Ini Dia Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan | IndiHome
24 MAY 2021        BLOG

Ini Dia Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

Dilansir dari World Economic Forum, di era modern ini akan ada banyak profesi yang bakal kehilangan tempat akibat dari kemajuan teknologi dan perubahan demografis. Namun, terdapat beberapa profesi paling menjanjikan di masa depan yang bisa mulai dipelajari dari sekarang.

Dalam beberapa tahun terakhir tren teknologi canggih memang telah menggeser peran manusia. Apalagi kondisi tersebut juga diikuti dengan semakin pesatnya perkembangan media, yang menjadi salah satu sarana terbesar sebagai penghubung antar manusia di ranah digital dalam skala global.

5 Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

  1. IT (Jaringan, Sistem Database, dan Perangkat Lunak)

    Di era digital sekarang ini, pekerjaan yang berhubungan dengan IT memang memiliki prospek bagus. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi, otomatis setiap perusahaan membutuhkan tenaga kerja profesional di bidang IT sebagai support system.

    Bagi yang memiliki latar belakang pendidikan atau skill seputar IT, baik itu sistem jaringan, database, maupun perangkat lunak, maka tahun 2021 bisa menjadi masa mengawali kejayaan dengan berkarir di bidang IT. Apalagi, gaji yang ditawarkan cukup fantastis.

    Selain nominal salary yang menggiurkan, peluang mendapatkan pekerjaan juga sangat besar. Anda cukup memanfaatkan internet untuk mencari job atau project. Di samping itu, jangkauan kliennya juga sangat luas, karena Anda bisa menggaet klien lintas negara.


  2. Digital Marketing

    Profesi di bidang digital marketing masih menduduki posisi sebagai salah satu bidang pekerjaan paling potensial. Di tengah perkembangan teknologi dan informasi, perusahaan-perusahaan, khususnya start-up, baik itu start-up edutech maupun fintech.

    Peran digital marketer sangat dibutuhkan perusahaan untuk mempromosikan produk maupun jasa. Selain praktis serta mudah, promosi dengan memanfaatkan internet juga dinilai lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. Tidak heran kalau profesi digital marketer sangat dicari.

    Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimization), CMS (Content Management System), email marketing, dan data analisis, bisa mulai membangun portofolio menarik untuk mendapatkan klien besar.


  3. Dokter

    Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu profesi yang seolah tidak akan lekang oleh waktu adalah menjadi dokter. Tenaga kesehatan profesional telah dibutuhkan sejak zaman dahulu hingga sekarang, tentu karena pekerjaannya berkaitan erat dengan kesehatan manusia.

    Jika memiliki cita-cita untuk menjadi dokter, namun masih ragu karena berbagai alasan dan pertimbangan. Sebenarnya tidak perlu merasa khawatir takut akan menganggur setelah selesai pendidikan, sebab profesi tenaga kesehatan di Indonesia masih jauh dari kata cukup.

    Menjadi dokter sejatinya akan memberikan dua benefit sekaligus kepada Anda, yang pertama adalah berupa gaji dengan nilai di atas rata-rata. Sedangkan yang kedua adalah, dokter merupakan pekerjaan mulia karena berhubungan dengan kemanusiaan.


  4. Akuntan

    Pada dasarnya, pekerjaan yang berhubungan dengan perihal keuangan memang akan selalu dibutuhkan. Akuntan berperan penting dalam mengatur dan mengelola manajemen keuangan suatu instansi atau perusahaan agar aset perusahaan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

    Setiap bidang usaha membutuhkan bantuan akuntan untuk membantu stabilisasi berlangsungnya kehidupan perusahaan. Jadi, bagi Anda yang kebetulan merupakan lulusan akuntansi, maka bisa optimis karena peluang berkarir menjadi ahli keuangan terbuka lebar.

    Tingginya permintaan akan profesi akuntan sebenarnya tidak terlepas dari jumlah auditor di Indonesia yang masih minim. Padahal, dari waktu ke waktu kebutuhan pekerjaan untuk posisi tersebut mengalami kenaikan.


  5. Tenaga Pendidik

    Pekerjaan sebagai guru dan dosen memiliki masa depan cerah karena sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi dan lembaga pendidikan. Terlebih lagi, ada cukup banyak daerah di Indonesia yang masih kekurangan tenaga pengajar, khususnya di wilayah pedalaman.

