7 Gerakan Senam Lantai yang Mudah Dilakukan di Rumah | IndiHome
25 MAY 2022        BLOG

7 Gerakan Senam Lantai yang Mudah Dilakukan di Rumah

Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga mudah dan murah karena dapat dilakukan di rumah. Untuk melakukan senam lantai, Anda bisa menggunakan matras sebagai alasnya. Alas tersebut berfungsi sebagai alat bantu untuk mengurangi risiko cedera ketika melakukan gerakan senam lantai. Terlebih lagi gerakan senam tersebut banyak yang bersentuhan dengan lantai seperti melompat atau meloncat, berguling, dan sebagainya.

Lalu, seperti apa gerakan senam lantai itu? Apakah kita bisa melakukannya tanpa perlu pergi ke tempat olahraga khusus? Kira-kira apa saja manfaat dari olahraga senam lantai ini?

Manfaat Senam Lantai

Olahraga senam lantai bertujuan untuk membentuk postur tubuh sekaligus meningkatkan kemampuan gerakan senam. Selain itu, senam lantai juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Memperkuat otot paha, kaki, dada, lengan, perut, dan pinggang
  • Melatih fokus
  • Melatih keseimbangan dan kekuatan fisik
  • Meningkatkan kelincahan tubuh
  • Membakar lemak dan menurunkan berat badan
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan kesehatan dan kekuatan jantung
  • Menjaga kesehatan mental
  • Melatih kemampuan berpikir cepat

7 Gerakan Senam Lantai yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Dari sekian banyaknya gerakan senam lantai, berikut ini 7 jenis gerakan yang bisa Anda praktikkan di rumah:

  • Handstand
    Gerakan senam lantai ini dapat dilakukan dengan cara berdiri menggunakan kedua tangan. Langkah awal, posisikan tubuh dalam keadaan tegak lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras. Setelah itu tarik kaki ke belakang hingga melayang ke atas dengan gerakan mengayun. Awali dengan kaki kanan lalu diikuti oleh kaki kiri atau sebaliknya. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sebelum melakukannya kembali. Perlu diingat juga untuk melakukan gerakan ini di atas alas yang keras agar memudahkan bertumpu secara seimbang dengan tangan. 
  • Backward Roll
    Gerakan senam lantai ini disebut juga berguling ke belakang. Caranya yaitu dengan menekuk tubuh ke posisi squat sedangkan tangan terlentang ke depan. Turunkan bokong ke lantai hingga punggung menyentuh alas kemudian dorong tubuh dengan bantuan kaki. Setelah itu, letakkan tangan di samping bahu agar dapat menopang tubuh saat berguling ke belakang. Akhiri gerakan ini dalam posisi berdiri tegak. 
  • Forward Roll
    Gerakan senam lantai ini mirip dengan backward roll, hanya saja gerakan berguling diarahkan ke depan. Sebelum melakukan backward roll, Anda perlu mempelajari forward roll terlebih dahulu. Untuk melakukan gerakan ini, awali dengan sikap berdiri lalu berjongkok dengan kedua tangan dibuka selebar bahu dan menjulur ke depan. Tempelkan dagu ke arah dada hingga kepala dapat mendekati lantai. Dorong tubuh ke depan menggunakan kaki, setelah berguling dan mendarat dengan kedua kaki, kembalikan tubuh ke posisi tegak.
  • Loncat Harimau
    Disebut juga tiger sprong, gerakan senam ini merupakan bentuk variasi dari forward roll. Gerakan ini dilakukan dengan melibatkan lompatan ke depan dengan kedua tangan lurus ke depan lalu mulai berguling. Akhiri gerakan dengan posisi jongkok. 
  • Kayang
    Untuk melakukan gerakan senam lantai ini, posisikan kaki dan kedua tangan pada matras dalam posisi terbalik. Lalu regangkan tubuh dan angkat panggul serta perut ke atas hingga punggung membentuk busur dengan posisi abdomen menghadap langit-langit. Gerakan kayang dapat membantu meluruskan bagian tubuh seperti pergelangan tangan, lengan, kaki, abdomen, tulang punggung, dan bokong. Gerakan ini juga dapat membantu meregangkan area dada. 
  • Cartwheel
    Gerakan senam lantai ini menampilkan gaya jungkir balik dengan cara memutar seluruh tubuh ke samping dengan mengandalkan tangan sebagai tumpuan. Lakukan gerakan cartwheel dengan posisi berdiri dan tubuh bagian atas condong ke depan. Posisikan salah satu kaki ke depan sambil membentuk siku-siku dan posisi tangan lurus di samping kepala. Gunakan kaki belakang untuk mendorong tubuh maju ke depan dengan cara berputar dan posisi kepala di bawah sedangkan tangan dijadikan sebagai tumpuan. Pastikan kaki dan punggung lurus saat berputar dengan posisi bokong dan kepala ke dalam. Akhiri gerakan dengan mendarat di kedua kaki dan berdiri tegak. 
  • Butterfly Pose
    Gerakan ini terbilang mudah untuk dilakukan. Awali dengan posisi duduk dan kaki melebar seperti sayap kupu-kupu. Pegang kaki dengan kedua tangan lalu luruskan punggung. Manfaat dari gerakan senam ini adalah agar terjadi peregangan di area bahu, punggung, dan tangan. Selain itu, butterfly pose atau pose kupu-kupu juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan meredakan nyeri menstruasi.


Temukan Gerakan Olahraga Senam Lantai Lainnya dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Gerakan senam lantai di atas bisa Anda lakukan di rumah saja. Tetapi, pastikan juga area yang Anda gunakan untuk melakukan olahraga ini cukup luas agar Anda pun lebih leluasa bergerak. Penasaran dengan gerakan senam lantai lainnya atau Anda memerlukan demonstrasi terkait tujuh gerakan senam lantai di atas? Gampang, Anda bisa mengandalkan internet cepat dan stabil dari IndiHome, lalu browsing konten senam lantai sepuasnya agar tubuh semakin sehat dan kuat.

Anda bisa berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) untuk bisa menikmati internetan cepat dan stabil hingga 300 Mbps. Selain itu, Anda juga bisa menikmati konten menarik dan informatif untuk mendukung gaya hidup sehat Anda.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dengan tiga pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon hingga 100 menit di jaringan lokal/interlokal. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel TV, bonus tambahan 57 channel TV selama 3 bulan dan Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps hingga 300 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel TV, bonus tambahan 57 channel TV selama 3 bulan dan Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan bonus nelpon selama 50 menit di jaringan lokal/interlokal, cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses Disney+ Hotstar.

Yuk, berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga dan dapatkan diskon biaya pemasangan sebesar 50% sampai tanggal 31 Mei 2022.