10 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan | IndiHome
19 JAN 2022        BLOG

10 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan

Sarapan adalah aktivitas rutin penting yang dilakukan setiap hari. Makanan yang dikonsumsi pada pagi hari akan menjadi sumber energi tambahan bagi tubuh. Namun, Anda harus memperhatikan asupan menu makanan. Karena ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan.

Sarapan yang sehat terdiri dari jenis makanan yang mengandung karbohidrat, sayuran, lauk pauk, buah-buahan, serta minuman. Makan pagi ibarat bahan bakar bagi tubuh agar tetap fit menjalani rutinitas harian. Oleh sebab itu, menu yang dipilih pada saat sarapan juga tidak boleh sembarangan.


Catat, Ini Dia Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dianjurkan Kemenkes, sarapan dianjurkan dilakukan pada waktu bangun pagi hingga pukul sembilan. Sarapan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian 15-30%. Karena itulah, makan pagi penting dalam upaya mewujudkan hidup sehat dan produktif.

Lantas, jenis makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sarapan? Berikut jawabannya:

  1. Sereal Manis
    Perlu diketahui, kalau menu sereal manis mengandung kadar gula tinggi yang berpotensi mempengaruhi kinerja hormon insulin dalam mengendalikan gula darah. Akibatnya, mengonsumsi sereal manis kerap dikaitkan dengan risiko iritabilitas dan cepat lapar.
     
  2. Pancake
    Sajian yang terbuat dari bahan utama tepung putih halus dengan taburan mentega atau sirup manis ini dinilai memiliki kandungan gula, lemak, dan kalori tinggi. Bukan hanya itu, pancake juga rendah serat dan protein, padahal keduanya sangat dibutuhkan sebagai sumber energi.

    Terlalu sering mengkonsumsi pancake sebagai menu sarapan bisa dianggap dapat mempengaruhi tingkat kadar gula, serta meningkatkan resiko menambah berat badan.

  3. Muffin
    Jenis makanan yang sebaiknya dihindari ketika sarapan selanjutnya adalah muffin. Seperti pancake, muffin juga dibuat dari tepung putih halus dengan tambahan gula dan minyak tinggi.

    Sajian muffin mengandung lemak, karbohidrat, dan gula yang tidak bisa menyuplai energi secara maksimal. Di samping itu, muffin juga sangat rendah terhadap serat dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya gantilah muffin dengan menu sehat lain.
     
  4. Roti Bakar Mentega
    Tidak dapat dipungkiri, kalau menu roti bakar mentega adalah menu makan pagi praktis dan lezat. Akan tetapi, hidangan ini tidak bisa memberikan cukup energi sebagai bekal melakukan kegiatan harian. Sebab sebagian besar kandungannya adalah lemak dan karbohidrat.
     
  5. Daging Olahan
    Produk yang terbuat dari olahan daging, seperti daging asap, sosis, nugget, dan sejenisnya adalah tipe menu berbahaya yang tidak baik bagi kesehatan, sehingga tidak cocok untuk sarapan.

    Setiap 50 gr daging olahan yang dikonsumsi bisa meningkatkan resiko terserang penyakit jantung hingga 42%. Selain itu, produk olahan daging juga mengandung garam cukup tinggi, sehingga berpotensi memicu kenaikan tekanan darah atau hipertensi.
     
  6. Nasi Uduk
    Menu berat dan mengenyangkan ini memang menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia untuk sarapan. Namun, siapa sangka kalau nasi uduk masuk dalam kategori makan pagi tidak sehat. Apalagi, biasanya nasi uduk dihidangkan dengan komponen lain.

    Coba perhatikan lagi, nasi merupakan sumber karbohidrat. Menyantap nasi uduk yang telah dilengkapi bihun atau mie goreng, sambal goreng, dan gorengan, maka otomatis akan membuat asupan karbohidrat menjadi meningkat berlipat ganda.

  7. Donat
    Bukan hanya terbuat dari komposisi bahan tidak sehat, yaitu tepung, krim, dan gula. Proses pengolahan donat juga dilakukan dengan metode deep fried yang membuat kandungan minyak dalam donat sangat tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat, namun rendah gizi.

