17 Rumus Excel untuk Pemula yang Wajib Dikuasai | IndiHome
14 JAN 2022        BLOG

17 Rumus Excel untuk Pemula yang Wajib Dikuasai

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah data otomatis yang bisa membuat kegiatan hitung-menghitung menjadi lebih praktis. Di zaman modern sekarang, rumus Excel untuk pemula sangat penting untuk dipelajari, terutama jika yang ingin terjun ke dunia kerja, khususnya kerja kantoran.

Software pengolah angka buatan Microsoft ini memang sangat populer digunakan karena terbukti dapat membantu proses penyelesaian berbagai task secara efektif dan efisien. Namun, untuk menggunakan Excel, Anda perlu memahami berbagai rumus dasar Excel terlebih dahulu.

Rumus Excel untuk Pemula yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Kesulitan dalam menghafal rumus Excel? Jangan memaksakan diri, Anda bisa mulai mencoba menghafal 17 rumus dasar di bawah ini sebagai langkah awal belajar Excel:

  1. Sum 

    Fungsi rumus Sum adalah menjumlahkan data berbentuk angka. Anda dapat menghitung jumlah data sesuai yang diinginkan secara lebih cepat dan praktis.

    Rumus Sum:
    Sum (Number 1, [Number 2],...) 

    Contoh Sum:
    =Sum(1,2,4,7,10) > 24 = Sum (a1, a2)


  2. IF
    Rumus IF digunakan dalam membuat perbandingan logis dengan cara menguji parameter serta mengembalikan hasil, seperti True / False. Apabila perbandingannya benar, hasil yang akan keluar adalah True. Sedangkan jika salah, maka hasilnya adalah False.

    Rumus IF:
    IF (logical_test, [value_if_true], [value_if_false])

    Contoh IF:
    =IF(1=1; “Benar” ; “Salah”)


  3. Count
    Rumus Excel Count digunakan untuk menghitung jumlah cell berisi angka. 

    Rumus Count:
    Count (Value1, [Value2],...) 

    Contoh Count:
    =Count(a1:a30)


  4. Average
    Fungsi Average memiliki fungsi mencari nilai rata-rata dalam bilangan aritmetika. Seperti rumus Sum, Average memudahkan proses penghitungan dari belakang layar. 

    Rumus Average:
    Average (Number1, [Number2],...)

    Contoh:
    =Average(C2:C11)


  5. CountA
    Rumus CountA berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, termasuk teks kosong (“”) apabila rentang tersebut isinya rumus string, dan nilai kesalahan. 

    Rumus CountA:
    CountA (Value1,[Value2],...) 

    Contoh:
    =CountA(a1:a20)


  6. CountIF
    Rumus Ms. Excel CountIF memiliki fungsi statik menghitung jumlah sel yang terdapat dalam suatu range dengan catatan memiliki kriteria tertentu. Misalnya, menghitung berapa kali nama kota tertentu muncul di dalam daftar pelanggan.

    Rumus CountIF:
    CountIF (range,criteria)

    Contoh:
    =CountIF(a1:a15,”A”)


  7. Match
    Fungsi dari rumus Match untuk menunjukkan posisi relatif pada suatu item di tabel yang cocok dengan kriteria atau kondisi tertentu, seperti mencari nama orang pada tabel tertentu.

    Rumus Match:
    Match (lookup_vlue,lookup_array,[match_type])

    Contoh:
    =Match(“Lola”,A1:A10,0)


  8. SumIF
    Fungsi SumIF digunakan sebagai penjumlahan bersyarat di Excel. Rumus SumIF umumnya digunakan menjumlahkan suatu kriteria (Penjumlahan nilai range dengan syarat tertentu).

    Rumus SumIF:
    SumIF (Range,criteria, [sum_range]) 

    Contoh:
    =SumIF(a1:a3, “Tahu”, B2:B6)


  9. Choose
    Fungsi rumus Choose dipakai memilih serta menampilkan sebuah nilai dalam daftar, dan pilihannya dilakukan dengan berdasarkan pada nomor indeks. Misalnya, kalau nilai 1-2-3 merupakan warna lampu lalu lintas hijau, kuning, dan merah.


    Rumus Choose akan menampilkan warna dari salah satu lampu, tergantung pada nomor mana yang Anda pilih. 

    Rumus Choose:
    Choose (Index_num,value1[value2],...)

    Contoh:
    =Choose(1,”Low, “Medium”, “Hight”)


  10. SumIfs
    Rumus SumIfs berfungsi untuk mencari sebuah item pada tabel Excel dan mengambil nilai yang terdapat di kolom lain. Contoh mudahnya, jika Anda ingin mencari tahu berapa jumlah pegawai di suatu perusahaan atau kapan ulang tahun seseorang. 

    Rumus SumIfs:
    SumIfs (sum_range_criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...) 

