Performa Cristiano Ronaldo dan Ibrahimovic di Usia Senja | IndiHome
15 JAN 2021        BLOG

Performa Cristiano Ronaldo dan Ibrahimovic di Usia Senja

Berbicara mengenai legenda sepakbola dunia, maka nama Cristiano Ronaldo dan Ibrahimovic tentu berada di jajaran teratas. Meski sudah hampir memasuki kepala empat, nyatanya kedua penyerang tersebut masih bertaji di lapangan hijau. Tak heran jika keduanya disebut sebagai striker tua terbaik.

Zlatan Ibrahimovic misalnya, meski sudah menginjak usia 39 tahun, belum ada desas-desus terkait kapan striker fenomenal ini akan pensiun. Sementara Cristiano Ronaldo sendiri kini sudah mencapai usia 35 tahun dan sebentar lagi mencapai 36 tahun, namun performanya tidak perlu diragukan lagi.

 

Raihan Gol yang Berhasil Dicetak Cristiano Ronaldo

Tidak salah jika striker yang saat ini membela klub asal Italia, Juventus, disebut sebagai salah satu dari beberapa striker tua terbaik. Hal ini mengingat usianya yang sebentar lagi akan bertambah menjadi 36 tahun di tanggal 5 Februari 2021, namun tetap produktif mencetak berbagai gol.

Usia mega bintang sepakbola asal Portugal ini sebenarnya sudah termasuk tua untuk ukuran atlet sepakbola profesional terutama yang berposisi sebagai striker atau penyerang. Meski sudah hampir mencapai kepala empat, Cristiano Ronaldo sangat produktif mencetak gol bagi Juventus di Liga Italia.

Jika dibandingkan dengan pesepakbola profesional yang seusia dengan Cristiano Ronaldo, mereka sudah tidak lagi bermain di tim atas. Pemain seperti Carlos Tevez dan Wayne Rooney yang dulunya merupakan striker andalan Manchester United, kini bermain di kasta kedua sepakbola. 

Tevez kembali membela klub lama Boca Junior di kampung halamannya di negara Argentina. Sementara Wayne Rooney sendiri bermain di Derby County. 

Sejak resmi bergabung sebagai atlet sepakbola internasional di 2002 bersama tim Sporting Lisbon, Cristiano Ronaldo resmi mencetak sebanyak 758 gol. Dari 758 gol tersebut, 102 gol dicetak bersama Tim Nasional Portugal dan 656 gol dicetak bersama rekannya di level klub sepakbola. 

Berikut komposisi raihan gol Cristiano Ronaldo:

  1. Di klub Real Madrid mencatat 450 gol
  2. Di klub Manchester United mencatat 118 gol
  3. Di klub Juventus mencatat 83 gol
  4. Di klub Sporting Lisbon mencatat 5 gol. 

 

Performa Cristiano Ronaldo di Usia Mencapai Kepala Empat

Pada pekan ke-15 Liga Italia, hari Senin (4/1/2021), Cristiano Ronaldo berhasil mencetak dua buah gol untuk Juventus. Dengan tambahan dua buah gol tersebut, Cristiano Ronaldo berhasil mencatatkan gol sebanyak 758 gol, melewati jumlah gol yang dicetak oleh Pele, pesebakbola legendaris asal Brasil. 

Meski masih cukup produktif mencetak gol di gawang lawan, namun para pengamat tentu menyadari bahwa performa Cristiano Ronaldo saat ini sudah berbeda. Dibandingkan beberapa tahun yang lalu terutama saat dirinya masih membela Real Madrid, performa Cristiano Ronaldo cukup jauh menurun.

Bahkan, jika melihat performa Cristiano Ronaldo di tiga musim terakhir pada kompetisi domestik Italia, bisa dikatakan bahwa performanya sedikit mengering. Ia membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa membukukan satu gol.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan Cristiano Ronaldo untuk dapat mencetak satu gol di Serie A lebih lama 46 menit dibandingkan saat membela Real Madrid. Meski begitu, performa Cristiano Ronaldo tetap cukup meyakinkan bagi pemain berusia 35 tahun. 

Bahkan torehan gol Cristiano Ronaldo berhasil mengalahkan beberapa atlit legendaris Italia.

 

Raihan Gol yang Berhasil Dicetak Ibrahimovic

Sejak berusia 8 tahun, Ibrahimovic telah menunjukkan kesukaannya pada sepakbola dengan bergabung di klub lokal Malmo FF di Swedia. Selanjutnya di usia 18 tahun, Ibrahimovic pun berpindah ke klub senior. Pada periode 2001 sampai 2004 Ibrahimovic memperkuat tim Ajax Amsterdam.

