6 Langkah Mudah Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV | IndiHome
13 JUL 2022        BLOG

6 Langkah Mudah Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV

Tahukah Anda jika kita bisa mengubah TV biasa menjadi Smart TV yang memiliki beragam fitur modern? Mulai dari teknologi VCR (Video Cassette Recorder) untuk merekam siaran televisi, sambungan ke TV kabel untuk menonton tayangan-tayangan dari luar negeri, hingga dapat terhubung dengan internet merupakan fitur Smart TV yang bisa Anda nikmati.

Jika Anda ingin mengubah TV biasa menjadi Smart TV dengan fitur yang canggih tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, simak tips berikut ini ya!

  1. Pastikan TV Anda Memiliki Port HDMI
    Cara pertama untuk membuat TV biasa menjadi Smart TV adalah dengan memastikan televisi Anda memiliki port HDMI atau High-Definition Multimedia Interface.

    Teknologi HDMI ini biasanya ada pada perangkat elektronik seperti proyektor ataupun pemutar DVD yang berfungsi menyalurkan sinyal audio maupun video berkualitas tinggi dari perangkat lain ke layar TV.
  1. Pasang Streaming Stick
    Streaming stick adalah pemutar media portabel dengan ukuran kira-kira sebesar USB yang harganya ramah di kantong. Anda bisa memasang streaming stick ke sambungan HDMI pada TV.

    Cukup colokkan stik ke port HDMI di TV, lalu pasang kabel daya dengan menancapkan kabel USB ke bata adaptor daya, lalu buka steker. Kemudian, hubungkan ujung kabel ke port di sisi tongkat dan ujung kabel lainnya ke stop kontak listrik. Terakhir, ubah input TV ke saluran HDMI yang sesuai dengan slot yang Anda gunakan di bagian belakang TV.
  1. Gunakan Smart Media Player
    Selanjutnya, cara mengubah TV biasa menjadi Smart TV yaitu dengan membeli smart media player. Smart media player adalah perangkat keras yang memiliki sistem operasi layaknya smartphone. Harganya juga beragam, mulai dari Rp200.000-an hingga Rp700.000-an untuk berbagai tipe.
  1. Gunakan TV Box
    Cara lain yang bisa Anda coba untuk membuat TV biasa jadi Smart TV adalah dengan menyambungkan TV Box menggunakan sambungan HDMI. Untuk memasangnya, sambungkan salah satu ujung kabel HDMI ke kotak dan ujung lainnya ke port HDMI yang ada di bagian belakang TV. Pastikan kabel HDMI yang digunakan sesuai ya!
  1. Aktifkan Koneksi Internet
    Jika TV Box sudah terpasang dan terdeteksi dengan baik, kini Anda cukup mengaktifkan koneksi internet dengan menggunakan kabel ethernet melalui port LAN atau modem Wi-Fi untuk Smart TV agar TV Box tersebut dapat beroperasi dengan baik. 
  1. Lengkapi dengan Wireless Keyboard
    Kini TV biasa Anda sudah menjadi Smart TV. Agar bisa browsing, memainkan game dan aktivitas online lainnya, Anda perlu keyboard wireless khusus untuk TV pintar Anda. Hal ini berfungsi untuk bisa menikmati fitur-fitur TV pintar lebih maksimal.

 

Nikmati Fasilitas Smart TV Anda untuk Mencari Referensi Tayangan Terbaik

Setelah TV biasa Anda berubah menjadi Smart TV, kini saatnya Anda memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk memenuhi kebutuhan hiburan. Misalnya, Anda bisa browsing seputar tayangan terbaik dari Netflix di internet melalui browser pada Smart TV Anda.

Sudah menemukan tayangan terbaik dari Netflix untuk ditonton di rumah bersama keluarga? Nah, biar streaming tayangan di Netflix makin seru, tentunya harus didukung oleh internet cepat dan stabil. Tenang, ada Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)!

Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps melalui Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) yang akan menemani keseruan Anda dalam menyaksikan film, drama series, TV series, hingga Netflix Original.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya berupa bonus nelpon 100 menit di jaringan lokal/interlokal, bebas akses berbagai tayangan unggulan di 119 channel TV berkualitas serta bebas streaming tayangan favorit di Disney+ Hotstar sepuasnya. Serunya lagi, Anda bisa merasakan semua benefit-nya di dalam satu tagihan saja. Jadi, tidak perlu repot bayar tagihan IndiHome dan Netflix secara terpisah tiap bulannya.

Tunggu apa lagi? Yuk, langganan sekarang!