Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak untuk Bijak Menggunakan Internet | IndiHome
3 AUG 2021        BLOG

Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak untuk Bijak Menggunakan Internet

Selama pandemi Covid-19, aktivitas anak memang beralih drastis ke gadget. Mulai dari belajar, mengisi waktu dengan bermain game, nonton tayangan streaming, hingga main game. Agar kegiatan mengakses internet tetap aman, peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting.

Bagaimanapun, dunia maya menawarkan beraneka ragam hal yang tidak hanya bermuatan positif, namun juga negatif. Selain memberikan nasihat, orang tua juga harus bijaksana dalam menyikapi anak saat bermain gadget. Ini dilakukan sebagai upaya melindungi anak dari hal tidak diinginkan.

8 Tips untuk Orang Tua Menjaga Keamanan Anak dalam Berselancar di Internet

  1. Menjaga Komunikasi
    Komunikasi dengan anak merupakan hal penting. Menjaga komunikasi yang baik dan lancar akan membuat anak terbuka kepada Anda sehingga merasa nyaman membicarakan beragam topik, termasuk apa saja topik yang sering dicari atau ditonton di internet.

    Pelan-pelan, Anda juga bisa mulai memberikan pemahaman pada anak mengenai hal positif dan negatif yang ada di internet. Setelah itu, giringlah anak agar menggunakan internet secara bijak. Meskipun tampak sepele, namun komunikasi bisa jadi bentuk kepedulian kepada anak.


  2. Memberikan Pengawasan
    Kepercayaan akan menghasilkan hubungan dua arah antara orang tua dan anak. Penting bagi Anda untuk membuat buah hati percaya bahwa orang tua akan selalu ada dan mendukung keputusan yang dibuat. Jadi, jangan menakut-nakuti anak dengan hukuman.

    Kepercayaan terhadap anak dapat ditunjukkan dengan menjalin komunikasi yang baik. Selain itu, beri anak Anda waktu untuk berselancar di internet tanpa harus mengontrolnya. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya buah hati terhadap Anda tanpa ada kecurigaan
     


  3. Menjaga Kepercayaan
    Kepercayaan akan menghasilkan hubungan dua arah antara orang tua dan anak. Penting bagi Anda untuk membuat buah hati percaya bahwa orang tua akan selalu ada dan mendukung keputusan yang dibuat. Jadi, jangan menakut-nakuti anak dengan hukuman.

    Kepercayaan terhadap anak dapat ditunjukkan dengan menjalin komunikasi yang baik. Selain itu, beri anak Anda waktu untuk berselancar di internet tanpa harus mengontrolnya. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya buah hati terhadap Anda tanpa ada kecurigaan.
     


  4. Memahami Hak dan Kewajiban sebagai Orang Tua
    Orang tua memiliki hak mendidik anak dengan caranya agar buah hati terhindar dari hal-hal negatif. Meskipun begitu, ada hal-hal yang harus dipahami, bahwa sebaiknya sesuaikan cara mendidik dengan kondisi psikologis anak agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

    Di sisi lain, hak tersebut juga harus selaras dengan kewajiban, yakni bahwa setiap orang tua wajib mengajarkan untuk selalu berpikir dan melakukan hal-hal positif sehingga memiliki masa depan cerah. Anda bisa saja membatasi anak main internet, tapi bukan melarang.
     


  5. Aktifkan Fitur Internet Positif pada Perangkat
    Untuk memastikan kalau anak tidak membuka situs bermuatan negatif. Anda bisa memblokir berbagai situs secara otomatis dengan mengaktifkan fitur internet positif. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa was-was kalau kecolongan anak mengakses konten negatif.

    Fitur ini tersedia pada perangkat ponsel maupun desktop, jadi Anda bisa langsung eksekusi device yang sering dipakai oleh anak untuk internetan. Hal ini tentu jauh lebih praktis dibandingkan harus selalu memantau mengenai situs apa saja yang dibuka oleh anak.
     


  6. Membuat Jadwal Bermain PC/Gadget
    Penting bagi orang tua memastikan kalau anak tidak sampai kecanduan gadget. Salah satu cara mengalihkan perhatian anak dari internet adalah dengan memberikan dorongan buah hati melakukan interaksi sosial secara intens, seperti bermain bersama teman-teman sebaya.

