Mengenal Logam Nikel dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari | IndiHome
18 FEB 2021        BLOG

Mengenal Logam Nikel dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Unsur logam di alam bebas merupakan komoditas berharga yang penting untuk menunjang kehidupan manusia. Itulah sebabnya kemajuan teknologi terus dimanfaatkan untuk modifikasi logam sehingga bisa menghasilkan produk-produk berkualitas. Salah satu unsur logam yang erat kaitannya dengan kebutuhan masyarakat modern adalah nikel.

Apa Itu Nikel?

Nikel merupakan mineral tambang yang keras tetapi bisa dibentuk. Mineral ini pertama kali ditemukan oleh Cronstedt pada tahun 1971 dan diberi nama kupfernickel (nikolit). Awalnya, nikel dianggap sebagai logam pengotor pada tembaga. Namun, kemajuan teknologi membuat para peneliti berhasil mengungkap manfaat nikel sebagai logam berharga.

Dalam kondisi murni, logam dengan lambang kimia Ni ini bertekstur lembek. Sifat fisiknya tahan karat dan dapat bertahan dari paparan suhu ekstrim. Meskipun teksturnya lembek, nikel yang dipadukan dengan besi dan krom akan menghasilkan baja tahan karat (stainless steel) yang kuat tetapi ringan.

Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari

Beberapa manfaat nikel yang erat kaitannya dengan kebutuhan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Bahan Dasar Stainless Steel untuk Peralatan Dapur

Campuran nikel, besi, dan krom yang menghasilkan stainless steel (baja tahan karat) hingga saat ini dimanfaatkan untuk membuat peralatan dapur, contohnya sendok garpu, panci, wajan, dan lainnya. Ketiga bahan tersebut menghasilkan karakter logam yang kuat, mampu menjadi penghantar listrik, serta tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara. Itulah sebabnya peralatan dapur berbahan stainless steel tergolong awet, tak mudah berkarat, dan mampu menghantarkan panas dengan baik.


Material Pembuatan Koin

Sifat nikel yang liat tetapi mudah dibentuk dan anti karat juga dimanfaatkan sebagai material pembuatan uang koin. Jika dibandingkan dengan aluminium, nikel memiliki tekstur yang lebih padat dan bobot lebih berat. Bank Indonesia (BI) pertama kali memperkenalkan uang logam pecahan Rp1.000 berbahan dasar nikel pada tahun 2010.


Pembuatan Rangka Otomotif

Kandungan nikel dalam besi baja membuat kekuatan dan daya tahannya lebih baik daripada besi baja yang terbuat dari campuran aluminium. Kelebihan tersebut membuat nikel juga dimanfaatkan untuk pembuatan rangka otomotif untuk menghasilkan rangka yang awet karena tidak gampang rusak. Nikel juga membuat rangka otomotif tampak lebih mengkilap sehingga terkesan mewah. Beberapa komponen kendaraan yang terbuat dari nikel antara lain velg, bumper, dan knalpot. Di samping itu, nikel juga dimanfaatkan untuk material bahan bangunan dan rel kereta api.


Bahan Utama Baterai Isi Ulang

Manfaat nikel yang juga tak kalah penting adalah sebagai bahan utama pembuatan baterai. Berbeda dengan baterai sekali pakai, baterai yang terbuat dari nikel merupakan baterai sekunder yang bisa diisi ulang. Dua jenis baterai berbahan nikel yang populer dan paling banyak digunakan adalah Lithium-ion (Li-ion) Nickel-Cadmium (Ni-Cd) dan Nikel Metal Hidrida (NiMH). Jenis baterai berbahan dasar nikel kerap dimanfaatkan sebagai sumber energi peralatan elektronik, termasuk smartphone


Material Pembuatan Kawat

Karakter nikel yang anti karat dan mampu menghantarkan panas dengan baik juga dimanfaatkan sebagai material kawat, terutama untuk penggunaan di laboratorium dan turbin pesawat. 


Bahan Pelapis Anti Karat

Logam apapun yang dilapisi unsur nikel tak akan cepat rusak karena sifatnya yang anti karat. Keunggulan tersebut membuat nikel sering digunakan untuk lapisan terluar senjata dan kaleng untuk kemasan makanan. Nikel juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung jaringan internet di tanah air. IndiHome termasuk provider internet yang mengandalkan nikel untuk menjaga kualitas infrastrukturnya, terutama bagian kawat fiber optik. Lapisan nikel pada infrastruktur IndiHome membuatnya lebih tahan lama dan efektif mendukung kecepatan koneksi internet.

