988 berhasil memperoleh rating penayangan hingga 18,8 persen menyusul kesuksesan Reply sebelumnya. Dengan raihan rating yang tinggi, Reply 1988 berhasil menduduki posisi keempat sebagai drama televisi kabel dengan rating tertinggi.  

  3. Memberi Berkah Bagi Para Pemain

    Popularitas Reply 1988 yang tinggi juga mendatangkan berkah bagi para pemainnya. Banyak dari para pemain utama dikontrak untuk membintangi iklan komersial. 

  4. Didukung oleh Soundtrack yang Ear-Catching

    Soundtrack yang digunakan untuk drama Reply 1988 merupakan remake dari berbagai lagu-lagu K-Pop terkenal sehingga tidak heran jika lagu-lagu tersebut sangat enak didengarkan. Bahkan, banyak kritikus yang memberikan pujian terkait soundtrack Reply 1988 yang mengharukan sekaligus penuh humor. 

  5. Ada Dua Orang yang Konsisten Berperan dalam Drama

    Dari ketiga serial drama Reply, hanya ada dua orang yang konsisten berperan di dalamnya sementara pemain lainnya terus silih berganti. Aktor yang sama ini adalah Sung Dong-Il dan Lee Il-Hwa yang konsisten berperan sebagai orang tua untuk pemeran wanita utama pada drama.

    Pemilihan aktor Sung Dong-Il dan Lee Il-Hwa dinilai sangat tepat mengingat keduanya secara sukses dapat memerankan pasangan suami istri yang sudah menikah lama. Keduanya sering terlibat pertengkaran lucu, memberi pengorbanan besar satu sama lain dan saling mendukung.

 

5 Alasan Reply 1988 Menjadi Drama Terbaik Sepanjang Masa 

  1. Membawa Penontonnya Bernostalgia di era 80an

    Tim produksi drama Reply 1988 benar-benar totalitas dalam menghadirkan suasana Korea Selatan di era 80an. Oleh karena itu, drama ini selain sukses menarik atensi anak muda juga menarik bagi orang tua dengan usia di atas 40 tahunan.

    Settingnya yang kental dari mulai perumahan hingga hal-hal kecil mulai dari makanan, trend pakaian, kendaraan, teknologi dan sebagainya yang digunakan saat itu membuat suasana 80an hidup kembali. Bahkan tim produksi dikabarkan memesan properti khusus tahun 80an agar lebih maksimal.

  2. Membawa Tema Keluarga

    Meski bukan tema percintaan yang menjadi fokus utama, namun Reply 1988 tetap berhasil menjadi drama terbaik sepanjang masa. Tema keluarga sendiri memang menjadi salah satu tema yang sering diangkat dalam drama meski tetap kalah jumlahnya dari tema percintaan.

    Dikisahkan di suatu perumahan Ssangmundong, lima keluarga hidup berdampingan. Kelima keluarga ini hidup berdampingan satu sama lain dan saling tolong menolong layaknya keluarga. 

  3. Cerita Persahabatan Kelima Tokoh Sejak Kecil

    Kelima tokoh utama yang memerankan drama Reply 1988 dikabarkan telah menjadi sahabat dekat sejak kecil. Persahabatan mereka terus terjalin erat bahkan hingga dewasa. 

  4. Dibumbui Kisah Percintaan

    Meski tidak menjadi tema utama drama, namun bumbu percintaan tetap disisipkan dalam cerita. Reply 1988 tetap mengisahkan cerita cinta utama para tokohnya di masa SMA. Kisah cinta masing-masing tokoh sangat unik dan dibumbui oleh komedi.

  5. Siapa Suami Deok Sun?

    Teka-teki memang dapat membuat orang penasaran. Hal itulah yang menjadi salah satu fokus utama dalam cerita. Penonton dibuat penasaran mengenai siapa suami dari Deok Sun. Apalagi di masa remaja, Deok Sun terlibat cinta segitiga dengan dua sahabat prianya yaitu Jung Hwan dan Taek.

 

Review Drama Reply 1988

Drama Reply 1988 menceritakan lima orang sahabat yang hidup bertetangga di tahun 1988. Alur yang digunakan pada drama ini adalah maju mundur dengan fokus utama mengisahkan masa remaja mereka. Lima tokoh utama yang dikisahkan pada drama adalah:

  1. Sung Duk Seon diperankan Hyeri Girls Day
  2. Kim Jung Hwan diperankan Ryu Jun Yeol
  3. Sung Sun Woo diperankan Go Kyung Pyo
  4. Ryu Dong Ryong diperankan Lee Dong Hwi
  5. Choi Taek diperankan Park Bo Gum

Drama ini memiliki narator yang diperankan oleh Sung Soo Yeon yang dulunya memiliki nama Sung Duk Seon dengan sosok suaminya yang tidak diungkapkan ke penonton sampai episode terakhir. Drama ini mengangkat cerita keseharian yang sangat berhubungan dengan kehidupan orang-orang.

Diwarnai dengan aksi lucu dan penuh kekonyolan tokoh-tokohnya, drama ini akan membuatmu tertawa lepas. Namun, ada kalanya drama ini akan membuatmu menangis terharu dengan kisah di dalamnya. 

Dari semua keseruan yang ada, Reply 1988 benar-benar membuat penonton penasaran dengan sosok suami Sung Soo Yeon di masa depan. Nah, jika Kamu sangat menikmati tayangan drama Korea, Kamu bisa temukan berbagai drama serta tayangan seru liannya hanya di Minipack IndiKorea.

 

Langganan Minipack IndiKorea Sekarang Juga untuk Menikmati Drama Favoritmu

Kamu bisa terus mengikuti drama Korea favoritmu dengan berlangganan layanan Minipack IndiKorea dari IndiHome. Ada banyak saluran televisi yang ditayangkan di Minipack IndiKorea seperti GEM, GEM HD, One, One HD, tvN, tvN HD, tvN Movies dan tvN Movies HD. 

Berbagai tayangan menarik di atas bisa Kamu saksikan melalui layar IndiHome TV Kamu. Ratusan drama Korea dan film-film Korea yang sedang tayang dan hits bisa Kamu tonton tanpa macet di Minipack IndiKorea. Mulai berlangganan Minipack IndiKorea dengan biaya mulai dari Rp25 ribu saja per bulannya.

Korea Selatan saat ini memang menjadi salah satu kiblat perfilman dan drama dunia. Ada banyak drama menarik yang terus diproduksi Negeri Ginseng ini.