Dua Cara Mudah Setting TV Digital Tanpa Set Box | IndiHome
4 JAN 2023        BLOG

Dua Cara Mudah Setting TV Digital Tanpa Set Box

Migrasi saluran TV analog ke digital telah diberlakukan secara menyeluruh sejak bulan November lalu. Itu sebabnya masyarakat Indonesia kini berbondong-bondong memburu STB alias Set Top Box agar pemilik TV analog bisa kembali menonton televisi secara digital. Padahal, tidak semua televisi memerlukan STB, lho!


Bagaimana Cara
Setting TV Digital Tanpa Set Box?

Ada beberapa cara setting TV digital tanpa set box yang bisa Kamu praktikkan pada televisimu. Di antaranya:

  • Gunakan Fitur DVB – T2

    Mengutip Kominfo, DVB – T2 adalah tipe sinyal digital yang dibaca dan diterjemahkan dari sistem pengolahan transmisi digital terbaru. Fitur ini dikembangkan oleh DVB Project dan umumnya dimiliki oleh jenis TV digital. Melalui fitur ini juga ukuran file suatu video dapat diperkecil tanpa mempengaruhi kualitasnya. Untuk mengetahui apa TV Kamu memiliki fitur ini, caranya:

    • Kunjungi website resmi Kominfo di siarandigital.kominfo.go.id
    • Pilih menu Perangkat TV Digital
    • Klik menu Pilih Kategori lalu klik Televisi
    • Masukan merek dan tipe TV yang Kamu miliki

    Jika TV masih analog, layar akan menampilkan keterangan yang menjelaskan ketidaktersediaan perangkat. Sebaliknya, layar akan menampilkan informasi merek dan tipe televisi untuk TV tipe digital. Itu artinya TV Kamu memiliki fitur DVB – T2 guna memudahkan cara setting TV digital tanpa set box.

  • Gunakan Smart TV atau Android TV

    Selanjutnya, cara setting TV digital tanpa set box bisa dilakukan dengan Smart TV atau Android TV. Keduanya memerlukan akses internet agar Kamu bisa nonton TV dengan lancar. Bahkan Kamu dapat mengakses berbagai platform populer seperti YouTube dan Netflix. Namun, Smart TV dan Android TV juga memiliki perbedaan mendasar.

    Smart TV memiliki sistem operasi sendiri sehingga aplikasi yang bisa Kamu unduh pun cukup terbatas. Sementara itu, Android TV menggunakan sistem operasi Android. Kamu pun dapat mengakses Google Play Store seperti dalam penggunaan smartphone. Ini juga dibekali dengan remot bermikrofon untuk menggunakan Google Assistant.

     

Nonton Siaran TV Digital dengan Berlangganan Promo Paket IndiHome

Tidak sulit kan menerapkan cara setting TV digital tanpa set box? Jadi, Kamu tidak perlu repot lagi mencari Set Top Box bersertifikat Kominfo agar dapat menyaksikan tayangan digital. Tak dipungkiri juga migrasi TV analog ke digital memungkinkan Kamu untuk mengakses berbagai tayangan seru dan lebih beragam. Asalkan tersambung dengan internet, berselancar di dunia maya melalui televisi bukan lagi hal yang tak mungkin.

Namun, jangan sampai keseruan itu berkurang gara-gara jaringan internet yang tak stabil dan lemot. Untungnya IndiHome menghadirkan beragam pilihan paket internet super lengkap, super cepat, dan super hemat seperti Promo Paket IndiHome.

Nikmati berbagai tontonan digital yang seru di jaringan internet super ngebut berkecepatan hingga 300 Mbps dari IndiHome. Terdapat juga keuntungan berlipat dari berlangganan Promo Paket IndiHome. Mulai dari biaya berlangganan yang terjangkau, diskon biaya pasang baru, hingga bonus melimpah untuk menambah keseruan aktivitas digital Kamu.

Promo Paket IndiHome hadir dalam tiga pilihan paket yang bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu:

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internetan kencang di kecepatan 20 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp275.000 saja per bulan. Kamu bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internetan dengan kecepatan 30 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Nikmati juga bonus 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan plus sepuasnya nonton tayangan Disney+ Hotstar dan IndiHome TV. Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps, Kamu akan mendapat bonus tambahan akses ke tayangan berkualitas dari MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, IndiHome TV, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)

    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit plus bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar dan IndiHome TV serta 80+ channel TV favorit.

    Ada juga bonus tambahan 20+ channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapat akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).
     

Kapan lagi kan bisa berlangganan paket internet yang memahami kebutuhan digital Kamu? Yuk, langganan Promo Paket IndiHome sekarang juga dan dapatkan diskon 50% biaya pemasangan khusus untuk Kamu!