Kalau Anda ingin memaksimalkan kecepatan koneksi internet, Anda bisa memilih add-on Upgrade Speed dari IndiHome. Kebutuhan internet Anda terpenuhi dengan berlangganan Upgrade Speed mulai dari 20 Mbps hingga 50 Mbps.

Syarat dan Ketentuan Berlangganan:

  1. Pelanggan wajib memiliki akun pada aplikasi myIndiHome yang sudah didaftarkan dengan nomor IndiHome.
  2. Upgrade Speed merupakan layanan untuk meningkatkan kecepatan internet Anda secara permanen sesuai kebutuhan.
  3. Paket yang ditawarkan bervariasi mulai dari kecepatan 20 Mbps hingga 50 Mbps.

Benefit yang Bisa Didapatkan dengan Aktivasi Upgrade Speed dari IndiHome:

  • Kemudahan tambah kecepatan internet sesuai kebutuhan secara permanen.
  • Kecepatan internet bertambah sesuai dengan yang diinginkan.
  • Layanan Upgrade Speed bisa langsung aktif dengan biaya yang akan ditagihkan setiap bulan.

Cara Berlangganan Add-on Upgrade Speed Melalui Website IndiHome:

  1. Silakan log in dengan akun myIndiHome Anda dengan cara klik Berlangganan.
  2. Masukkan email atau nomor handphone yang terdaftar pada akun myIndiHome Anda. Kemudian, klik Login.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone Anda.
  4. Masukkan password yang terdaftar pada email yang Anda gunakan pada akun myIndiHome, klik Login.
  5. Pada halaman Upgrade Speed, pilih kecepatan internet yang Anda inginkan.
  6. Pada kolom di sebelah kanan, pilih nomor layanan IndiHome Anda. Lalu, cek rincian tagihan Anda. Kemudian, ceklis konfirmasi Syarat & Ketentuan, klik Lanjutkan.
  7. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone Anda.
  8. Upgrade Speed berhasil diaktifkan.

Cara Berlangganan Add-on Upgrade Speed Melalui Aplikasi myIndiHome:

  1. Log in aplikasi myIndiHome Anda. Pada tombol navigasi di halaman beranda, klik ikon Beli. Kemudian, pilih Add-on.
  2. Pada menu add-on, pilih Upgrade Speed.
  3. Pada halaman Upgrade Speed, pilih nomor IndiHome Anda. Kemudian, pilih kecepatan internet yang Anda inginkan, klik Berlangganan.
  4. Cek total tagihan Anda pada halaman Checkout. Kemudian, ceklis konfirmasi Syarat & Ketentuan. Lalu, klik Berlangganan.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone Anda.
  6. Upgrade Speed berhasil diaktifkan.

 


Komoditas Nikel di Alam Indonesia

Berdasarkan data US Geological Survey yang dipublikasikan Vale Indonesia, Indonesia memiliki 4 juta metrik ton cadangan nikel atau setara dengan 5% cadangan nikel dunia. Sebagian besar cadangan nikel tersebut berada di Pulau Sulawesi. Kekayaan alam berupa nikel membuat Indonesia berhasil menguasai lebih dari 20% total ekspor nikel dunia sekaligus menjadi eksportir nikel terbesar kedua untuk industri baja negara-negara Uni Eropa. Lima kawasan tambang dan smelter nikel terbesar di tanah air, yaitu:

  • Morowali, Sulawesi Tengah.
  • Halmahera Timur, Maluku Utara (tepatnya di Maba, Maba Tengah, Buli, dan Wasilei).
  • Kolaka, Sulawesi Tenggara. 
  • Pulau Gag, Papua Barat.
  • Pulau Obi, Maluku Utara.

Cadangan nikel Indonesia yang melimpah juga turut mendukung realisasi iklim bisnis yang kondusif. Sejumlah investor yang berniat mengembangkan mobil listrik melirik Indonesia sebagai tempat berinvestasi karena dianggap memiliki cadangan nikel memadai untuk bahan dasar baterainya. Kandungan nikel yang besar dalam baterai mobil listrik dapat meningkatkan kepadatan baterainya sehingga jarak tempuh mobil jadi lebih jauh. 

Semoga pemanfaatan nikel semakin beraneka ragam di masa mendatang sehingga mendukung kemudahan aktivitas masyarakat modern. Pengolahan dan pemanfaatan nikel dari logam mentah menjadi suatu produk bernilai tinggi merupakan hal yang sebaiknya dimaksimalkan di masa yang akan datang.