    Perlu diketahui, kalau lemak yang berasal dari penggorengan, khususnya metode deep fried, adalah jenis lemak jenuh dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah memicu kenaikan kadar kolesterol di dalam darah.

  8. Yoghurt
    Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus menghindari yoghurt saat sarapan, padahal yoghurt kaya dengan kandungan protein dan probiotik baik. Namun, jangan lupa kalau ada beberapa jenis yoghurt yang mengandung gula tambahan cukup tinggi.

    Oleh sebab itu, kurang dianjurkan mengkonsumsi yoghurt saat sarapan. Apalagi, ada jenis yoghurt yang tidak mengandung lemak, sehingga tidak dapat memberikan efek kenyang ketika dikonsumsi. Kalau mau makan yoghurt saat sarapan, sebaiknya pilihlah jenis Greek yoghurt.
     
  9. Jus Buah
    Benar bahwa jus buah kaya dengan kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, mengkonsumsi jus buah tanpa dibarengi makanan lain saat sarapan tidak disarankan. Karena faktanya, jus buah tidak bisa memberikan asupan cukup nutrisi.

    Apalagi, kalau Anda menambahkan gula pada jus, atau menggunakan buah-buahan manis yang mengandung fruktosa tinggi. Hal tersebut justru bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan. Oleh sebab itu, perhatikan jenis buah yang akan dijadikan jus.

  10. Sandwich Cepat Saji
    Apakah Anda termasuk penggemar sandwich dari restoran cepat saji? Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini terlalu sering, sebab bisa membawa efek samping bagi kesehatan. Karena sandwich instan mengandung pengawet, lemak, dan natrium tidak sehat.


Nikmati Kemudahan
Browsing Informasi Mengenai Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan dengan Promo Melalui Platform Digital IndiHome

Tanpa disadari, ada banyak sekali jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan. Bahkan, beberapa makanan tersebut mungkin saja adalah favorit Anda. Sebab selain praktis disajikan, menu makanan tidak sehat juga umumnya memiliki cita rasa yang lezat dan menggoda.

Lalu, menu makanan apa yang sebaiknya dijadikan pilihan konsumsi saat sarapan? Anda bisa mencari berbagai referensi mengenai menu makan pagi sehat di internet atau channel televisi yang menghadirkan ragam tayangan edukatif tentang kesehatan. Bagaimana, mudah sekali, bukan?

Untuk memenuhi kebutuhan digital, berupa koneksi internet stabil dan bebas akses ke berbagai channel TV, Anda bisa berlangganan salah satu paket terbaik di Promo Melalui Platform Digital IndiHome.

Dengan merogoh kocek mulai Rp275.000 saja per bulannya, Anda bisa menikmati nyamannya internetan di jaringan berkualitas.

Apa saja benefit yang ditawarkan Promo Melalui Platform Digital IndiHome? Di bawah ini adalah opsi paket pilihan beserta benefitnya yang bisa dijadikan pertimbangan.

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internet di jaringan super cepat mulai 20 Mbps – 100 Mbps, terdapat pilihan bebas akses Disney+ Hotstar, telepon rumah 100 menit, dan cashback Rp100.000.
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internet di jaringan super cepat mulai 30 Mbps – 100 Mbps, bebas menyaksikan ragam tayangan di 90+ channel televisi lokal dan mancanegara, dan akses ke berbagai layanan streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Anda dapat menikmati kenyamanan berselancar di internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps, menonton tayangan TV dan video interaktif pada 90+ channel favorit, gratis nelpon hingga 100 menit, dan juga menonton drama atau film favorit di berbagai aplikasi streaming populer, seperti Disney+ Hotstar, UseeTV GO, dan lainnya, serta cashback Rp100.000.

Di Promo Melalui Platform Digital IndiHome, Anda bisa menemukan berbagai pilihan paket internet dengan benefit terbaik namun harganya terjangkau. Jadi, kegiatan browsing mencari tahu makanan yang harus dihindari saat sarapan bisa menjadi lebih mudah dan praktis.