10 Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Kokoh dan Awet | IndiHome
12 AUG 2021        BLOG

10 Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Kokoh dan Awet

Penggunaan furnitur dari material kayu memang dapat menambah nilai estetika pada hunian. Tidak heran jika hingga saat ini perabotan kayu masih menjadi primadona di hati banyak orang. Akan tetapi, tingkat kerumitan merawat furnitur kayu juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya.

Selain dituntut mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada furnitur kayu, Anda juga harus paham bagaimana cara melakukan perawatan yang tepat agar furnitur bisa tetap awet dan kokoh. Karena, cara merawat perabot kayu itu mudah, hanya butuh konsistensi.

Tips Mudah Merawat Furnitur Kayu

  1. Jangan Diletakkan di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung
    Furnitur kayu memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi. Apabila diletakkan pada area yang rawan terkena cahaya matahari langsung, maka bisa membuat kelembaban tersebut menguap. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya keretakan dan pecah di berbagai area. 


  2. Membersihkan Debu Secara Rutin
    Mungkin tidak banyak yang menyadari hal ini, namun membiarkan furnitur kayu berdebu bisa menyebabkan perabotan cepat keropos. Untuk menjaga ketahanannya, sebaiknya bersihkan furnitur secara rutin menggunakan kain bertekstur lembut untuk menjaga warna perabot. Hindari penggunaan lap berbahan silikon karena akan mengakibatkan lecet dan merusak area permukaan furnitur.


  3. Jauhkan dari Cairan
    Meletakkan piring, gelas, atau benda lain yang basah bisa meninggalkan bekas noda menempel pada permukaan furnitur kayu. Jika kebiasaan ini diteruskan, maka noda tersebut dapat merusak tekstur perabot. Oleh karena itu, harus segera dibersihkan.

    Cara membersihkannya cukup mudah, tinggal usapkan campuran minyak goreng dengan soda dan pasta gigi, kemudian usap secara lembut menggunakan kain lembut. Selain itu, Anda juga bisa menghancurkan biji kenari, lalu mengusapkan serpihannya pada noda.


  4. Menggunakan Coating (Pelapis Kayu)
    Ini merupakan salah satu trik paling ampuh dalam merawat perabotan kayu, khususnya di musim panas. Coating berkualitas bisa mencegah kerusakan para furnitur. Anda tidak membutuhkan bantuan ahli untuk melakukan hal ini, sebab coating dapat dilakukan sendiri saat punya waktu luang.

    Caranya pun mudah, oleskan cat coating secara tipis di atas perabot lalu diamkan selama 30 – 60 menit. Gosok menggunakan sikat lembut, dan setelah 1 jam, ulangi cara coating seperti sebelumnya agar permukaan furnitur tampak lebih berkilau.

  5. Hati-Hati dalam Memindahkan Furnitur
    Anda mungkin merasa bosan dengan tampilan ruangan, sehingga memutuskan memindahkan furnitur yang ada ke sisi atau ruangan lain. Tanpa disadari, proses pemindahan berpotensi merusak struktur dan cat furnitur, apalagi yang terbuat dari kayu.

    Supaya furnitur tidak rusak saat digeser, maka sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Selain itu, untuk perabot berukuran besar, mintalah bantuan orang lain untuk mengangkatnya. Sehingga, furnitur bisa terbebas dari kerusakan dan lantai rumah terbebas dari goresan.

  6. Hindari dari Area yang Rawan Terkena Air
    Anda mungkin lupa dan meletakkan furnitur kayu di area yang rawan terkena cipratan air hujan, seperti di samping jendela, di ruangan yang atapnya bocor, atau menempelkannya di dinding yang sering rembes. Harus Anda ketahui bahwa hal tersebut bisa mempercepat kerusakan kayu. 

    Selain memicu pertumbuhan lumut dan jamur sehingga menyebabkan kayu mengalami kebusukan, warna cat juga bisa pudar apabila terus menerus terkena air. Di samping itu, tidak disarankan meletakkan furnitur kayu di kamar mandi, area mencuci, atau dapur. 

