Cara Mengubah Jaringan E ke 4G Agar Internetan di Handphone Makin Ngebut | IndiHome
15 DEC 2022        BLOG

Cara Mengubah Jaringan E ke 4G Agar Internetan di Handphone Makin Ngebut

Dari segi kecepatan, koneksi jaringan seluler generasi keempat atau 4G selalu menjadi andalan para pengguna internet di Tanah Air. Masyarakat menggunakannya untuk mendukung berbagai aktivitas digital, mulai dari belajar, bekerja, streaming video, sampai mencari berita terkini.

Namun, jaringan 4G bisa saja mengalami kendala, dimana tiba-tiba koneksi berubah menjadi Edge atau E yang kecepatannya jauh di bawah 4G. Pada akhirnya kegiatan yang membutuhkan jaringan internet pun menjadi terhambat untuk dilakukan.

Jangan khawatir, karena kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk mengubah jaringan E ke 4G. Yuk, simak penjelasannya melalui artikel ini!


Cara Mudah Mengubah Jaringan E ke 4G di Handphone

Jika jaringan seluler 4G berubah menjadi E, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini:

 

  • Terapkan Mode Pesawat
    Cara mengubah jaringan E ke 4G yang pertama adalah dengan mengandalkan Mode Pesawat atau Airplane Mode. Mode ini dapat menyambung ulang jaringan hingga kembali menjadi 4G. 

 

  • Restart dan Lakukan Pengaturan Ulang
    Jika cara sebelumnya belum berhasil, coba restart smartphone kamu. Kemudian ubah pengaturan jaringan dari GSM menjadi jaringan WCDMA agar sinyal internet berubah menjadi 4G.

 

  • Cabut Kartu SIM Lalu Pasang Kembali
    Masalah pada kartu SIM juga bisa menjadi penyebab sinyal internet menjadi E. Bila ini terjadi, kamu bisa mencopot terlebih dahulu kartu SIM yang digunakan dan pasangkan kembali. Ini bisa membuat provider secara otomatis menyesuaikan jaringan internet sehingga koneksi dapat bekerja dengan baik.

 

  • Lakukan Dial

    Kamu juga bisa melakukan panggilan dial untuk mengubah jaringan E ke 4G dengan cara:

    1. Masuk ke menu Panggilan, lalu ketik *#*#4636#*#* kemudian ketuk ikon Telepon atau Panggil
    2. Masuk ke daftar menu, tekan opsi Phone Information
    3. Pilih menu Jenis Jaringan dan klik LTE Only
    4. Setelah itu, ketuk tombol Back untuk mengunci jaringan 4G LTE  
    5. Tunggu hingga sinyal jaringan 4G muncul otomatis di layar

 

  • Ubah Jaringan Prioritas

    Pilihan lain untuk mengatasi masalah ini juga bisa dilakukan dengan mengubah jaringan prioritas.  Caranya:

    1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting pada smartphone
    2. Pilih Jaringan Internet
    3. Klik pilihan kartu SIM yang digunakan untuk jaringan internet
    4. Kemudian tekan Jaringan Prioritas
    5. Pilih jaringan LTE/4G dan klik opsi Sambungkan Otomatis

 

  • Hubungi Call Center

    Jika tips di atas tidak berhasil, cara mengubah jaringan E ke 4G yang terakhir yaitu dengan menghubungi langsung call center provider dari kartu SIM yang digunakan. Untuk menemukan kontak call center tersebut, kamu bisa melakukan pencarian via internet. Selain menghubungi call center, kamu juga bisa mendatangi gerai terdekat dari provider yang kamu gunakan.

Koneksi Internet Tetap Stabil dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengubah jaringan E ke 4G agar masalah jaringan seluler yang tidak stabil dapat teratasi. Namun, kendala tersebut sebenarnya bisa kamu hindari, lho, yaitu dengan internetan di jaringan cepat dari IndiHome. Selain menghadirkan pilihan paket internet lengkap, biaya berlangganannya pun terjangkau dengan tambahan bonus yang melimpah.

Salah satunya adalah Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Kamu bisa internetan di jaringan stabil berkecepatan hingga 300 Mbps dan mendapatkan benefit lain berupa gratis telponan hingga ratusan menit, bebas nonton ribuan tayangan terbaik dari Disney+ Hotstar dan ratusan channel TV unggulan.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) tersedia dalam tiga pilihan, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit, bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.0000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas nelpon lokal/interlokal 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang dan dapatkan diskon biaya pemasangan baru sebesar 50%. Hanya Rp200.000-an saja per bulan, kamu sudah bisa internetan sepuasnya di jaringan cepat dan stabil dari IndiHome serta mendapatkan beragam bonus melimpah!