5 Manfaat Gadget Bagi Anak, Tak Selalu Negatif Lho! | IndiHome
15 AUG 2022        BLOG

5 Manfaat Gadget Bagi Anak, Tak Selalu Negatif Lho!

Kemudahan teknologi yang kian berkembang pesat hingga saat ini, membuat semua kalangan ikut serta dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari, termasuk anak-anak. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya kecanduan dan sulit lepas dari penggunaan gawai atau gadget. Hal ini tentunya bisa membuat orang tua khawatir akan tumbuh kembangnya.

Di satu sisi, gadget bisa membuat anak cenderung apatis terhadap lingkungan sekitar. Namun, di sisi lain, tidak dipungkiri bahwa penggunaan gadget oleh anak-anak juga memiliki manfaat. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Manfaat Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak

Menurut American Academy of Pediatric (APP), gadget memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak. Berikut lima manfaatnya:

  • Merangsang Kemampuan Berpikir
    Manfaat gadget bagi anak ternyata bisa melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan anak, sehingga pikiran mereka pun lebih terasah. Terlebih lagi jika si kecil berkarya melalui gadget tersebut. Nah, sebagai orang tua, Anda bertugas untuk mengarahkan anak agar terciptanya pengalaman yang positif saat menggunakan gadget.
  • Berpikir Kritis
    Selain mengasah daya pikir, manfaat gadget bagi anak yang selanjutnya adalah membuat mereka berpikir lebih kritis. Ketika kemampuan kognitif terasah sejak dini, anak mampu membuat perencanaan dan solusi. Seiring berjalannya waktu, kemampuan berpikir mereka akan meningkat dan memicu anak untuk lebih kritis ketika menemukan sesuatu yang baru. 
  • Meningkatkan Kemampuan Motorik
    Kemampuan motorik berkaitan dengan gerakan otot tubuh seperti kaki, tangan, lidah, dan bibir. Kemampuan ini pun ternyata bisa ditingkatkan lewat permainan edukatif yang terpasang dalam gadget, lho. Ketika menggunakan gadget, gerakan jari tangan dan mata akan saling berkoordinasi. Anak pun akan terbiasa mengikuti arahan kursor saat menggunakan aplikasi edukatif tersebut. Bahkan mereka pun bisa sekalian menunjuk barang-barang yang diinginkan. Kegiatan itulah yang bisa meningkatkan kemampuan motorik mereka.
  • Mengembangkan Kreativitas
    Manfaat gadget bagi anak juga dapat membantu orang tua dalam mengembangkan kreativitas mereka. Terdapat berbagai aplikasi untuk mendukung anak-anak dalam berkarya lewat kegiatan mewarnai atau menggambar secara digital. Aktivitas ini dapat memicu si kecil untuk menuangkan ide dan kreativitas mereka. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai metode relaksasi.
  • Memudahkan dalam Berkomunikasi
    Keberadaan gadget dapat memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi tanpa kenal jarak. Anak pun perlu dikenalkan pada manfaat gadget sebagai media komunikasi yang efektif. Sebagai contoh, ketika sedang tidak ada di rumah, orang tua tetap bisa berkomunikasi dengan si kecil lewat video call atau pesan suara. Meski berjauhan, anak akan memahami bahwa jarak tidak akan menghambat komunikasi dengan orang tua.

    Terlepas dari beragam manfaat di atas, orang tua tetap perlu menerapkan batasan-batasan tertentu. Tujuannya untuk mencegah masalah kecanduan yang berdampak negatif pada pertumbuhan mereka. Jangan sampai aktivitas bermain dan bersosialisasi dengan teman, belajar, tidur siang, dan aktivitas lainnya terganggu karena terlalu sering main gadget.

    Para pakar kesehatan dan pemerhati kesejahteraan anak menyarankan kepada orang tua untuk mengenalkan gadget kepada anak di usia 2-5 tahun. Penggunaan gadget pun harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari 1 jam setiap harinya. Pastikan juga orang tua selalu mendampingi si kecil saat menggunakan gadget

 

Akses Konten Edukatif dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kita memahami bahwa gadget tidak selalu membawa dampak buruk bagi anak jika digunakan dengan baik. Di sisi lain, pastinya kita juga membutuhkan internet cepat dan stabil saat menggunakan gadget untuk mengakses konten edukatif.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) siap menemani aktivitas online Anda bersama si kecil. Didukung oleh kecepatan internet hingga 300 Mbps, Anda bisa menggali informasi seputar parenting dan mendapatkan akses ke konten edukatif untuk anak. Dapatkan juga benefit lainnya berupa bebas nonton tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, bebas streaming Disney+ Hotstar, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta cashback berupa saldo LinkAja. 

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) terdiri dari tiga pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Yuk, nikmati semua keseruan ini hanya dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulan!