Aktivitas dan Hiburan Puasa Bulan Ramadan yang Bermanfaat | IndiHome
9 APR 2021        BLOG

Aktivitas dan Hiburan Puasa Bulan Ramadan yang Bermanfaat

Menjelang bulan puasa Ramadan yang tinggal menunggu hitungan hari, seluruh umat muslim mulai melakukan persiapan berpuasa. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga sekarang, aktivitas dan hiburan puasa bulan Ramadan memang harus mulai dipikirkan.

Anjuran stay at home membuat kegiatan di luar rumah menjadi terbatas. Tentu akan membosankan kalau harus menunggu momentum buka puasa hanya dengan bermalas-malasan. Supaya puasa di rumah terasa menyenangkan, sebaiknya lakukan beragam aktivitas menghibur yang bermanfaat.

10 Aktivitas Seru dan Bermanfaat untuk Dilakukan Selama Bulan Ramadan

  1. Berkumpul Bersama Keluarga
    Sebelum pandemi, Anda mungkin jarang menghabiskan waktu dengan keluarga. Oleh sebab itu, bulan puasa kali ini bisa dimanfaatkan untuk kembali mempererat silaturahmi dengan keluarga, baik itu bercengkerama dengan keluarga yang tinggal serumah, ataupun yang di luar kota.

    Apalagi pada era digital seperti sekarang ini, ketika komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan lebih mudah, baik itu melalui sambungan telepon, fitur video call, maupun platform sosial media.

  2. Memperbanyak Ibadah
    Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk mengumpulkan pahala. Salah satunya adalah dengan beribadah. Daripada Anda hanya tidur dan bermalas-malasan, alangkah lebih baik menghabiskan waktu dengan mulai melakukan salat sunah dan membaca Al-Qur’an.

    Namun, jangan lupa kalau beramal bukan hanya bisa dilakukan dengan ibadah. Anda juga dapat membantu mempersiapkan makanan untuk berbuka, membersihkan rumah, dan melakukan kegiatan lain yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, maupun orang lain.

  3. Belajar
    Sekilas, aktivitas belajar memang terdengar sangat membosankan. Namun, bagi Anda yang berstatus sebagai pelajar, setelah setahun lebih tidak masuk kelas mungkin akan mulai merindukan kegiatan yang dianggap super bosan tersebut.

    Di bulan Ramadan, khususnya pada pagi hari setelah sahur, Anda bisa mulai membuka dan membaca materi pelajaran. Memperkaya diri dengan bacaan bermanfaat bukan hanya akan membantu menghabiskan waktu, namun juga menambah wawasan Anda.

  4. Mengikuti Kajian Online
    Di zaman serba modern ini, Anda tidak harus keluar rumah lagi untuk melakukan kajian. Hal tersebut dikarenakan semakin maraknya kajian online yang dapat diikuti. Anda bisa mendengarkan ceramah dari para ustaz melalui platform seperti, YouTube, Facebook, Instagram, dsb.

    Selain itu, Anda bisa dengan mudah memilih tema kajian seperti yang diinginkan melalui search engine di platform tersebut. Di samping itu, Anda juga bisa ikut kajian langsung atau live streaming yang saat ini umum dilakukan via aplikasi video conference, seperti Zoom dan Skype.

  5. Olahraga
    Meskipun tubuh sedang berpuasa, tapi semangat jangan sampai kendor. Anda bisa melakukan kegiatan olahraga ringan untuk menjaga stamina agar tetap fit, dan pikiran juga menjadi fresh. Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas bergerak.

    Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan selama bulan Ramadan diantaranya adalah jogging dan yoga. Sedangkan untuk kegiatan olahraga level medium, Anda dapat melakukannya pada pagi hari setelah sahur, saat tubuh dalam kondisi segar bugar.

  6. Memasak
    Bagi yang memiliki hobi memasak, bulan Ramadan di rumah kali ini dapat dimanfaatkan untuk berkreasi menciptakan berbagai jenis makanan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Apalagi, Anda bisa dengan mudah melihat tutorial masak di YouTube.

    Memasak makanan berbuka sendiri sebenarnya sangat menguntungkan dari berbagai segi. Selain lebih higienis dan dapat dijadikan ajang mengasah skill masak, memasak sendiri juga lebih ekonomis, khususnya kalau tinggal dengan keluarga yang jumlahnya cukup banyak.

