Jangan Salah, Ini Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Beserta Contohnya! | IndiHome
16 NOV 2022        BLOG

Jangan Salah, Ini Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Beserta Contohnya!

Surat menyurat merupakan aktivitas yang sering dilakukan, baik secara digital maupun konvensional. Tetapi, menulis surat untuk kepentingan resmi tidak boleh sembarangan. Ada aturan baku yang perlu diperhatikan, salah satunya cara penulisan alamat surat yang benar.

Dalam surat resmi, biasanya terdapat kepala surat, kop surat, nomor surat, lampiran, dan sebagainya. Hal tersebut perlu dicermati karena dapat memengaruhi legalitas surat itu sendiri. Apalagi bila surat tersebut mewakili sebuah instansi, jangan sampai Kamu melanggar standar penulisan surat yang benar.


Apa Saja Jenis-Jenis Surat?

Sebelum membahas cara penulisan alamat surat yang benar, ada baiknya Kamu mengetahui lebih dulu jenis-jenis surat. Berikut ini penjelasannya yang terbagi berdasarkan peruntukannya:

  • Surat pribadi, yaitu berkaitan dengan kepentingan pribadi sehingga tidak perlu berpatokan pada aturan penulisan surat baku
  • Surat dinas, yaitu dibuat dan dikeluarkan oleh lembaga atau instansi pemerintah untuk keperluan dinas
  • Surat niaga, yaitu dibuat oleh perorangan atau perusahaan dengan tujuan perdagangan atau bisnis
  • Surat resmi, yaitu digunakan untuk keperluan resmi, biasanya dibuat oleh perseorangan, organisasi, lembaga, atau instansi

Berbicara tentang surat resmi, tata cara penulisan perlu diperhatikan dengan teliti. Beberapa hal penting untuk diterapkan adalah penulisan nama penerima surat dan cara penulisan alamat surat yang benar.


Penulisan Nama Penerima Surat

Nama penerima merupakan hal pertama yang akan Kamu tulis dalam sebuah surat. Cara penulisan nama penerima yang benar dalam surat resmi adalah:

  • Awali dengan kata “Yth.” atau “Yang terhormat” tanpa tanda titik
  • Sebelum mencantumkan nama lengkap penerima surat, cantumkan dulu kata sapa seperti Ibu, Bapak, atau Saudara tergantung dari siapa penerimanya. Kata sapa bisa disingkat dengan Bpk. atau Sdr.
  • Bila penerima surat memiliki gelar akademik atau pangkat di depannya seperti Dr., dr., Ir., dan sebagainya, tidak perlu dicantumkan kata sapa pengganti
  • Apabila surat ditujukan untuk suatu instansi tanpa ada nama penerima surat spesifik, cukup tulis “Pimpinan”, “Kepala”, atau nama tujuan yang umum lainnya


Cara Penulisan Alamat Surat

Setelah penulisan nama, Kamu perlu mencantumkan alamat surat penerima. Tentunya alamat itu sangat penting karena akan mengantarkan surat pada pihak yang dituju. Cara penulisan alamat surat yang benar adalah:

  • Tulis alamat di sisi kiri surat di antara jarak antara halaman surat dan salam pembuka. Penulisan sebelah kiri lebih disarankan ketimbang sisi kanan untuk menghindari pemenggalan penulisan, khususnya bila alamat surat lebih panjang
  • Jangan menggunakan kata “Kepada” atau “Dari” sebab kata tersebut berfungsi sebagai penghubung intra kalimat untuk menunjukkan arah atau asal
  • Jangan singkat penulisan kata “Jalan” menjadi “Jln”. Pastikan penulisan alamat surat sudah lengkap dan tepat, mulai dari nomor rumah, kode pos, nama kota, dan provinsi. Tidak perlu menggunakan tanda baca apa pun termasuk garis bawah.
  • Untuk beberapa kasus biasanya terdapat singkatan “u.p.” pada alamat surat. Itu merupakan singkatan dari “untuk perhatian” yang digunakan di bagian depan nama instansi. Fungsinya sebagai penanda bahwa surat tersebut perlu diselesaikan oleh pejabat yang tercantum tanpa perlu kebijakan langsung dari pimpinan lembaga atau instansi.

Contoh Penulisan Alamat Surat

Dikutip dari Finansialku.com, berikut beberapa contoh cara penulisan alamat surat yang benar:

  1. Kepala Departemen Pemasaran

    PT Karya Renovasi Gemilang

    Jalan Jendral Sudirman 109

    Jakarta Selatan 12190

  2. Ir. Sony Mochtar, M. Si.

    Direktur PT Sumber Sentosa

    Jalan Ahmad Yani No. 73

    Surabaya 60234
     

Pelajari Cara Penulisan Surat yang Benar dengan Berlangganan Promo Paket IndiHome

Berbeda dengan surat pribadi, surat resmi perlu ditulis dengan benar agar legalitasnya semakin kuat. Nah, jika Kamu berkecimpung dalam aktivitas surat menyurat resmi, penting sekali untuk menerapkan penulisan surat yang baku. Sebagai permulaan, informasi di atas dapat membantu Kamu dalam penulisan alamat surat yang benar.

Namun, ada hal lain lagi yang perlu Kamu pelajari dalam surat menyurat. Semuanya bisa Kamu temukan dengan berlangganan Promo Paket IndiHome. Nikmati internetan di jaringan super ngebut dari IndiHome dengan pilihan kecepatan hingga 300 Mbps. Kamu bisa menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan hobi atau profesi Kamu, salah satunya surat menyurat, tanpa khawatir jaringan lelet atau tak stabil lagi.

Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan beragam benefit menarik. Mulai dari biaya berlangganan yang terjangkau, diskon biaya pemasangan, hingga bonus melimpah untuk menambah keseruan aktivitas digital Kamu.

Promo Paket IndiHome tersedia dalam tiga opsi, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internetan kenceng di kecepatan 20 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp275.000 saja per bulan. Kamu bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internetan dengan kecepatan 30 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Nikmati juga bonus 60 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan plus sepuasnya nonton tayangan Disney+ Hotstar dan UseeTV GO. Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps, Kamu akan mendapat bonus tambahan akses ke tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar, MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, UseeTV GO, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit plus bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar dan UseeTV GO serta 100+ channel TV favorit.

    Ada juga bonus tambahan 60 channel TV add-on Minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapat akses sepuasnya ke tayangan Disney+ Hotstar, MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

Kapan lagi kan dapat paket internet super lengkap dengan biaya berlangganan hanya Rp200.000-an saja per bulan? Yuk, langganan sekarang juga dan dapatkan promo diskon 50% biaya pemasangan khusus untuk Kamu!