2 Cara Mengganti Password Wi-Fi agar Tidak Kebobolan | IndiHome
18 JUL 2022        BLOG

2 Cara Mengganti Password Wi-Fi agar Tidak Kebobolan

Umumnya jaringan Wi-Fi sudah dibekali dengan password tertentu yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Password tersebut penting guna mencegah adanya penyusup untuk menghindari perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Nah, Anda juga perlu mengganti password Wi-Fi secara berkala agar tidak kebobolan. Lalu, bagaimana cara mengganti password Wi-Fi tersebut?


Mengapa Harus Ganti
Password Wi-Fi Secara Berkala?

Sebelum Anda mengetahui cara mengganti password Wi-Fi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa password Wi-Fi harus diganti secara berkala. Password bisa melindungi jaringan Wi-Fi dari hacker yang berniat mencuri informasi penting seperti data pribadi. Maka dari itu, agar keamanan semakin terjamin, Anda perlu mengganti password Wi-Fi tersebut secara berkala. Alasannya adalah:

  • Terhindar dari Pembobolan Akses Internet
    Pernah mengalami jaringan Wi-Fi sering melambat? Bisa saja ada orang yang berhasil mengakses jaringan tersebut. Apalagi bila jangkauan Wi-Fi Anda cukup luas dan berlokasi di pemukiman padat penduduk. Mungkin saja ada orang yang membobol password Wi-Fi Anda agar mendapatkan akses internet gratis. Bila ini terjadi, segera ganti password Wi-Fi Anda. Gunakan kombinasi karakter yang unik dan lebih rumit dari password sebelumnya.
  • Jaga Keamanan Data Pribadi
    Selain password Wi-Fi yang dibobol, kemungkinan data penting yang terhubung ke koneksi internet juga ikut bocor. Tetapi, dengan cara mengganti password Wi-Fi secara berkala, Anda bisa mengurangi risiko tersebut sekaligus menjaga keamanan data pribadi.
  • Amankan Router Wi-Fi
    Gangguan pada router Wi-Fi bisa dipicu oleh banyaknya pengguna di waktu bersamaan. Tidak menutup kemungkinan di antara pengguna tersebut ada yang mengakses jaringan Wi-Fi secara ilegal. Tetapi, masalah ini bisa Anda atasi dengan cara mengganti password Wi-Fi dengan rutin.
  • Koneksi Lebih Stabil
    Kecepatan bandwidth dipengaruhi oleh jumlah perangkat yang terkoneksi dengan internet di waktu bersamaan. Misalnya Anda memiliki kecepatan bandwidth 20 Mbps yang idealnya terhubung ke 3-5 perangkat, tetapi kecepatan tersebut menurun karena terhubung ke lebih dari jumlah perangkat yang seharusnya milik orang tidak bertanggung jawab yang membobol Wi-Fi Anda. Maka dari itu, bila Anda ingin menjaga kestabilan internet sekaligus mencegah pengguna ilegal mengakses internet Anda, ganti password Wi-Fi secara berkala ya!


Cara Mengganti
Password Wi-Fi

Melansir dari dewaweb, ada dua cara mengganti password Wi-Fi yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Cara Mengganti Password Wi-Fi Melalui PC
    • Buka halaman konfigurasi router melalui 192.168.1.1. Jika alamat tersebut tidak dapat diakses, Anda bisa cek alamat IP default yang ada di bagian belakang router.
    • Masukkan username dan password administrasi router. Untuk mendapatkannya, Anda juga bisa memeriksa bagian belakang router.
    • Pilih menu Network di bagian kiri layar, lalu cari menu Wireless atau WLAN.
    • Klik opsi Setting, lalu pilih Security.
    • Cari kolom dengan label WPA Passphrase.
    • Masukkan kata sandi baru dengan karakter yang lebih rumit.
       
  • Cara Mengganti Password Wi-Fi Melalui Smartphone (Android dan iOS)
    • Buka halaman pengaturan router melalui 192.168.1.1 menggunakan browser HP. Jika alamat tersebut tidak dapat diakses, Anda bisa cek alamat IP default yang ada di bagian belakang router.
    • Masukkan username dan password bawaan yang biasanya tercantum di bagian belakang router.
    • Pilih menu Network, lalu pilih WLAN.
    • Untuk mengganti password, cari kolom yang bertuliskan WPA Passphrase.
    • Masukkan kata sandi baru dengan kombinasi karakter yang lebih unik.

Serunya Internetan dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Sudah tahu pentingnya mengganti password Wi-Fi secara berkala, kan? Anda bisa mengikuti cara-cara di atas untuk melakukan penggantian password Wi-Fi. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir pengguna ilegal sehingga internetan jadi semakin lancar. Nah, agar pengalaman berselancar di dunia maya semakin menyenangkan, pastikan Anda berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar).

Nikmati internetan di jaringan stabil dan cepat hingga 300 Mbps serta benefit lain dari mulai cashback, bonus nelpon, hingga akses ke ribuan tayangan menarik sepuasnya. Paket ini tersedia dalam tiga opsi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit ditambah cashback LinkAja sebesar Rp150.000. Anda juga akan mendapatkan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 119 channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).  
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Nikmati kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja Rp150.000 dan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 119 channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).  
  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.0000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja Rp150.000, bebas nelpon lokal/interlokal 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

Dapatkan juga promo lainnya berupa diskon Biaya Pasang Baru (BSP) sebesar 50%, plus bingkisan spesial dari IndiHome seperti Sarung Sobat Gurun, Earphones + Finger Sleeves, atau Sepatu League. Yuk, langganan sekarang juga!