Tips Menu Sahur Sehat Agar Puasa Kuat Berenergi dan Produktif | IndiHome
21 APR 2021        BLOG

Tips Menu Sahur Sehat Agar Puasa Kuat Berenergi dan Produktif

Dalam rangka menjalani bulan Ramadan yang penuh rahmat dengan maksimal, kaum muslimin di seluruh dunia perlu mempersiapkan ibadah puasanya dengan lebih optimal. Salah satu cara untuk mengoptimalkan ibadah puasa adalah dengan mengkonsumsi menu sahur sehat yang memenuhi rekomendasi dari ahli gizi.

Dengan nutrisi yang mencukupi dari sahur, maka puasa akan terasa lebih ringan dijalankan terutama di tengah aktivitas yang tetap padat ketika berpuasa. Sebenarnya, perencanaan menu sahur yang sehat dan bergizi selama bulan puasa tidaklah sulit dan tidak membutuhkan biaya yang besar. 

Tips Merencanakan Menu Sahur Sehat Selama Bulan Puasa

  1. Asupan Serat Harus Memenuhi Kebutuhan

    Salah satu nutrisi penting yang harus ada dalam setiap menu sahur bergizi dan sehat adalah serat pangan. Serat memiliki segudang manfaat bagi sistem pencernaan seperti kesehatan usus. Serat akan bekerja untuk mencegah timbulnya sembelit maupun penyakit pada saluran pencernaan lainnya.

    Bahkan, tidak hanya bekerja untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, nutrisi berupa serat juga berfungsi dalam menurunkan tingkat peradangan yang terjadi pada usus. Serat bekerja membersihkan sisa makanan yang ada di dalam usus sehingga dapat membantu mencegah timbulnya kanker usus.

    Jumlah serat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari sebesar 25 hingga 30 gram serat alami dari makanan. Makin bertambah usia seseorang, maka jumlah serat yang disarankan untuk dikonsumsi pun lebih besar.

    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan melalui American Health Association, ditemukan bahwa jumlah serat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh anak berusia 5 sampai 11 tahun adalah 20 gram setiap harinya.

    Anda bisa memperoleh sumber serat dari mana pun terutama sayuran hijau, buah-buahan, gandum, beras kasar serta sumber serat lainnya seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian.

  2. Tidak Mengkonsumsi Makanan Terlalu Asin atau Terlalu Manis

    Selama sahur, hindari makanan yang terlalu manis dan terlalu asin. Makanan yang terlalu manis ataupun asin justru akan membuat tubuh cepat merasa haus. Hal ini karena garam dan gula akan menyerap cairan yang ada di dalam tubuh.

    Padahal, selama berpuasa, tubuh Anda harus menjaga kadar cairan di dalamnya agar tidak dehidrasi. Hindari juga minuman mengandung kafein karena kafein juga menyerap banyak air yang ada di dalam tubuh.

  3. Konsumsi Protein

    Protein merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh selain lemak dan karbohidrat. Protein dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar karena protein mempunyai fungsi dalam membentuk antibodi serta katalis dalam pembentukan enzim serta hormon.

    Selama berpuasa, tubuh cenderung lebih mudah terserang oleh berbagai penyakit menular karena antibodi yang menurun. Oleh karena itu konsumsi protein dapat membantu menyeimbangkan jumlah antibodi dalam tubuh.

    Kebutuhan protein orang dewasa dengan berat badan sekitar 50 kg adalah 60 hingga 75 gram protein setiap hari. Kebutuhan protein seseorang sebesar 1,2 sampai 1,5 gram per kg berat badannya. Selama sahur, Anda bisa mengkonsumsi sumber protein baik nabati dan hewani.

    Sumber protein nabati yang baik adalah kacang polong dan kedelai. Sementara sumber protein hewani yang bisa dipilih adalah abalone, daging ayam tanpa lemak, daging sapi tanpa lemak, telur, dan ikan.

  4. Tetap Konsumsi Lemak dalam Jumlah Mencukupi

    Jangan menghindari lemak namun juga jangan berlebihan ketika mengonsumsinya. Lemak sangat dibutuhkan di saat puasa dalam jumlah sedang agar tubuh tetap bertenaga ketika puasa. Lemak adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

    Selain mengonsumsinya dalam jumlah sedang, Anda juga tetap harus menghindari lemak jenuh serta lemak trans yang berasal dari produk goreng-gorengan. Pilih lemak tak jenuh yang merupakan lemak baik.

