Jenis-Jenis Olahraga yang Ringan dan Efektif Dilakukan Saat Berpuasa | IndiHome
22 APR 2021        BLOG

Jenis-Jenis Olahraga yang Ringan dan Efektif Dilakukan Saat Berpuasa

Banyak orang yang mengira bahwa tubuh tidak mungkin beraktivitas berat seperti olahraga ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Padahal, ada beberapa jenis olahraga yang tetap bisa dijalankan ketika berpuasa. Ada banyak keuntungan melakukan olahraga saat puasa selama olahraga yang dipilih tepat.

Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan dan juga nutrisi selama seharian. Sehingga, jenis olahraga yang bisa dipilih saat puasa terbatas. Anda sebaiknya pilih olahraga ringan namun tetap memaksimalkan otot pada tubuh untuk bergerak aktif. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa.

Rekomendasi Empat Jenis Olahraga Saat Puasa yang Ringan dan Efektif

  1. Jalan Santai
    Jenis olahraga satu ini tentu sudah sangat lumrah diketahui oleh banyak orang. Jalan santai ketika berpuasa bisa menjadi pilihan untuk dilakukan agar badan tetap bugar dan sehat. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berjalan santai.

    Jalan santai merupakan jenis olahraga yang baik dilakukan oleh mereka yang menderita asma. Ini karena jalan santai akan membantu menurunkan risiko timbulnya asma dengan melatih jantung secara rutin. Selain itu, jalan santai juga dapat menurunkan tingkat stres dengan memproduksi hormon endorfin.

    Lakukan jalan santai selama 15 hingga 30 menit saja setiap harinya. Sebaiknya lakukan jalan santai di sore hari menjelang berbuka puasa. Tujuannya adalah agar tubuh segera memperoleh asupan nutrisi dan cairan setelah berjalan santai.

    Namun, jika pada sore hari Anda tidak sempat jalan santai, Anda bisa jalan santai di pagi hari setelah selesai salat Subuh.


  2. Bersepeda
    Anda punya sepeda? Jika Anda punya sepeda, Anda bisa memvariasikan jenis olahraga yang dilakukan selama puasa dengan bersepeda, selain jalan santai ataupun olahraga lainnya. Bersepeda memiliki kelebihan dibanding dengan olahraga yang lain karena tidak terlalu berat untuk dilakukan.

    Selain itu, bersepeda santai akan membuat pikiran lebih merasa rileks dan menghilangkan ketegangan yang ada di otot. Tubuh juga dapat terhindar dari rasa lemas setelah seharian berpuasa dengan bersepeda.

    Manfaat lain yang diperoleh dengan bersepeda adalah membantu melancarkan aliran oksigen untuk masuk ke dalam tubuh. Bersepeda bisa dilakukan selama 30 menit setiap hari agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

    Jika Anda malas berkeliling kompleks dengan bersepeda, Anda bisa menggunakan sepeda statis di rumah.


  3. Treadmill Ringan atau Joging
    Joging adalah salah satu jenis olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Dengan terjaganya kesehatan organ jantung, maka risiko penyakit jantung pun dapat diturunkan, mencegah serangan stroke, serangan jantung, dan juga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

    Dibandingkan jalan santai, joging bisa menjadi pilihan olahraga yang lebih bertenaga dilakukan selama berpuasa. Lakukan joging secara rutin selama 10 hingga 20 menit setiap hari. Jika tidak mampu dilakukan setiap hari, Anda dapat joging sebanyak tiga kali saja dalam seminggu.

    Apabila Anda malas melakukan joging di ruang terbuka, Anda dapat mengganti joging dengan treadmill ringan di rumah. Lakukan olahraga setelah salat Subuh atau beberapa menit menjelang berbuka puasa.

    Apabila sudah merasa lelah jangan memaksakan diri karena dikhawatirkan justru akan membuat Anda kehilangan tenaga atau bahkan hilang kesadaran. 

  1. Naik Turun Tangga
    Siapa sangka kalau olahraga naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga ringan dan efektif dilakukan selama berpuasa. Olahraga naik turun tangga dapat membantu membakar sejumlah besar kalori dalam tubuh. Bahkan sebanyak 178 kalori dapat terbakar dengan naik turun tangga selama 10 menit.

