10 Suku di Indonesia dengan Populasi Terbanyak | IndiHome
6 JUN 2022        BLOG

10 Suku di Indonesia dengan Populasi Terbanyak

Seperti yang kita ketahui, Indonesia mempunyai lebih dari 1.340 suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Angka tersebut akan selalu bertambah dengan mengikuti berapa banyaknya nama-nama suku di Indonesia yang ditemukan seiring berjalannya waktu. Semua suku yang ada ini tentu memiliki karakteristik tersendiri seperti bahasa, budaya, adat istiadat, juga pakaian tradisionalnya. Dari sekian banyaknya suku bangsa yang tersebar ini, terdapat 10 suku dengan jumlah populasi terbanyak. Apa saja? Yuk, kita pelajari lebih dalam melalui penjelasan di bawah ini!

Yuk, Ketahui 10 Suku di Indonesia yang Memiliki Populasi Terbanyak

Melansir dari 99.co, berikut ini suku-suku di Indonesia yang tercatat memiliki jumlah populasi terbanyak:

 

  • Suku Jawa
    Sudah tidak asing lagi jika Suku Jawa memiliki penduduk terbanyak sehingga menempati peringkat pertama di antara suku di Indonesia lainya. Penduduk suku ini tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarata, Kabupaten Indramayu, dan Banten, bahkan tersebar hingga seluruh pelosok Nusantara lainnya. Tidak hanya itu, penduduknya juga dikenal sebagai orang-orang yang ramah dan mudah berbaur. Meskipun sedikit pemalu, mereka memiliki rasa sopan santun yang tinggi dan menjunjung nilai budaya. Kulinernya juga selalu menjadi incaran banyak turis yang datang.

 

  • Suku Sunda
    Salah satu di antara suku-suku di Indonesia dengan populasi terbanyak juga ditempati oleh Suku Sunda yang sama-sama berasal dari Pulau Jawa. Penduduk Suku Sunda biasanya bermukim di Provinsi Jawa Barat, Banten, dan Banyumasan. Daerah cakupan tersebut masuk kedalam kategori Tatar Pasundan yang memiliki ciri khas seperti sifat optimisnya, ramah, periang, memiliki dasar etika tinggi, dan bersahaja. Bahkan Tome Pires menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Suma Oriental bahwa Suku Sunda memiliki sifat yang jujur dan berani. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki selera humor yang tinggi.

 

  • Suku Batak
    Berasal dari Sumatera Utara, Suku Batak memiliki lima jenis etnis yaitu Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing, dan Batak Pakpak. Meski masih dicakup dalam satu suku, kelima etnis tersebut kabarnya memiliki logat bahasa yang berbeda-beda. Oleh masyarakat, suku Batak dikenal dengan karakternya yang keras dan tegas karena cara bicara mereka. Namun, sama seperti suku di Indonesia lainnya, Suku Batak juga memiliki kekayaan adat istiadat yang sangat seru untuk dipelajari.

 

  • Suku Madura
    Bukan hanya Suku Jawa saja, Suku Madura dari Jawa Timur yang notabene tetangga mereka juga tercatat sebagai suku di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak. Masyarakat Madura dikenal banyak yang merantau ke daerah lain. Sama seperti suku Batak, mereka juga dikenal memiliki intonasi bicaranya yang keras dan tegas. Tetapi, di balik itu semua, masyarakatnya layak diacungi jempol karena memiliki sifat pekerja keras, hemat, disiplin, dan memiliki tradisi Islam yang melekat kuat.

 

  • Suku Betawi
  • Suku Betawi juga termasuk ke dalam suku di Indonesia yang paling banyak bermukim di Batavia sejak abad ke-17. Kabarnya suku ini terlahir dari hasil perkawinan antar suku yang didatangkan Belanda ke Batavia di zaman kolonial. Tetapi, jika dilihat dari karakteristiknya, suku Betawi memiliki dua etnis yang dominan, yaitu Arab dan Tiongkok. Umumnya, masyarakat Betawi bermukim di Jakarta dan Bogor. Kesenian yang dimiliki pun sangat beragam mulai dari lenong, gambang, kromong, keroncong dan tanjidor.

 

  • Suku Minangkabau
    Berasal dari Sumatra Barat, Suku Minangkabau juga masuk ke dalam suku di Indonesia dengan jumlah penduduk paling banyak. Penduduknya termasuk dalam kelompok Deutro Melayu yang bermigrasi dari Tiongkok ke Pulau Sumatra. Itulah mengapa pakaian adat Minangkabau terkesan mirip dengan baju adat Tiongkok. Mereka juga dikenal memiliki kepiawaian dalam berdagang dan bidang profesional lainnya serta intelektualitas yang tinggi layaknya masyarakat Tiongkok.  Tidak hanya itu, orang-orang dari Suku Minangkabau juga suka merantau.

 

  • Suku Bugis
    Suku Bugis yang berasal dari Sulawesi Selatan ini juga memiliki banyak penduduk di antara suku-suku di Indonesia lainnya. Sama seperti Minangkabau, mereka juga termasuk dalam Deutro Melayu dan perantau sehingga orang Suku Bugis banyak ditemui di berbagai belahan Nusantara.

 

  • Suku Melayu
    Berasal dari wilayah Semenanjung Malaya hingga Kalimantan. Namanya sendiri dikenal karena berasal dari Kerajaan Melayu dari Pulau Sumatera. Wajar saja jika Suku Melayu masuk ke dalam kategori suku di Indonesia dengan populasi paling banyak. Tidak hanya itu, mereka juga dikenal memiliki logat bahasa yang halus.

 

  • Suku Banjar
    Mendiami wilayah Kalimantan Selatan dan sebagian Kalimantan Timur. Suku Banjar dikenal senang berdagang dan merantau ke daerah lain. Aktivitasnya pun sudah berlangsung selama ratusan tahun silam. Tidak hanya itu, mereka juga termasuk ke dalam suku di Indonesia dengan populasi paling banyak.

 

  • Suku Bali
    Selain termasuk ke dalam daftar suku-suku di Indonesia dengan populasi terbanyak, Suku Bali juga paling banyak dikenal hingga mancanegara. Keindahan alamnya yang eksotis menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia yang banyak dikunjungi turis asing. Tidak heran bila mereka mengenal tradisi dan kebudayaan Suku Bali.


Mengenal Suku Lainnya di Indonesia dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Berbicara tentang kekayaan budaya Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya. Buktinya saja terdapat ribuan suku di Indonesia dengan keragaman budaya, bahasa, serta karakteristik. Penasaran ingin mencari tahu lebih banyak tentang budaya Tanah Air kita dengan mudah meski Anda tidak menjelajah Indonesia secara langsung? Mudah kok, dengan jaringan internet cepat dan stabil dari Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar), Anda bisa internetan dengan kecepatan hingga 300 Mbps!

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan benefit lainnya untuk memenuhi kebutuhan Anda, mulai dari tayangan berkualitas di ratusan channel TV, bonus nelpon, hingga cashback LinkAja.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dengan tiga pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel, bonus tambahan berupa  57 channel TV selama 3 bulan dan bebas akses Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps hingga 300 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel dan ekstra bonus berupa 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas akses Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal selama 50 menit, cashback LinkAja Rp100.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. 

Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga dan dapatkan semua benefit-nya!