Di klub inilah ia memperoleh julukan Ibracadabra karena banyaknya gol-gol ajaib yang tercipta dari tendangannya. Selama 20 tahun karir profesionalnya, Ibrahimovic berhasil mencatatkan lebih dari 475 gol ke gawang lawan. 

Sementara itu, tak kurang dari 9 klub berbeda telah Ibrahimovic singgahi yang berasal dari negara berbeda. Saat bermain di Ajax, Ibrahimovic berhasil mencetak 48 gol, di Inter Milan 66 gol, Barcelona 22 gol, Inter Milan awal 56 gol, PSG 156 gol dan banyak lainnya.

 

Performa Zlatan Ibrahimovic di Usia Mencapai Kepala Empat

Di samping Cristiano Ronaldo, kita juga memiliki striker tua terbaik lainnya yang juga bermain di klub atas Italia, yakni Zlatan Ibrahimovic. Saat ini, striker bernomor punggung 11 yang membela klub asal Italia A.C. Milan masih sangat produktif mencetak gol bagi timnya.

Di usianya yang ke 39 tahun, dan mencapai 40 tahun di tanggal 3 Oktober 2021, keberadaan Zlatan Ibrahimovic bagi A.C. Milan masih cukup menggiurkan hingga tim ini berniat melanjutkan kontraknya. 

Sejak bergabung dengan A.C. Milan pada Januari 2020, Ibrahimovic menunjukkan bahwa ia masih mampu menjadi mesin gol. bagi Rossoneri. Dalam 30 pertandingannya, Ibrahimovic berhasil membukukan sebanyak 22 gol. Bahkan, ia tercatat sebagai top scorer sementara di Serie A. 

 

Tonton Pertandingan Olahraga Favoritmu di Minipack Combo Sport dari IndiHome

Jangan sampai ketinggalan pertandingan klub sepakbola favoritmu dengan berlangganan layanan Minipack Combo Sport dari IndiHome. Ada puluhan saluran olahraga internasional yang bisa Kamu akses melalui layanan Minipack Combo Sport. 

Saluran yang bisa Kamu akses apabila berlangganan Combo Sport adalah:

  1. BeIN Sports 1 dan BeIN Sports 1 HD

    Melalui saluran BeIN Sports 1 HD, Kamu bisa menyaksikan berbagai pertandingan liga sepakbola berkelas dunia seperti Ligue 1, Serie A, La Liga, A-League, dan MLS. Seluruh liga terbaik dunia itu disiarkan dalam kualitas HD yang tajam. 

  2. BeIN Sports 2 dan BeIN Sports 2 HD
    Sama seperti saluran BeIN Sports 1 HD, melalui saluran BeIN Sports 2 HD, berbagai pertandingan kelas dunia seperti Ligue 1, Serie A, La Liga, A-League, dan MLS dapat Kamu saksikan. 
  3. Champions TV 1 dan Champions TV 1 HD
    Champions TV merupakan saluran olahraga 24 jam yang menayangkan berbagai kompetisi olahraga profesional di setiap musimnya. Kamu bisa menyaksikan pertandingan olahraga tingkat Indonesia serta Eropa.
  4. Champions TV 2 dan Champions TV 2 HD

  5. NBA TV dan NBA TV HD
    NBA TV merupakan saluran olahraga yang khusus menayangkan pertandingan bola basket ataupun hal-hal yang berkaitan dengan basket. 
  6. Usee Sports dan Usee Sports HD
    Usee sports menayangkan berbagai pertandingan olahraga di Indonesia dan berita-berita olahraga nasional dan internasional. Di sini, Kamu bisa mengikuti pertandingan IBL, All England Open Championship, Liga 1 Shopee, Sport Story dan sebagainya.
  7. Usee Sports 2 dan Usee Sports 2 HD
    Untuk dapat berlangganan program Minipack Combo Sport dari IndiHome dan menikmati seluruh saluran yang tersedia, Kamu hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp 60 ribuan saja per bulan. 

Para legenda di dunia sepakbola memang akan terus silih berganti. Kini sudah banyak bermunculan atlet-atlet sepakbola profesional baru yang akan menggantikan para legenda. Tentunya sangat menarik menyaksikan penyerang sepakbola yang tergolong senja ini terus mencetak banyak gol di gawang lawan.