    Apabila Anda merupakan pekerja kantoran yang harus menggunakan lift untuk naik ke lantai atas, Anda dapat menggantinya dengan menaiki tangga saja. Lakukan naik turun tangga terutama di pagi hari saat berangkat kerja dan juga saat pulang kerja untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

Dapatkan Ide Olahraga Selama Puasa Terbaik Lewat Minipack Combo Sport dari IndiHome

Untuk membantu Anda menyusun rencana olahraga saat puasa, IndiHome menyajikan layanan terbaru Minipack Combo Sport untuk keluarga di Indonesia. Dengan berlangganan layanan Minipack Combo Sport, Anda berkesempatan melihat berbagai saluran olahraga populer.

Saluran olahraga tersebut tidak hanya menayangkan hasil pertandingan olahraga populer dan fenomenal di dunia, namun juga berbagai hal terkait dunia olahraga. Melalui saluran-saluran tersebut, Anda dapat memperoleh inspirasi berbagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan dari rumah selama berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa saluran televisi olahraga yang bisa disaksikan jika berlangganan Minipack Combo Sport:

  1. BeIN Sports 1 dan BeIN Sports 1 HD
    Berbagai siaran pertandingan sepak bola kelas dunia seperti Serie A, A-League, La Liga, MLS, Ligue 1 dapat disaksikan melalui saluran televisi BeIN Sports 1 dan BeIN Sports 1 HD. Khusus BeIN Sports 1 HD, seluruh tayangan pertandingan sepak bola disiarkan dengan kualitas HD yang tajam. 

  2. BeIN Sports 2 dan BeIN Sports 2 HD
    Selain BeIN Sports 1, Minipack Combo Sport juga menghadirkan saluran televisi BeIN Sports 2 dan BeIN Sports 2 HD. Pertandingan kelas dunia seperti La Liga, Ligue 1, A-League, Serie A, dan MLS dapat disaksikan melalui saluran BeIN Sports 2 dan BeIN Sports 2 HD.

  3. Champions TV 1 dan Champions TV 1 HD
    Saluran televisi Champions TV adalah saluran khusus penyiaran olahraga full selama 24 jam. Di saluran ini, Anda dapat menyaksikan pertandingan olahraga dari berbagai kompetisi profesional di setiap musim. Champions TV menayangkan pertandingan olahraga tingkat nasional hingga ke Eropa, yaitu UEFA Champions League (UCL) dan UEFA Europa League (UEL).

  4. Champions TV 2 dan Champions TV 2 HD
    Sama seperti Champions TV 1, saluran televisi Champions TV 2 juga menayangkan berbagai pertandingan olahraga dari berbagai ajang kompetisi profesional, seperti UEFA Champions League (UCL) dan UEFA Europa League (UEL).

  5. NBA TV dan NBA TV HD
    Jika Anda merupakan penggila olahraga basket dan hal-hal yang berkaitan dengan kompetisi basket dunia, maka Anda bisa berselancar di saluran NBA TV. Saluran NBA TV adalah saluran olahraga yang menayangkan berbagai kompetisi bola basket dunia. 

  6. Usee Sports dan Usee Sports HD
    Anda bebas untuk mengakses Usee Sports apabila berlangganan Minipack Combo Sports. Usee Sports turut menyiarkan berbagai kompetisi olahraga profesional di Indonesia dan tingkat dunia. Kompetisi Liga 1 Shopee, IBL, Sport Story, BWF, dan sebagainya bisa diakses di sini.

  7. Usee Sports 2 dan Usee Sports 2 HD
    Sama seperti Usee Sports 1, Usee Sports 2 menayangkan berbagai kompetisi pertandingan olahraga baik tingkat nasional maupun internasional. Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas di atas, Anda hanya perlu berlangganan Minipack Combo Sport IndiHome dengan biaya Rp60.000 per bulan. 

Puasa bukan halangan untuk tetap bergerak aktif dan produktif. Kuncinya adalah pilih jenis olahraga ringan yang aman dimainkan selama berpuasa. Dapatkan inspirasi berbagai olahraga ringan dan efektif yang bisa dilakukan selama puasa dengan berlangganan Minipack Combo Sport dari IndiHome.