    Sumber lemak tak jenuh bisa berasal dari minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak zaitun, dan minyak jagung. Ikan sarden, ikan mackerel, dan ikan salmon juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik dipilih. Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh sehat lainnya.

  5. Perbanyak Air Putih

    Sahur adalah saat paling tepat untuk memberi tubuh Anda asupan cairan yang mencukupi selama berpuasa. Konsumsilah air putih satu gelas ketika bangun tidur untuk sahur. Sebaiknya bangun sahur lebih awal agar Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak air putih.

Paket 2P (Internet + TV) dan Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome untuk Berkonsultasi dengan Ahli Gizi

Jika Anda khawatir menu sahur keluarga Anda masih kurang sehat, kini ada banyak website yang menyediakan layanan konsultasi dengan ahli gizi secara online. Anda bisa bertanya mengenai menu sahur yang sebaiknya Anda siapkan untuk keluarga saat puasa agar kebutuhan nutrisi mereka terpenuhi.

Untuk mendukung Anda bertanya dengan ahli gizi secara online, kini IndiHome hadir dengan pilihan paket internet menarik, yakni Paket 2P (Internet + Phone) dan Paket 2P (Internet + TV). Paket 2P (Internet + Phone) sangat cocok dipilih oleh mereka yang harus sering berkomunikasi menggunakan telepon. 

Sementara apabila Anda dan keluarga senang menikmati tontonan dari saluran televisi populer dalam negeri maupun mancanegara, maka Anda bisa memilih Paket 2P (Internet + TV). Berikut beberapa pilihan kecepatan yang tersedia untuk Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome:

  1. Paket 2P (Internet + Phone) Up To 20 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 20 Mbps dapat dinikmati oleh 3 hingga 5 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp315.000 per bulannya.

  2. Paket 2P (Internet + Phone) Up To 30 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 30 Mbps dapat dinikmati oleh 5 hingga 7 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp390.000 per bulannya.

  3. Paket 2P (Internet + Phone) Up To 40 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 40 Mbps dapat dinikmati oleh 7 hingga 10 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp465.000 per bulannya.

  4. Paket 2P (Internet + Phone) Up To 50 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 50 Mbps dapat dinikmati oleh 10 hingga 12 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp530.000 per bulannya.

  5. Paket 2P (Internet + Phone) Up To 100 Mbps
    Pilihan kecepatan up to 100 Mbps dapat dinikmati oleh 12 sampai 18 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp885.000 per bulannya.

    Anda akan mendapat bonus telepon selama 300 menit telepon ke sambungan lokal dan interlokal. Selain itu juga tersedia beberapa jenis bonus menarik yang bisa dipilih yakni Entertainment, Smart, dan Study. Sementara untuk pilihan kecepatan Paket 2P (Internet + TV) terdiri dari lima pilihan berikut:

    1. Paket 2P (Internet + TV) Up To 20 Mbps
      Pilihan kecepatan up to 20 Mbps dapat dinikmati oleh 3 hingga 5 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp345.000 per bulannya.

    2. Paket 2P (Internet + TV) Up To 30 Mbps
      Pilihan kecepatan up to 30 Mbps dapat dinikmati oleh 5 hingga 7 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp420.000 per bulannya.

    3. Paket 2P (Internet + TV) Up To 40 Mbps
      Pilihan kecepatan up to 40 Mbps dapat dinikmati oleh 7 hingga 10 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp495.000 per bulannya.

    4. Paket 2P (Internet + TV) Up To 50 Mbps
      Pilihan kecepatan up to 50 Mbps dapat dinikmati oleh 10 hingga 12 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp560.000 per bulannya.

    5. Paket 2P (Internet + TV) Up To 100 Mbps
      Pilihan kecepatan Up to 100 Mbps dapat dinikmati oleh 12 sampai 18 perangkat dengan biaya berlangganan sebesar Rp915.000 per bulannya.

      Anda akan memperoleh akses ke lebih dari 100 saluran TV unggulan. Pengguna juga bebas mengakses aplikasi UseeTV GO. Selain itu, masih ada beberapa jenis bonus menarik yaitu Movies, Study, dan Music yang bebas dipilih sesukanya.

Mengkonsumsi menu sahur sehat adalah salah satu kunci keberhasilan agar tetap produktif bekerja dan beribadah selama menjalankan puasa. Anda kini dapat berkonsultasi dengan ahli gizi secara online tanpa perlu khawatir dengan biaya internet ataupun sambungan terputus berkat adanya Paket 2P dari IndiHome.