Sebelum Minting, Ketahui Dulu 8 Fakta Unik NFT Berikut! | IndiHome
6 APR 2022        BLOG

Sebelum Minting, Ketahui Dulu 8 Fakta Unik NFT Berikut!

Popularitas NFT atau non-fungible token semakin meningkat di awal tahun 2022 ini. Pasalnya, NFT ternyata menyimpan potensi besar yang dapat menguntungkan secara finansial. Dilansir dari Money High Street bahwa pendiri Twitter, Jack Dorsey berhasil menjual NFT lebih dari US$2.9 juta. Di Indonesia, fenomena NFT berhasil menyita perhatian setelah Ghozali Everyday mampu menghasilkan cuan hingga miliaran rupiah dengan menjual NFT di marketplace NFT seperti OpenSea. Tentunya, fakta NFT ini membuat siapa pun tertarik untuk menjajal keberuntungannya dengan menghasilkan berbagai karya digital.

Tetapi, sebelum Anda mulai minting atau mengubah karya Anda ke aset digital NFT untuk dijual, sebaiknya ketahui dulu delapan fakta NFT berikut ini! 

  • Apapun Bisa Jadi NFT
    NFT adalah bentuk karya digital atau informasi yang bisa disajikan dalam bentuk film, musik, video, gambar, bahkan game. NFT juga kerap kali dijadikan sebagai media bagi para seniman untuk menyajikan karya seni digital yang unik seperti buku atau lukisan. Terdapat juga karya seni non tradisional yang bisa dituangkan dalam bentuk NFT, misalnya postingan di media sosial seperti yang Jack Dorsey lakukan. Dengan mengetahui fakta NFT ini, Anda jadi memahami karya apa saja yang umumnya diubah menjadi NFT. Pada dasarnya, apa pun bisa Anda ubah menjadi NFT sehingga semakin memudahkan Anda dalam membuat karya yang memiliki nilai jual. 
  • Terdapat Banyak Pilihan Blockchain
    Berbicara tentang blockchain NFT pasti mengingatkan Anda pada Ethereum, kan? Ethereum adalah salah satu bentuk teknologi blockchain yang sering digunakan dalam dunia NFT. Ethereum sendiri dipercaya sebagai platform ideal yang dapat mendukung transaksi NFT melalui lelang online. Melalui Ethereum, Anda akan mendapatkan bentuk kepemilikan dari NFT tersebut. Teknologi ini telah dijamin keamanannya sehingga transaksi NFT dapat terhindar dari penipuan atau interupsi pihak ketiga. Itu sebabnya nama Ethereum paling dikenal sebagai media penjualan NFT.

