Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi | IndiHome
29 DEC 2021        BLOG

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Munculnya ruam serta bintik-bintik kecil pada kulit bayi adalah tanda biang keringat. Meskipun tidak berbahaya, namun akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Oleh karena itulah, sebagai orangtua yang baik, sudah seharusnya Anda tahu bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi.

Biang keringat bukan hanya akan membuat kulit bayi jadi terlihat kemerahan, tapi juga memicu rasa gatal serta perih seolah ditusuk oleh jarum. Apalagi, ketika cuaca sedang panas-panasnya. Tidak heran apabila bayi menjadi lebih rewel dari biasanya karena merasa sangat terganggu.

9 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Dalam kondisi normal, biang keringat bisa sembuh dan hilang sendiri setelah beberapa hari, kecuali apabila biang keringat mengalami infeksi. Anda dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman serta gatal yang dialami si kecil, dengan beberapa cara mudah dan efektif seperti di bawah ini:

  1. Menghindari Udara Panas dan Lembab
    Usahakan si kecil berada di ruangan yang teduh dan sejuk. Jika menggunakan kipas angin atau AC, sebaiknya tidak diarahkan langsung ke tubuh bayi. Selain itu, saat bepergian jangan lupa membawa kipas dan topi, sehingga bayi tetap merasa nyaman meskipun di luar rumah.

    Pastikan si kecil minum air putih dalam jumlah cukup. Tujuannya adalah mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat, sehingga bayi tidak mengalami kondisi dehidrasi.

  2. Memilih Pakaian Tipis dan Menyerap Keringat Bayi
    Saat si kecil terkena biang keringat, pilihkan pakaian dari serat alami, seperti bahan katun pada bayi. Hindari pakaian dari material kain sintetis, seperti nilon dan polyester, sebab jenis kain tersebut berpotensi memerangkap hawa panas yang akan membuat si kecil gerah.

    Perhatikan juga ukuran pakaian si kecil. Disarankan agar Anda memakaikan pakaian longgar. Ketika cuaca sedang terik, Anda bisa melepaskan sarung tangan, kaos kaki, penutup kepala, bahkan popok bayi. Dengan catatan, pastikan si kecil tidak merasa kedinginan.

  3. Hindari Menggendong Bayi Terlalu Sering
    Sangat tidak dianjurkan untuk menggendong bayi ketika cuaca sangat panas. pasalnya, saat digendong, maka si kecil akan berhadapan dengan dua sumber panas sekaligus, yaitu cuaca dan suhu tubuh Anda. Hal ini akan membuat kondisi biang keringat menjadi semakin parah. 

  4. Potong Kuku Bayi secara Teratur
    Ketika mengalami biang keringat, si kecil pasti akan sangat terganggu dengan rasa gatal, sehingga memicu tindakan menggaruk kulit. Oleh sebab itulah, Anda harus menggunting kuku bayi secara teratur untuk menghindari infeksi saat si kuku si kecil menggores kulit.
    Biang keringat akan mengakibatkan kulit si kecil dipenuhi dengan lepuhan kecil berair. Apabila tergores kuku tajam si kecil, tentu akan semakin memperparah kondisi, dan bahkan menghambat proses penyembuhan. Hal ini tentunya akan membuat bayi semakin tersiksa.

  5. Gunakan Krim dan Lotion Hanya Saat Dibutuhkan
    Apabila biang keringat yang dialami bayi sangat parah, maka Anda boleh mengaplikasikan krim hidrokortison atau lotion calamine sesuai saran dan petunjuk dokter. Akan tetapi, jangan sampai mengoleskan terlalu berlebihan, dan hindari area sensitif, seperti dekat mata.

  6. Hindari Penggunaan Bedak Bayi
    Seperti diketahui, bedak bayi telah dipercaya turun temurun sebagai salah satu cara mengatasi masalah kulit si kecil, termasuk biang keringat. Namun, dianjurkan agar tidak mengaplikasikan bedak tabur berlebihan, karena berisiko terhirup oleh bayi.

    Bukan hanya itu, bedak tabur juga dapat menutup pori-pori kulit si kecil sehingga membuat suhu tubuhnya semakin hangat. Padahal, tubuh yang hangat berpotensi membuat bintik merah serta ruam di kulit bayi Anda menjadi bertambah parah.

  7. Menjaga Kulit Bayi Tetap Sejuk
    Salah satu tips sederhana tapi efektif untuk mengatasi biang keringat bayi adalah dengan mendinginkan kulitnya. Seperti memandikan si kecil atau mengaplikasikan kain basah pada area kulit yang terdapat biang keringat. Dengan begitu, kondisi kulit bayi tetap sejuk.
  8. Hati-Hati Memilih Produk untuk Kulit Bayi
    Perlu dipahami, bahwa tidak semua produk yang memiliki label ampuh dalam mengatasi biang keringat boleh dioleskan pada kulit bayi. Apalagi, jika si kecil memiliki kulit sensitif. Sebagai orang tua cerdas, selalu pastikan membaca kandungan bahan pada suatu produk.

    Selain itu, hindari penggunaan produk sabun yang memiliki kandungan zat pewangi dan alkohol. Sebab keduanya berpotensi memicu iritasi pada kulit si kecil.

  9. Periksa ke Dokter
    Biang keringat ringan umumnya dapat sembuh tanpa pengobatan khusus. Anda hanya harus merawat kulit si kecil supaya tetap bersih, tidak terpapar produk yang memicu iritasi, dan bebas keringat. Akan tetapi, pada beberapa kasus, biang keringat butuh perawatan dokter.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa gejala dan tanda biang keringat yang membutuhkan pengobatan khusus dokter, diantaranya adalah sebagai berikut:

  •   Ruam muncul disertai demam tinggi.
  •   Bayi terus-menerus rewel karena kondisi tersebut.
  •   Kelenjar getah bening, seperti leher, pangkal paha, dan ketiak mengalami pembengkakan.
  •   Biang keringat tidak kunjung sembuh meskipun sudah menggunakan obat resep.
  •   Ruam memicu kemerahan dan pembengkakan yang terasa hangat saat disentuh.

Rasakan Kemudahan Mencari Informasi Mengenai Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi di Promo Melalui Platform Digital IndiHome

Tanda-tanda biang keringat muncul pada kulit bayi dan Anda merasa bingung harus berbuat apa? Sebagai orangtua, Anda tentu ingin memberikan perawatan terbaik untuk buah hati. Terutama di saat mengalami biang keringat yang membuat si kecil merasa gerah, gatal, dan tidak nyaman.

Daripada bingung dan berkeluh kesah dengan orang yang tidak paham mengenai masalah tersebut. Lebih baik Anda ambil ponsel dan cari informasi seputar biang keringat serta cara efektif mengatasinya. Sebab di era modern sekarang, semua hal bisa ditemukan di internet.

Kegiatan mencari informasi penting terkendala karena koneksi internet putus-putus atau tidak stabil? Untuk masalah kesehatan bayi pastinya Anda tidak bisa menunggu lama. Oleh karena itu, sebaiknya mempersiapkan diri dengan berlangganan paket internet di provider terbaik, seperti IndiHome.

IndiHome telah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai solusi internetan anti lelet dan kebutuhan digital lain, termasuk telepon rumah dan nonton ragam tayangan TV interaktif. Anda bisa memilih salah satu paket terbaik di  Promo Melalui Platform Digital IndiHome.

Pilihan Paket Promo Melalui Platform Digital IndiHome

Mau tahu apa saja pilihan paket Promo Melalui Platform Digital IndiHome dan apa saja keuntungannya? Simak jawabannya di bawah ini!

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internet di jaringan super cepat mulai 20 Mbps – 100 Mbps, terdapat pilihan bebas akses Disney+ Hotstar, telepon rumah 100 menit, dan cashback Rp100.000.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internet di jaringan super cepat mulai 30 Mbps – 100 Mbps, bebas menyaksikan ragam tayangan di 90+ channel televisi lokal dan mancanegara, dan akses ke berbagai layanan streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Anda dapat menikmati kenyamanan berselancar di internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps, menonton tayangan TV dan video interaktif pada 90+ channel favorit, gratis nelpon hingga 100 menit, dan juga menonton drama atau film favorit di berbagai aplikasi streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.

Promo Melalui Platform Digital IndiHome bukan hanya menawarkan benefit internet unlimited yang bisa memudahkan Anda dalam menemukan cara mengatasi biang keringat pada bayi. Namun juga bonus telepon rumah yang bisa dimanfaatkan untuk menelepon dokter anak langganan Anda.