Tidak Bisa Download di Play Store? Atasi dengan 6 Cara Ini! | IndiHome
2 JAN 2023        BLOG

Tidak Bisa Download di Play Store? Atasi dengan 6 Cara Ini!

Play Store berfungsi sebagai platform Android untuk mengunduh berbagai aplikasi yang diinginkan. Dibandingkan mengunduh di pihak ketiga, Play Store dapat memberikan jaminan keamanan. Bahkan beberapa aplikasi yang disediakan tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Namun, ada kalanya smartphone Android yang digunakan mengalami kendala pada sistem. Atau ada juga masalah lain sehingga menyebabkan Kamu tidak bisa download di Play Store. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi berikut ini!


Ini Cara Atasi Tidak Bisa Download Di Play Store

Di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi smartphone yang tidak dapat mengunduh aplikasi di Play Store, di antaranya:

  • Periksa Sisa Memori Perangkat
    Mengunduh aplikasi baru di Play Store tentu memerlukan memori eksternal atau internal yang cukup. Jika kapasitas memori tidak memadai, maka aplikasi tidak bisa terpasang di smartphone. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa Kamu tidak bisa download di Play Store. Untuk itu, coba uninstall beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kemudian coba download kembali aplikasi yang diinginkan di platform Android tersebut. 
  • Hapus Proxy
    Proxy adalah sistem yang digunakan untuk sarana perantara jaringan. Terkadang sistem ini mengalami gangguan sehingga mempengaruhi aktivitas mengunduh di Play Store. Untuk mengatasinya, Kamu cukup menghapus proxy tersebut melalui pengaturan pada data APN. 
  • Cek Google Play Service
    Play Store mempunyai afinitas dengan Google Play Service. Tidak bisa download di Play Store pun mungkin disebabkan oleh Google Play Service yang bermasalah. Cara mengatasinya yaitu cukup dengan menghapus data serta cache pada sistem tersebut.

    Jika belum berhasil, cobalah menghapus aplikasi Google Play Service lalu restart smartphone. Setelah itu, nyalakan kembali kemudian unduh lagi aplikasi sistem itu.
  • Bersihkan Cache
    Setiap aplikasi yang Kamu download di Play Store pasti akan menghasilkan junk file atau cache. Akan tetapi, banyak pengguna yang enggan menghapus sampah tersebut secara rutin hingga menyebabkan tidak bisa download di Play Store. Atasi tidak bisa download di Play Store dengan membersihkan cache aplikasi, baik lewat pengaturan aplikasi atau platform pembersih cache.
  • Tambah Memori Eksternal
    Jika mendapatkan notifikasi berupa pemberitahuan Insufficient Storage Available saat ingin mengunduh aplikasi baru di Play Store, itu tandanya memori eksternal yang digunakan sudah penuh. Atasi dengan menambah kapasitas memori eksternal yang lebih besar pada smartphone supaya Kamu bisa mengunduh lebih banyak aplikasi di Play Store.
  • Cek Jaringan Internet
    Cara terakhir untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store adalah dengan mengecek apakah jaringan internet yang digunakan bermasalah atau tidak. Begitu juga bila Kamu menggunakan WiFi. Cobalah cek kualitas sambungan pada WiFi. Mungkin saja kecepatannya menurun hingga mengganggu proses pengunduhan.


Download
Aplikasi di Play Store Tanpa Hambatan dengan Berlangganan Promo Paket IndiHome

Cara-cara di atas merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store. Kamu pun dapat kembali mengunduh aplikasi yang diinginkan asalkan tak ada hambatan jaringan lagi. Makanya, agar terhindar dari hal tersebut, pastikan Kamu berlangganan Promo Paket IndiHome.

Bebas download aplikasi di Play Store dengan jaringan super ngebut IndiHome berkecepatan hingga 300 Mbps. Ditambah bonus melimpah yang bisa Kamu nikmati dengan biaya berlangganan hanya Rp200.000-an saja per bulan!

Nikmati benefit berupa bebas nonton ribuan tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta diskon 50% untuk biaya pemasangan. Promo Paket IndiHome tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet dan benefit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Mau download aplikasi sepuasnya di jaringan stabil dan anti lelet dari IndiHome? Segera pilih paket internet favoritmu dan nikmati bonus melimpah dengan berlangganan Promo Paket IndiHome sekarang juga!