    Sebenarnya masih banyak blockchain lain yang bisa Anda coba di dunia NFT. Misalnya ada Eosio, Cardano, Flow, Solana, Ziliqa, dan Tezos. Blockchain ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang wajib Anda pelajari sebelum minting NFT pertama kali. Setelah mempelajarinya, pastikan Anda mengunggah karya digital di tempat yang paling tepat ya! 
  • Minting Berdampak pada Lingkungan
    Fakta NFT ini perlu diketahui oleh para pecinta lingkungan, sebab NFT ternyata memiliki pengaruh langsung terhadap bumi, lho! Hal ini disebabkan oleh proses minting yang membutuhkan energi besar untuk penyelesaiannya. Proses pengolahan algoritma blockchain oleh komputer super canggih ternyata menyerap banyak daya sehingga menyebabkan emisi rumah kaca. Jika dalam satu detik saja bisa terjadi ribuan transaksi, bayangkan emisi yang dihasilkan dan berdampak pada bumi kita ini. Jadi, sebelum melakukan proses minting, ada baiknya Anda mempertimbangkan fakta NFT ini.
  • Bisa Jadi Sumber Penghasilan
    Fakta NFT ini bisa jadi motivasi untuk menghasilkan cuan. Jika Anda sukses menjual karya digital berbentuk NFT, hasil yang didapatkan pun cukup menjanjikan selama Anda mengetahui cara jitu untuk menjual NFT yang dapat menguntungkan secara finansial. Pastinya kreativitas adalah kuncinya. Di tengah persaingan NFT, memiliki kreativitas yang tinggi sangat penting agar Anda berbeda dari penjual NFT yang lainnya.  
  • Evolusi Dunia Hiburan, Fashion, dan Seni
    Kehadiran NFT telah berhasil mengubah dunia hiburan, fashion, dan seni. Berbagai kartu perdagangan, bangunan, dan tanah digital, hingga lukisan selebriti dianggap sebagai investasi jangka panjang yang memiliki keuntungan. Andrés Reisinger, perancang asal Argentina berhasil menjual 10 furnitur virtual. Furnitur yang paling mahal dapat menghasilkan uang sebesar US$70,000. Furnitur virtual tersebut dapat digunakan dalam game populer seperti Minecraft, Decentraland, dan Somnium Space.
  • Ada Biaya Minting
    Bagi yang ingin minting pertama kali, fakta NFT ini wajib Anda ketahui. Ada biaya minting yang berbeda-beda dilihat dari blockchain mana yang Anda pilih. Blockchain terkenal seperti Ethereum, Flow, dan Tezos akan membebankan biaya dengan melihat dari beberapa kriteria. Sebagai contoh, Ethereum menentukan gas fee sesuai dengan demand di blockchain saat Anda melakukan transaksi.
  • Nilai yang Terus Meningkat
    Meski sudah ada sejak tahun 2012 lalu, NFT mengalami kemajuan pesat di tahun 2021. Bahkan, penelitian dari nonfungible.com mengungkap bahwa pasar NFT terus meningkat hingga empat kali lipat di tahun tersebut. Bahkan, di tahun 2022 nilainya mampu melebihi US$250 juta. Fakta NFT ini ternyata mengubah mindset para investor untuk mencari celah melalui perkembangan dunia digital, termasuk fenomena NFT ini.
  • Diakui Banyak Merek dan Artis Ternama
    Mark Cuban selaku pemilik NBA Mavericks menganggap karya digital mampu mengubah masa depan. Fakta bahwa NFT memiliki sifat yang fleksibel nyatanya dapat mempercepat perubahan tersebut. Menyadari potensi besar NFT, Cuban pun menggaet NBA Top Shot untuk mengeluarkan kartu bisbol berbasis NFT untuk menarik perhatian penggemar. Di pihak lain, aktor terkenal, William Shatner membuat NFT dari kumpulan gambar yang menceritakan kehidupan pribadi dan karirnya di blockchain WAX. Merek kenamaan lain, yaitu Gucci, juga menerapkan konsep NFT untuk menjual produk fashion digitalnya.


Membuat dan
Minting NFT Makin Lancar dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)!

Tidak dipungkiri bahwa keberadaan internet menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas dari mulai belajar, bermain game, hingga bekerja memerlukan jaringan internet yang cepat dan stabil. Berbicara tentang NFT, ini merupakan konsep baru yang perlu dipelajari sebanyak mungkin. Informasi dan fakta NFT lainnya perlu Anda ketahui sebelum mencari peruntungan melalui NFT. Informasi tersebut semakin mudah ditemukan dengan mengandalkan internet. Selain mendapatkan informasi, jaringan internet juga penting untuk membuat karya digital dan minting NFT.

Memahami kebutuhan digital Anda, IndiHome menghadirkan serunya internetan cepat hingga 100 Mbps dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Hadir dalam tiga jenis paket, yaitu Paket 3P (Internet + TV + Phone), Paket 2P (Internet + Phone), dan Paket 2P (Internet + TV), Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain internetan di jaringan stabil dari IndiHome, Anda juga akan mendapatkan berbagai benefit, di antaranya:

  • Bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit  
  • Bebas akses berbagai tayangan menarik di 100 channel TV berkualitas
  • Bonus 57 channel TV selama 3 bulan
  • Cashback LinkAja sebesar Rp100.000
  • Bebas akses Disney+ Hotstar

Dengan biaya berlangganan yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp300ribu-an, aktivitas digital Anda seperti membuat dan minting NFT jadi semakin lancar. Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga!