10 Menu Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia | IndiHome
22 APR 2022        BLOG

10 Menu Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Lebaran atau Idulfitri menjadi salah satu momen spesial bagi umat muslim di Indonesia. Momen tersebut tak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga momen untuk menikmati kuliner khas lebaran.

Tidak lengkap rasanya jika momen lebaran tidak diisi dengan berbagai menu masakan Indonesia yang dikenal akan kelezatannya. Nah, berikut ini ada 10 menu khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib Anda ketahui:

  • Gulai Nangka, Medan
    Tidak hanya ayam, ada juga menu gulai nangka dari Medan yang cocok untuk dijadikan menu khas lebaran. Masakan ini memiliki rasa gurih dan bumbu khas yang bisa menggugah selera siapa pun yang memakannya.
  • Bebek Gulai Kurma, Aceh
    Ternyata, Aceh memiliki masakan khas gulai bebek dengan campuran kurma. Uniknya, salah satu bahan gulai yang digunakan adalah kelapa gongseng yang telah dihaluskan. Rasa bebek serta bumbu gulai dan buah kurma yang khas sangat enak untuk dinikmati.
  • Rendang, Padang
    Siapa yang tidak tahu rendang? Kuliner khas Padang ini menjadi menu khas lebaran yang tak boleh dilewatkan. Rasa gurih dan pedas dari bumbu rendang dijamin tidak akan ada yang bisa menandinginya.
  • Ayam Bumbu Anam, Palembang
    Masyarakat Pelembang tentu sudah familiar dengan masakan ayam bumbu anam. Makanan ini memiliki penampilan layaknya sebuah gulai. Namun, rasanya tentu berbeda karena kuahnya dibuat lebih kental dan gurih sehingga cocok dinikmati dengan ketupat.
  • Lemang, Pontianak
    Selain terkenal di daerah asalnya, yaitu Sumatera, lemang juga terkenal di Pontianak. Jika Anda biasa mengonsumsi lauk khas lebaran dengan ketupat, maka sekali-sekali cobalah dengan lemang. Makanan khas Melayu yang terbuat dari beras ketan ini biasanya dijadikan makanan pendamping rendang. Uniknya, lemang dimasak di dalam bambu dan ditambahi dengan santan serta garam sehingga memiliki rasa yang gurih.
  • Semur Daging, Jakarta
    Masakan ini menjadi menu yang sayang untuk dilewatkan saat lebaran. Sebab, di setiap gigitannya akan terasa legitnya sebuah daging yang telah dibumbui. Makanan ini memiliki kuah berwarna cokelat pekat dengan berbagai rasa dari rempah serta kecap. Selain daging, semur juga biasanya dilengkapi dengan kentang, tahu, tempe dan telur yang menambah kenikmatannya. 
  • Soto Banjar, Banjarmasin
    Jika ingin mengonsumsi makanan yang ringan namun tetap berkesan, maka Anda bisa mencicipi soto Banjar dari Banjarmasin. Makanan ini memiliki kuah yang lezat serta gurih dengan tambahan suwiran ayam, perkedel kentang, telur, dan bawang goreng.
  • Ayam Gagape, Makassar
    Hidangan ayam gagape memiliki tampilan yang mirip dengan opor ayam. Namun, rasanya sangat berbeda, karena hidangan ayam gagape memiliki kuah yang kuat serta tambahan kelapa sangrai yang membuat rasanya semakin gurih. 
  • Ayam Woku, Manado
    Masakan dari Manado yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Ayam woku memiliki bumbu layaknya bumbu rujak dengan rasa pedas serta wangi dari daun kemangi yang bikin nagih.
  • Kellah Pateh, Madura
    Menu khas lebaran biasanya identik dengan olahan daging ayam, sapi atau kambing. Namun, Kellah Pateh dari Madura menawarkan olahan yang berbeda, yakni terbuat dari ikan tenggiri yang digoreng dan dibumbui dengan kuah santan serta rempah. Kellah Pateh memiliki rasa yang kuat dan lezat. Biasanya, Kellah Pateh dimasak bersama belimbing wuluh dan disajikan menggunakan ketupat atau lontong.

Lengkapi Momen Silaturahmi dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Lebaran tentu menjadi momen yang dinanti-nanti setiap umat muslim karena bisa kembali bersilaturahmi bersama keluarga dan bisa menikmati banyak menu khas lebaran. Namun, akan terasa kurang jika berkumpul bersama keluarga tanpa tayangan hiburan seru seperti film, serial hingga TV series.

Jangan khawatir, karena ada Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) yang akan menemani momen seru bersama keluarga saat lebaran. Dengan berlangganan paket ini, streaming semua konten di Disney+ Hotstar jadi makin seru dengan internet cepat dari IndiHome hingga 300 Mbps.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dengan tiga pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel, bonus tambahan berupa  57 channel TV selama 3 bulan dan bebas akses Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps hingga 300 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio.

  • Paket 2P (Internet + TV)
    Tersedia kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan cashback LinkAja sebesar Rp100.000 serta bebas akses tayangan berkualitas di 107 channel dan ekstra bonus berupa 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas akses Disney+ Hotstar. Tidak hanya itu, untuk kecepatan 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, CATCHPLAY+, WeTV iflix, dan Vidio. 

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Tersedia kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal selama 50 menit, cashback LinkAja Rp100.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar.  

Yuk, jadikan momen lebaran lebih bermakna dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)!