  7. DIY
    Salah satu kegiatan bermanfaat dan cukup menantang untuk dilakukan selama puasa di rumah adalah membuat kerajinan tangan DIY. Bagi Anda yang menyukai hal-hal baru, maka waktu luang bisa dimanfaatkan untuk mencoba membuat kreasi DIY.

    Untuk pemula, maka bisa mencari berbagai referensi dan tutorial panduan melalui internet. Dengan internet, semua kegiatan menjadi lebih mudah dan praktis, karena Anda tidak harus keluar rumah.

  8. Bersih-Bersih Rumah
    Seperti diketahui, setelah bulan Ramadan berakhir, maka umat Islam akan merayakan hari kemenangan, yakni Idulfitri. Nah, selama puasa di masa pandemi, Anda bisa menghabiskan waktu luang untuk membersihkan berbagai bagian rumah, baik indoor maupun outdoor.

    Dengan begitu, menjelang Idulfitri pekerjaan bersih-bersih bisa menjadi semakin santai karena sebagian telah diselesaikan sejak jauh hari. Selain membuat rumah tampak bersih dan rapi, kegiatan ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih fit karena terus bergerak.

  9. Membangun Bisnis Online
    Puasa di rumah bukan berarti harus membuat berbagai aktivitas terhenti. Anda bisa terus berkreasi dan mengembangkan ide baru. Bagi yang memiliki minat di bidang online shop, maupun bisnis daring lainnya. Ini merupakan saat paling tepat untuk mengasah skill.

  10. Menonton Tayangan Edukasi
    Tidak sedikit tayangan televisi interaktif dengan muatan menghibur dan edukatif yang dapat dijadikan sebagai pilihan kegiatan untuk dilakukan selama Ramadan. Apalagi, kalau Anda berlangganan paket TV kabel yang memungkinkan untuk mengakses berbagai channel.

 

Nikmati Beragam Aktivitas dan Hiburan Puasa Bulan Ramadan Seru dengan Berlangganan Add-on Vidio dari IndiHome

Menghabiskan waktu berpuasa di rumah saja tidak akan terasa membosankan apabila Anda memiliki beragam kegiatan menarik untuk dilakukan. Terlebih lagi, di era digital seperti sekarang, ketika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengubah berbagai hal menjadi lebih praktis.

Di era digital saat ini, stay at home bukan lagi halangan untuk melakukan aktivitas seru dan menghibur karena Anda bisa mengakses hal-hal menarik di internet. Namun, tentunya dibutuhkan dukungan dari jaringan yang stabil sehingga kegiatan online tidak terganggu.

Nah, agar menjalankan puasa terasa lebih seru dan menyenangkan, Anda bisa berlangganan add-on Vidio dari IndiHome untuk memenuhi kebutuhan hiburan Anda di bulan Ramadan.

Kenapa Harus Berlangganan Paket Add-On Vidio?

Seperti diketahui, saat membuka konten video tidak jarang internet akan mengalami buffering. Hal ini tentu terasa sangat menyebalkan, apalagi ketika Anda sedang mengikuti kajian online, menonton film dan series favorit, atau menonton tutorial tertentu.

Dengan berlangganan add-on Vidio dari IndiHome, maka Anda dapat mengakses berbagai macam konten video bebas hambatan di jaringan internet cepat. Tersedia beragam tayangan hiburan untuk Anda dan keluarga mulai dari TV series, Vidio Original Series, film-film layar lebar Asia pilihan, hingga tayangan animasi untuk anak. Menariknya lagi, tersedia juga bermacam add-on lain yang dapat dipilih agar kebutuhan hiburan Anda dan keluarga selama bulan Ramadan terpenuhi.

Di bawah ini adalah beberapa kategori add-on yang ditawarkan IndiHome:

  • Kategori internet, meliputi:
    • Wifi.id Seamless
    • Speed on Demand
    • Upgrade Speed

  • Kategori TV, meliputi:
    • Minipack Channel TV
    • STB dan PLC
    • TV Storage
    • Iflix
    • CATCHPLAY+
    • Edukids.id
    • Vidio
    • Mola TV App

  • Kategori lainnya:
    • IndiHome Smart
    • Cloud Storage for IndiHome
    • Benefit Voucher Games 
    • IndiHome Study
    • Smooa

Dengan berlangganan add-on Vidio dari IndiHome, berbagai aktivitas dan hiburan puasa bulan Ramadan selama pandemi akan menjadi lebih seru dan menyenangkan.