Pengertian Internet: Ketahui Sejarah, Perkembangan, dan Manfaatnya | IndiHome
4 APR 2022        BLOG

Pengertian Internet: Ketahui Sejarah, Perkembangan, dan Manfaatnya

Kehidupan manusia saat ini tidak bisa lepas dari jaringan internet. Sejatinya, internet merupakan suatu sistem jaringan elektronik yang menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain dan terorganisir melalui telepon atau satelit. Dengan adanya jaringan ini, seseorang dapat mencari berbagai informasi yang diinginkan seperti berita terbaru hingga mengakses layanan streaming.

Dilansir melalui CNBC Indonesia, pengguna internet di tanah air telah mencapai 76,8% atau sebanyak 202,35 juta masyarakat Indonesia. Angka ini membuktikan bahwa masyarakat semakin gencar menggunakan internet dalam berbagai aspek kehidupan. Lantas, apa sebenarnya pengertian internet serta perkembangan dan dampaknya bagi masyarakat?


Pengertian Internet

Secara harfiah, pengertian internet dapat dikatakan sebagai kumpulan komputer di seluruh dunia yang terhubung satu sama lain ke dalam sebuah jaringan. Internet juga dapat dimaknai sebagai perpustakaan besar yang memuat berbagai informasi dunia. Sedangkan menurut para ahli di bidang informasi teknologi, memaparkan bahwa internet merupakan suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang dapat memberikan pelayanan berupa informasi dalam bentuk sajian lengkap. Internet pun dianggap memberikan berbagai manfaat dalam urusan politik, bisnis, maupun hiburan.  


Sejarah dan Perkembangan Internet

Internet pertama kali dibuat oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada tahun 1969. Pada saat itu, internet masih berupa sebuah jaringan komputer yang kemudian diberi nama ARPANET. Istilah inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya jaringan internet yang populer hingga saat ini. Lalu, pada tahun 1980-an, internet mulai dipakai oleh kalangan terbatas dengan tujuan untuk  menghubungkan berbagai kampus atau universitas populer di Amerika Serikat.

Seiring berjalannya waktu, jaringan internet semakin berkembang pesat terlebih setelah diluncurkannya standar protokol TCP/IP. Sejak itu, Amerika Serikat membentuk suatu badan riset yang dikenal sebagai pengganti peran ARPANET, yaitu National Science Foundation Network (NSFNET). Terbentuk di tahun 1986, NSFNET menghubungkan sejumlah jaringan yang tersebar di beberapa negara.  

Tahun 1993, setiap sistem komputer yang terhubung ke internet harus memiliki alamat IP atau nama domain berupa simbol numerik atau format tertentu sebagai tanda pengenal. Berawal dari pengaturan inilah, layanan pendaftaran nama domain bernama InterNIC didirikan.

Beralih ke zaman digitalisasi seperti sekarang ini, jaringan internet tak hentinya mengalami kemajuan. Tidak hanya dapat menghubungkan komputer saja, jaringan internet bisa diakses melalui berbagai macam device berteknologi kekinian. Melalui internet pula lah kita dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa terhalang jarak dan waktu.


Manfaat dan Fungsi Internet

Terdapat beragam fungsi dan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari. Namun, umumnya pengguna menggunakan internet untuk kepentingan berikut ini:

 

  • Sumber Informasi, Edukasi, dan Budaya
    Seperti yang kita tahu bahwa internet telah menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan masyarakat. Pasalnya, internet mampu menghubungkan sejumlah perangkat di dunia yang mendukung terjadinya pertukaran data dan juga informasi. Semua orang dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi tersebut dengan memasukkan kata kunci di mesin pencarian. Sebagai contoh, “pilihan paket internet cepat IndiHome”. Lalu, Anda akan disuguhkan berbagai informasi yang dibutuhkan berdasarkan kata kunci tersebut.

    Internet juga dapat menjadi celah untuk memperoleh informasi yang memiliki nilai edukasi serta budaya. Bahkan, melalui internet, Anda bisa mendapatkan buku pelajaran digital, riset atau jurnal ilmiah, hingga informasi lengkap terkait budaya dari berbagai negara di dunia. Intinya, Anda tidak akan kesulitan lagi mencari banyak referensi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan Anda.
  • Media Hiburan
    Internet juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan konten hiburan. Jaringan canggih ini telah menyediakan berbagai macam bentuk file, seperti tulisan, foto, video, audio, hingga game online untuk diunggah atau diunduh di berbagai platform hiburan digital yang tersedia. 
  • Sarana Pendukung Kegiatan Ekonomi
    Saat ini aktivitas ekonomi tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Dengan kehadiran internet, siapapun dapat melakukan kegiatan ekonomi secara digital. Malah, untuk mendukung aktivitas ekonomi tersebut, sudah hadir aplikasi e-commerce yang tidak hanya memudahkan penjual tapi juga pembeli dalam bertransaksi.  Tidak hanya itu, berkat kehadiran internet, para content creator atau influencer dapat meraup keuntungan yang menjanjikan.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat internet bagi kehidupan sehari-hari. Lalu, apa saja dampak yang diberikan internet pada para penggunanya? Apakah internet memberikan dampak positif atau malah negatif?


Dampak Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Menurut data dari internetworldstats, di tahun 2021 Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak ketiga di Asia. Peringkat tersebut membuktikan bahwa internet sudah jadi bagian yang penting bagi masyarakat Indonesia. Terbukti dengan hadirnya penyedia layanan internet seperti IndiHome guna memenuhi kebutuhan digital masyarakat di tanah air, baik untuk bekerja, belajar, hingga menikmati berbagai konten hiburan di seluruh dunia.

Kehadiran internet memang memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan. Dampak tersebut di antaranya:

  • Memudahkan dalam berkomunikasi dan mencari informasi
  • Transaksi bisnis dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun
  • Tidak ada halangan jarak dan waktu untuk berkomunikasi
  • Memudahkan pekerja untuk bekerja secara jarak jauh
  • Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan umum, termasuk layanan pemerintah
  • Banyak konten hiburan yang bisa diakses melalui berbagai platform digital
  • Dapat mengenal budaya baru tanpa harus repot pergi ke tempat budaya tersebut berasal
  • Mendapatkan informasi terkini secara real time
  • Membuka kesempatan untuk menghasilkan karya, baik berupa tulisan, foto, video, dan sebagainya

Kehadiran internet memang dapat memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun, pastikan Anda menggunakan teknologi canggih ini dengan bijak agar dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan Anda.