    Selain itu, buatlah jadwal kapan anak boleh dan tidak boleh bermain gadget. Misalnya, memberikan waktu berselancar di internet pada jam 11.00–14:00 WIB. Cara ini juga terbukti efektif melatih kedisiplinan anak, sehingga bisa memanfaatkan waktu dengan baik.
     


  7. Mengatur Waktu Interaksi
    Seorang dokter spesialis mata mengatakan, bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mata anak adalah mengaplikasikan metode 20:20. Hal ini dinilai lebih baik dan mudah dibandingkan melarang buah hati bermain gadget.

    Apa itu metode 20:20? Maksudnya adalah, membiarkan anak mengakses gadget selama 20 menit. Setelah itu, minta anak melihat objek lain (idealnya nature) dengan jarak sekitar enam meter selama 20 detik. Ini merupakan teknik untuk mengistirahatkan mata agar tetap sehat.
     


  8. Membatasi Penggunaan Aplikasi
    Internet bukan hanya sebatas situs dan platform tertentu yang ada di browser, namun melingkupi semua aplikasi dan perangkat lunak. Oleh karena itu, usahakan gadget yang dipakai anak bebas dari aplikasi yang bisa memberikan dampak negatif.

    Anda bisa menginstal aplikasi sesuai kebutuhan dan usia anak. Seperti aplikasi game tertentu, misalnya. Beritahu juga pada anak untuk tidak sembarangan download app. Kalau ingin mengunduh aplikasi, katakan ke buah hati untuk memberitahu Anda terlebih dahulu.

 

Mau Tahu Cara Efektif Menjalankan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Menggunakan Gadget? Intip Tipsnya dengan Promo Melalui Channel Digital IndiHome!

Orang tua memiliki tugas penting untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis anak dengan baik supaya terhindar dari pengaruh menggunakan gadget. Termasuk menerapkan beberapa metode dengan cara yang baik dan benar. Apalagi, di masa pandemi ini, semakin banyak orang kecanduan gadget.

Di kalangan remaja, gadget biasa digunakan untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman maupun browsing konten hiburan. Kebebasan di internet menuntut orang tua memahami potensi risiko dari situs atau aplikasi yang diakses oleh anak, agar tetap aman berselancar di internet.

Bingung harus mulai memberikan pemahaman dari mana? Sebenarnya ada banyak sekali tips mendidik secara tidak langsung namun efektif yang bisa Anda lakukan. Menariknya, semua trik tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan modal gadget dan koneksi internet.

Untuk menunjang aktivitas browsing mencari informasi yang dibutuhkan, Promo Melalui Channel Digital IndiHome bisa jadi solusi terbaiknya. Apalagi, pilihan paket promo yang ditawarkan bervariasi, dan masih ada diskon menarik untuk setiap paket. Jadi, bisa bebas pilih benefit yang diinginkan.

Apa Saja Pilihan Promo Melalui Channel Digital dari IndiHome?

  • Paket 2P (Internet + Phone)

    Benefit:

    • Internet cepat dengan speed mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps

    • Gratis nelpon lokal/interlokal selama 100 menit

  

  • Paket 2P (Internet + TV)

    Benefit:

    • Bebas browsing dengan high speed internet up to 100 Mbps

    • Bebas akses ke 108 channels

    • Bebas pilih bonus, yaitu opsi Study, Movies, dan Music

  

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone) 

    Benefit:

    • Akses internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps

    • Bebas nelpon, baik lokal maupun interlokal selama 300 menit

    • Bebas akses ke 108 channels

    • Bebas pilih bonus, yaitu opsi Gamers, Kids, Movies, Music, Smart, dan Entertainment

    Opsi-opsi bonus tersebut, di antaranya meliputi:

    • CATCHPLAY+

    • Cloud Storage 8 GB

    • IndiHome Study

    • IndiKids Bright

    • STB Hybrid ATV

    • IndiMovie 2

    • Wifi.id Seamless

    • Langit Musik (Gold)

    • i-Konser

    • Smart Camera

    • Iflix

Ragam paket Promo Melalui Channel Digital yang ditawarkan IndiHome bisa menjadi pilihan cerdas untuk mencari tips cara menjalankan peran orang tua dalam mendidik anak, khususnya saat mengakses internet. Jadi, anak bisa memahami dan mulai menggunakan gadget secara bijak tanpa paksaan.