Kenali 6 Jenis Cokelat untuk Diberikan Kepada Orang Tersayang di Hari Valentine | IndiHome
8 FEB 2022        BLOG

Kenali 6 Jenis Cokelat untuk Diberikan Kepada Orang Tersayang di Hari Valentine

Tepat di tanggal 14 Februari, masyarakat dunia merayakan hari kasih sayang atau yang biasa disebut dengan Hari Valentine. Di hari tersebut juga ada sebuah tradisi dimana seseorang memberikan kado atau hadiah pada orang terkasih sebagai ungkapan rasa sayang. Biasanya, kado yang paling populer diberikan di hari tersebut adalah cokelat.

Cokelat sering dikaitkan dengan perayaan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Tidak hanya untuk pasangan saja, cokelat juga diberikan untuk keluarga dan orang terdekat lainnya. Sebagian orang bahkan memberikan cokelat untuk mengungkapkan perasaan pada orang yang disukai. Sebenarnya, dari mana sih tradisi memberikan cokelat saat Valentine berasal? Lalu apa saja jenis cokelat yang diberikan di hari itu dan apakah ada makna yang terkandung di dalamnya?

Tradisi Memberikan Cokelat Saat Hari Valentine

Pada tahun 1600-an, cokelat mulai masuk ke tanah Eropa dan menjadi kudapan yang hanya bisa dinikmati oleh anggota kerajaan. Di tahun itu pula, cokelat telah menyandang predikat sebagai simbol cinta. Sebagai contoh, Madame du Barry, istri dari Raja Louis IV, memberikan minuman cokelat pada sang raja sebagai stimulan. Sejak saat itu, cokelat pun dianggap sebagai simbol cinta.

Sementara itu, kaitan Hari Valentine dengan cokelat terjadi karena sebuah kebetulan. Popularitas cokelat yang semakin meningkat bersamaan dengan ditetapkannya Hari Kasih Sayang sebagai hari libur pada tahun 1837 oleh Ratu Victoria. Di era Victoria juga terdapat buku-buku etiket yang memperingatkan para  wanita untuk tidak menerima cokelat dari orang yang bukan tunangan mereka. Hingga di era modern seperti sekarang ini keterlibatan cokelat di Hari Kasih Sayang semakin mendarah daging.

Jenis dan Makna Cokelat untuk Diberikan di Hari Valentine

Tahukah Anda bahwa cokelat sebenarnya memiliki karakteristik yang khas? Bahkan karakter tersebut bisa Anda sesuaikan dengan karakteristik pasangan, khususnya jika Anda hendak memberikan cokelat padanya di Hari Kasih Sayang nanti. Lantas jenis cokelat seperti apa sih yang cocok diberikan pada pasangan Anda?

 

  • Unsweetened Chocolate
    Sesuai dengan namanya, cokelat jenis ini tidak mengandung gula dengan komposisi kakao lebih dari 75%. Unsweetened chocolate memiliki rasa pahit dan asam yang tajam sehingga cocok diberikan pada pasangan Anda yang tidak menyukai hidangan manis. Terlepas dari cita rasanya, jenis cokelat ini memiliki daya tarik tersendiri dan cocok dijadikan sebagai kado istimewa di Hari Valentine untuk orang terkasih.

 

  • Milk Chocolate
    Jenis cokelat yang satu ini sangat mudah ditemukan. Bahkan, rasanya yang creamy dan teksturnya yang lembut disukai oleh banyak orang. Milk chocolate mengandung 30% kakao, 12% susu, dan 10% cokelat cair. Selain itu, milk chocolate memiliki makna kelembutan dan manis. Seseorang yang memiliki karakter serupa dengan jenis cokelat ini tentunya akan senang mendapatkannya sebagai kado di Hari Valentine.

 

  • Couverture Chocolate
    Cokelat couverture merupakan jenis cokelat yang jarang diketahui banyak orang. Komposisinya terdiri dari 39% lemak cokelat serta 26% gula, vanili, dan lesitin. Biasanya cokelat couverture digunakan sebagai pelapis kue atau permen. Cokelat ini pun memiliki makna tersendiri, yaitu keunikan dan tantangan sehingga cocok diberikan pada pasangan Anda yang menyukai hal-hal baru, unik, dan menantang.

 

  • Dark Chocolate
    Satu lagi jenis cokelat yang pas di lidah pasangan Anda yang tidak terlalu menyukai hidangan manis. Dark chocolate biasanya memiliki kadar kokoa yang tinggi, yakni dari 75% hingga 90%. Itulah mengapa cokelat ini memiliki dominan rasa pahit dan asam. Dark chocolate juga cocok dijadikan kado istimewa di Hari Valentine yang dapat mewakili lika-liku perjalanan cinta Anda dan pasangan.  

 

  • Semi-sweet Chocolate
    Pasangan penyuka kudapan manis akan menikmati cokelat ini sebagai kado di Hari Valentine. Semi-sweet chocolate mengandung 40% gula dan 60% kokoa. Selain manis, jenis cokelat ini juga memiliki rasa sedikit pahit namun tetap familiar di lidah. Untuk maknanya sendiri, semi-sweet chocolate melambangkan kepedulian dan kepekaan.  

 

  • White Chocolate
    Pasangan Anda memiliki sifat yang manja namun tetap terlihat manis? Pilihan jenis cokelat yang tepat untuk diberikan padanya yaitu white chocolate. Cokelat ini terbuat dari 20% kokoa butter yang dicampur dengan susu, gula, dan krim. Komposisi tersebut tidak hanya mengubah warnanya menjadi putih, tapi juga menambah cita rasa manis, creamy, dan lembut. White chocolate sendiri memiliki simbol perhatian dan kasih sayang.

Temukan Ragam Informasi Seputar Cokelat untuk Hari Kasih Sayang dengan Dukungan Internet dari IndiHome

Jenis cokelat di atas memiliki makna yang bisa Anda sesuaikan dengan karakteristik pasangan Anda, terlebih jika Anda ingin memberikannya sebagai kado istimewa di Hari Valentine. Tentunya kado cokelat akan semakin istimewa jika Anda mengolahnya menjadi kudapan menggugah selera. Ada banyak kreasi kudapan berbahan dasar cokelat yang bisa Anda coba. Dengan bantuan koneksi internet stabil serta acara TV bertema kuliner, Anda bisa menghasilkan hidangan cokelat istimewa untuk orang terkasih.

Untungnya, Anda bisa mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan tentang dunia kuliner dengan browsing hingga menyaksikan acara TV seputar masak-memasak. Browsing resep kudapan cokelat istimewa untuk pasangan tidak akan terhambat lagi dengan Promo Melalui Platform Digital IndiHome yang menghadirkan jaringan internet stabil hingga 300 Mbps. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bonus ratusan channel televisi berkualitas dalam berbagai kategori, termasuk kuliner.

Promo Melalui Platform Digital IndiHome hadir dalam tiga pilihan, yaitu Paket 3P (Internet+TV+Phone), 2P (Internet+Phone) dan 2P (Internet+TV) dengan beragam kecepatan internet dan bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 hingga bonus tambahan berupa 53 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan serta bonus hiburan lainnya.

Semuanya bisa Anda dapatkan dengan berlangganan IndiHome melalui website indihome.co.id, aplikasi myIndiHome, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Kios myIndiHome, atau Sobat IndiHome. Yuk, dapatkan berbagai inspirasi dan informasi seputar kuliner dengan berlangganan IndiHome!