    Apabila Anda memiliki cita-cita berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia demi terwujudnya masyarakat cerdas secara merata, maka tidak ada salahnya menggeluti profesi sebagai tenaga pendidik. Dengan begitu, selain gaji, Anda juga akan mendapat pahala.

    Untuk masalah gaji sebagai tenaga pengajar, sebenarnya nominal yang ditawarkan cukup variatif, tergantung pada di mana Anda mengajar dan status sebagai pengajar.

Cari Tahu Peluang Pekerjaan Paling Prospektif di Masa Depan, Mengasah Skill Baru Menjadi Semakin Mudah dengan Paket 2P dari IndiHome

Selain memberi dampak positif berupa kemudahan interaksi dan mengakses informasi secara lebih cepat, perkembangan teknologi nyatanya juga memberi pukulan telak bagi beberapa bidang profesi. Hal tersebut dikarenakan peran manusia mulai digantikan teknologi canggih berbasis sistem AI.

Sebagai masyarakat yang hidup di era milenial dan modern, setiap individu khususnya generasi muda memang harus beradaptasi dengan kebiasaan serta tren baru. Terutama dalam bidang pengembangan skill. Hanya dengan cara seperti itu, Anda dapat bertahan di tengah arus globalisasi.

Di masa sekarang, istilah “Old is Gold” sudah tidak dapat dijadikan acuan untuk meraih karir yang gemilang, karena seluruh tatanan dunia mulai berubah dan mempelajari sesuatu yang baru merupakan cara terbaik untuk mengembangkan diri dalam meraih cita-cita.

Bagi Anda yang sudah terlanjur menyelesaikan bidang pendidikan tertentu, dan menemukan bahwa ternyata karir di bidang tersebut sudah tidak prospektif, maka jangan khawatir. Anda dapat mengasah skill baru dan belajar dari profesional melalui tutorial yang saat ini banyak tersebar di internet.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempelajari keterampilan baru tersebut, antara lain:

  •       Mengikuti webinar online
  •       Join kursus online
  •       Bergabung di forum khusus untuk komunitas tertentu
  •       Rajin menonton tutorial video yang berkaitan dengan skill tersebut
  •       Learn and practice

Namun, untuk mendukung proses kegiatan mempelajari keterampilan baru, Anda membutuhkan dukungan koneksi internet cepat dan stabil. Tanpa support internet memadai, aktivitas belajar mendalami skill baru bisa tertunda, sehingga butuh waktu lebih lama untuk mendapat pekerjaan impian.

Jika Anda masih bingung menentukan layanan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan digital, maka Paket 2P dari IndiHome dapat dijadikan alternatif solusi terbaik. Apalagi, paket 2-in-1 ini bukan hanya menawarkan jaringan internet berkualitas hingga 100 Mbps, namun juga ada bonus menarik lain.

Apa itu Paket 2P dari IndiHome?

Paket 2P dikategorikan atas dua jenis pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + TV) dan Paket 2P (Internet + Phone). Dengan berlangganan Paket 2P, maka kebutuhan internet stabil akan terpenuhi. Anda bisa menyesuaikan pilihan paket dengan keperluan atau keinginan.

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Nikmati kenyamanan berselancar di dunia maya dengan jaringan internet berkualitas hingga 100 Mbps. Selain itu, Anda juga bebas mengakses berbagai pilihan tayangan TV dan konten interaktif di lebih dari 100 channel lokal maupun mancanegara terfavorit.

  • Paket 2P (Internet + Phone)

    Selain mendapatkan benefit berupa koneksi internet stabil, Anda juga akan mendapatkan bonus gratis nelpon lokal dan interlokal selama 300 menit. Jadi, meskipun sedang masa pandemi, silaturahmi dengan kerabat dan sahabat bisa tetap terjaga.

    Yuk, sama-sama raih kesuksesan dengan berkarir di bidang profesi paling menjanjikan di masa depan dengan Paket 2P dari IndiHome. Berlangganan Paket 2P merupakan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan digital sehingga Anda bisa belajar skill baru tanpa batasan tempat dan waktu.