  7. Selalu Gunakan Tikar dan Tatakan Gelas
    Jangan sajikan makanan dan minuman langsung ke meja berbahan kayu, karena hal ini bisa meninggalkan noda membandel yang sulit dihilangkan. Selalu pakai tatakan gelas atau lapisan piring lain sebelum menyajikan makanan di atas meja, atau aplikasikan taplak meja.


  8. Mengaplikasikan Alas
    Sebagian furnitur kayu memiliki beban cukup berat, sebab materialnya adalah kayu keras. Agar tidak merusak lantai dan kaki furnitur, gunakan kain kesat pada setiap sisi kaki perabotan. Selain berguna melindungi lantai, hal ini juga bisa membuat furnitur lebih awet.


  9. Gunakan Cairan Anti Jamur dan Anti Rayap
    Sudah menjadi rahasia umum jika furnitur kayu sangat rentan terhadap serangan jamur dan serangga seperti rayap. Untuk menghindari hal tersebut, Ada bisa mengaplikasikan cairan atau obat anti rayap dan jamur yang ramah lingkungan untuk memproteksi perabot


  10. Bersihkan Furnitur Kayu dengan Sisa Teh
    Teh merupakan salah satu jenis minuman yang selalu ada di setiap rumah di Indonesia. Namun, siapa sangka jika ternyata teh bekas dapat dimanfaatkan sebagai pembersih furnitur kayu. Selain lebih hemat budget, cara ini juga terkenal efektif dan layak dicoba.

    Berikut ini cara mudah membersihkan furnitur dengan teh bekas:

    • Celup lap berbahan lembut ke dalam seduhan teh
    • Usapkan pada permukaan furnitur yang ingin dibersihkan
    • Diamkan sampai kering

 

Mau Tahu Cara Merawat Furnitur Kayu yang Baik dan Benar? Simak Tips Selengkapnya dengan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome!

Berbeda dengan perabot berbahan material lain, furnitur kayu membutuhkan perawatan khusus yang lebih rumit untuk mempertahankan kualitasnya. Apalagi, jika perabotan tersebut adalah barang antik peninggalan orang tua, maka harus dirawat dengan benar agar tetap terlihat bagus dan kokoh.

Tanpa perawatan berkala, perabotan berbahan kayu akan rentan dimakan rayap, terserang jamur, mengalami pemudaran warna cat, hingga retak-retak. Secara umum, penyebab kerusakan furnitur kayu cukup banyak. Oleh karena itu, Anda harus paham cara merawat perabot berbahan kayu.

Di era digital ini, segala hal memang menjadi lebih mudah, termasuk dalam memperoleh informasi. Begitu pula dengan mencari cara merawat furnitur kayu, Anda bisa mencarinya melalui internet.

Terkendala dalam mencari informasi karena internet tidak stabil? Inilah saat yang tepat untuk berlangganan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Apa Itu Paket 2P (Internet + Phone) IndiHome?

Paket 2P (Internet + Phone) adalah solusi untuk memenuhi kebutuhan aktivitas digital Anda dan keluarga dengan menghadirkan internetan di jaringan paling stabil hingga 100 Mbps. Selain itu, Anda juga bebas nelpon lokal/interlokal selama 300 menit. Menarik sekali, kan?

Selain bisa bebas internetan dan nelpon, Anda juga bisa memilih bonus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Biaya berlangganannya pun terjangkau, yakni mulai dari Rp315.000 saja per bulannya.

Di bawah ini adalah pilihan bonus Paket 2P (Internet + Phone) IndiHome:

  1. Smart
    Smart Camera, Wifi.id Seamless, IndiHome Study

  2. Entertainment
    Add-On Gamer, Wifi.id Seamless, Langit Musik (Gold)

  3. Study
    IndiHome Study, Wifi.id Seamless, Cloud Storage 16 GB

Dengan dukungan internet stabil dari Paket 2P (Internet + Phone) IndiHome, sekarang Anda bisa mencari beragam informasi mengenai cara merawat furnitur kayu yang baik dan benar. Jadi, perabotan kayu tetap terjaga kualitasnya dan keluarga di rumah bisa bebas internetan dengan nyaman.