    Contoh:
    =SumIfs(d1:d20,a1:a20,”Lia”,E1:E20,”Januari”)

  11. VlookUp
    Rumus VlookUp fungsinya adalah untuk mencari item pada kolom, tabel, kemudian mengambil nilai yang terdapat dalam kolom lain di tabel sama. Contoh, jika Anda ingin mencari tahu jumlah anak dari pegawai yang ada di kantor.

    Rumus VlookUp:
    VlookUp (lookup_value,lookup_array [match_type]) 

    Contoh VlookUp:
    =Vlookup(“Santi”, A1:C10,4,0)


  12. Round
    Fungsi dari rumus Rounds adalah untuk membulatkan bilangan desimal ke dalam jumlah digit tertentu. Jadi, Anda bisa menentukan sendiri jumlah angka yang diinginkan. 

    Rumus Round:
    Round (number,num_digit) 

    Contoh:
    =Round(11:92827,1)


  13. Trim
    Fungsi Trim untuk membersihkan atau membenarkan suatu teks dari spasi yang tidak perlu. Trim dapat menghilangkan lebih dari satu spasi yang terdapat di antara teks, baik yang ada di depan maupun belakang. Dengan begitu, lembar kerja terlihat lebih bersih dan bagus. 

    Rumus Trim:
    Trim (text) 

    Contoh:
    =Trim(Klik data yang ingin dirapikan)


  14. Upper
    Rumus Upper berfungsi mengonversi (mengubah) semua teks berisi huruf kecil menjadi upper case atau huruf kapital. Fungsi Upper merupakan kebalikan dari rumus Lower.

    Rumus Upper:
    Upper (text) 

    Contoh:
    =Upper(A1)


  15. Lower
    Rumus Lower digunakan untuk mengonversi teks berisi huruf besar menjadi teks huruf kecil (lower case).

    Rumus Lower:
    Lower (text) 

    Contoh:
    =Lower(“teks”)


  16. Proper
    Rumus Proper memiliki fungsi penting sebagai pengubah karakter pertama dari semua kata menjadi huruf kapital, sedangkan sisanya adalah huruf kecil.

    Rumus Proper:
    Proper (text) 

    Contoh Proper:
    =Proper(“Text”) > ...


  17. Lookup
    Rumus Lookup digunakan mencari nilai data pada suatu row atau kolom. Penggunaan rumus Lookup memang kurang populer kalau dibandingkan dengan “Hlookup” dan “Vlookup”.

    Contoh Lookup Vector:
    =Lookup(lookup_value, lookup_vector, [result_vector])

 


Belajar Rumus Excel Basic untuk Pemula Jadi Lebih Mudah dengan Dukungan Internet Cepat di Promo Melalui
Platform Digital IndiHome

Microsoft Excel memang bukan perangkat lunak yang mudah untuk ditaklukkan. Namun, di era digital seperti sekarang, mempelajari Excel menjadi jauh lebih mudah dengan bantuan internet. Di internet, Anda dapat menemukan beragam tips jitu menguasai rumus-rumus dasar Excel secara cepat.

Kegiatan belajar Excel terhambat karena koneksi internet tidak stabil? Jangan khawatir, promo melalui platform digital IndiHome bisa menjawab semua kegundahan Anda. Pasalnya, ada berbagai pilihan paket internet dengan segudang benefit, dan harga terjangkau yang ditawarkan di program big promo ini.


Apa Itu Promo Melalui
Platform Digital IndiHome?

Promo melalui platform digital IndiHome hadir untuk memanjakan pelanggan setia, IndiHome mempersembahkan berbagai penawaran paket internet terbaik dengan harga istimewa, seperti Paket 2P (Internet+Phone), Paket 2P (Internet+TV), dan Paket 3P (Internet+TV+Phone).

Jadi, Anda dapat menikmati layanan berkualitas meskipun dengan budget rendah, termasuk internet dengan banyak pilihan kecepatan hingga 100 Mbps dan beragam tayangan unggulan OTT streaming platform favorit keluarga. Seperti Disney+ Hotstar, MOLA, WeTV iflix, dan masih banyak lainnya. 

Bagi pelanggan Paket 2P (Internet+TV) dan Paket 3P (Internet+TV+Phone), ada bonus spesial tambahan berupa 50+ channel TV dari add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Dapatkan juga cashback LinkAja sebesar Rp100.000.

Tertarik untuk mendapatkan berbagai penawaran eksklusif dari IndiHome?

Anda bisa langsung berlangganan salah satu paket internet di promo melalui platform digital IndiHome. Untuk meraih kesempatan eksklusif ini, Anda dapat melakukan registrasi melalui:

  • Official website IndiHome di https://indihome.co.id/
  • Aplikasi myIndiHome
  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Sobat IndiHome
  • Kios myIndiHome

Di promo melalui platform digital IndiHome, Anda tidak hanya mendapatkan benefit berupa nyamannya internetan di jaringan stabil, sehingga mencari tips belajar rumus Excel untuk pemula jadi lebih praktis, namun juga banyak bonus menarik dari IndiHome.