Mengenal Fungsi Modem Wi-Fi Beserta Keunggulannya | IndiHome
14 JUL 2022        BLOG

Mengenal Fungsi Modem Wi-Fi Beserta Keunggulannya

Bagi Anda yang suka berpergian, pasti sudah tidak asing lagi dengan Modem Wi-Fi atau Mi-Fi. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Seperti yang diketahui, Wi-Fi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang memiliki arti sebagai jaringan nirkabel yang dapat memancarkan sambungan internet. Sementara itu, modem yang merupakan singkatan dari Modulator Demodulator adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah 2 sinyal berbeda yaitu dari sinyal digital menjadi sinyal analog.

Kemudian, kedua istilah tersebut jika digabung akan memiliki pengertian sebuah perangkat keras yang memancarkan sambungan internet tanpa menggunakan kabel. Karena fiturnya yang portable, modem Wi-Fi bisa Anda bawa kemana saja.


Fungsi Modem Wi-Fi

Sebenarnya, fungsi modem Wi-Fi beragam  sesuai kebutuhan penggunanya. Fungsi utama modem sendiri adalah sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Proses perubahan yang dilakukan disebut modulasi.

Fungsi modem Wi-Fi selanjutnya adalah untuk memeriksa status paket data dari provider operator seluler berupa sisa kuota internet yang Anda gunakan. Selain itu, fungsi modem Wi-Fi lainnya adalah bisa mengubah nama koneksi Wi-Fi sesuai keinginan Anda sehingga ketika pengaturan Wi-Fi pada smartphone diaktifkan, akan muncul nama Wi-Fi yang Anda buat beserta kata sandi yang sudah Anda atur melalui modem.
 

Keunggulan Modem Wi-Fi

Setelah mengetahui fungsinya, yuk kita bahas keunggulan modem Wi-Fi yang bisa mempermudah kehidupan kita sehari-hari, lho. 

  1. Bentuknya Simpel 
    Bentuknya yang simpel membuat modem Wi-Fi sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana. Perangkat ini umumnya memiliki bentuk yang mungil sehingga sangat mudah untuk dibawa saat travelling. Ukuran perangkat modem Wi-Fi bahkan lebih kecil dibandingkan ukuran mouse komputer, sehingga dapat dimasukkan ke dalam kantong. 
  1. Mencakup Sinyal Secara Luas
    Cakupan sinyal yang dipancarkan oleh modem Wi-Fi lebih luas. Umumnya, jarak jangkauan modem Wi-Fi berkisar 30 meter, sehingga gadget seperti smartphone dan laptop yang terhubung dengan modem Wi-Fi akan menerima cakupan sinyal lebih mudah dan banyak.
  1. Tidak Butuh Listrik
    Sumber energi yang digunakan oleh modem Wi-Fi berupa baterai yang ditanam di dalam perangkat. Jadi, Anda hanya perlu mengisi daya modem Wi-Fi seperti mengisi baterai smartphone.
  1. Menghemat Baterai Smartphone
    Kelebihan modem Wi-Fi lainnya ialah akan lebih menghemat penggunaan baterai smartphone dibanding Anda menggunakan koneksi dari smartphone. Hal ini dikarenakan smartphone membutuhkan daya lebih besar untuk mencari sinyal internet jika menggunakan paket data di dalam smartphone. Terlebih lagi jika Anda terbiasa menggunakan smartphone untuk tethering, baterai akan sangat cepat terkuras karena harus memancarkan jaringan internet ke perangkat lain. Oleh karena itu, memilih modem Wi-Fi adalah keputusan yang tepat untuk menghemat baterai smartphone


Cari Referensi Modem Wi-Fi Terbaik untuk Memudahkan Aktivitas Anda

Tertarik untuk membeli modem Wi-Fi setelah mengetahui fungsi dan keunggulannya di atas? Sebelum membelinya, pastikan Anda browsing terlebih dahulu mengenai referensi berbagai modem Wi-Fi terbaik agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Agar kegiatan mencari referensi modem Wi-Fi di internet dapat berjalan dengan mudah, tentunya Anda membutuhkan jaringan internet cepat. Tenang, Anda bisa berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) yang menghadirkan kecepatan internet hingga 300 Mbps.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dengan tiga pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp150.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 115 channel TV, bonus tambahan berupa  61 channel TV selama 3 bulan dan bebas akses Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps hingga 300 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp150.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 115 channel TV dan ekstra bonus berupa 61 channel TV selama 3 bulan serta bebas akses Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.
  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal 50 menit, cashback LinkAja Rp150.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. 

Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga dan dapatkan semua benefit-nya!