Ide Lomba Agustusan untuk Memperingati HUT RI di Masa Pandemi | IndiHome by Telkomsel
16 AUG 2021        BLOG

Ide Lomba Agustusan untuk Memperingati HUT RI di Masa Pandemi

Bulan Agustus selalu menjadi momen yang dinantikan seluruh masyarakat Indonesia. Semangat hari kemerdekaan memang kerap diisi dengan berbagai lomba yang menarik dan bisa diikuti seluruh kalangan usia. Sayangnya, semarak momen 17 Agustusan terasa berkurang sejak pandemi melanda dunia pada awal tahun 2020.

Ups, jangan patah semangat dulu, ya. Lomba 17 Agustusan masih bisa dilakukan asalkan tetap menaati protokol kesehatan (prokes) demi meminimalkan penyebaran virus Covid-19. Beberapa inspirasi lomba Agustusan berikut ini sangat menarik untuk dilakukan di masa pandemi:

Melukis Masker Kain

Inspirasi lomba Agustusan yang unik sekaligus simpel adalah lomba melukis masker kain. Lomba yang satu ini tentu belum pernah diadakan sebelum pandemi melanda tanah air. Tak hanya menarik dan terkesan kreatif, lomba melukis masker kain dapat dilakukan dengan tetap mematuhi prokes, lho. Panitia hanya perlu menyiapkan masker kain berwarna putih dan mewajibkan peserta lomba membawa alat lukis sendiri-sendiri. Proses melukis bisa dilakukan serempak dalam waktu 1 jam dengan posisi peserta lomba saling berjauhan (jarak minimal 1 meter). Peserta yang melukis masker paling indah dan sesuai tema akan ditetapkan sebagai juaranya.

Kompetisi Video Olahraga

Pandemi tak boleh jadi alasan untuk malas berolahraga, ya. Justru aktivitas olahraga sangat dibutuhkan agar daya tahan tubuh meningkat dan terhindar dari risiko penyakit. Kegiatan fisik juga dapat menginspirasi lomba Agustusan berupa kompetisi video olahraga. Panitia harus menetapkan jumlah tim setiap peserta lomba (misalnya 3 hingga 7 orang). Selain itu, para peserta juga harus diimbau untuk tetap menaati prokes selama merekam video olahraga. Hasil rekaman video olahraga berdurasi singkat (maksimal 3 menit) kemudian dikirimkan kepada para panitia untuk disaksikan dan dinilai. Wah, lomba yang satu ini sepertinya seru banget, nih.

Lomba Fotografi

Salah satu inspirasi lomba Agustusan yang menarik bagi semua orang termasuk pencinta fotografi adalah lomba foto. Jenis lomba ini cocok dilakukan saat pandemi karena dapat meminimalkan kerumunan. Panitia mesti menetapkan tema lomba yang harus diikuti para peserta, misalnya tema kemerdekaan di masa pandemi, cinta produk dalam negeri, dan pahlawan kemanusiaan di lingkungan sekitar. Tema-tema yang menarik akan membuat lomba fotografi jadi lebih istimewa karena hasil karya para peserta jadi makin beraneka ragam. Oh iya, pastikan kalau hasil foto yang dikumpulkan para peserta merupakan foto natural tanpa proses edit terlebih dahulu.

Lomba Menyanyikan Lagu Nasional

Kompetisi menyanyi masih menjadi salah satu inspirasi lomba Agustusan yang bisa dilakukan di masa pandemi. Namun, alangkah lebih baik jika lomba ini dilakukan secara online ya, misalnya dengan mengandalkan aplikasi video conference seperti Zoom. Usahakan agar lagu-lagu nasional yang dinyanyikan bukan lagu yang terkesan sangat familiar. Sehingga, lomba menyanyikan lagu nasional tak sekadar mengisi momen kemerdekaan tetapi juga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam diri para peserta, panitia lomba, maupun penontonnya.

Kompetisi Video Kreatif Bertema Kemerdekaan

Generasi modern paling kreatif untuk urusan membuat konten. Kreativitas tersebut harus dikembangkan dengan cara yang tepat, salah satunya melalui kompetisi video kreatif bertema kemerdekaan. Lomba yang satu ini tentu akan menghasilkan banyak video yang menarik. Para panitia harus mengumumkan lomba sejak jauh hari supaya para peserta punya waktu yang cukup untuk mengeksekusi ide menjadi video kreatif. Jangan lupa pula mengingatkan peserta lomba agar setiap adegan dalam video tetap mematuhi prokes yang berlaku.

Lomba Game Online

Bermain game online adalah salah satu rutinitas yang mengasyikkan di masa pandemi. Bahkan, aktivitas yang satu ini juga bisa menjadi inspirasi lomba Agustusan yang menarik bagi remaja maupun orang dewasa. Ada berbagai game online yang cocok untuk dijadikan kompetisi, misalnya Mobile Legend, PUBG, atau catur. Lomba game online pada momen kemerdekaan adalah cara kreatif nan bermanfaat untuk mengisi waktu senggang. Tak sekadar seru, lomba yang satu ini juga dapat melatih kekompakan dan ketangkasan para pesertanya.

Lomba Mewarnai Online

Jenis lomba yang satu ini sangat cocok untuk anak usia TK dan SD. Peraturannya sangat sederhana, panitia hanya perlu membagikan dokumen gambar yang mesti dicetak para peserta. Selanjutnya, peserta lomba harus mewarnai gambar tersebut dan mengirim fotonya kepada panitia. Hasil mewarnai para peserta dapat dipublikasikan sebelum pengumuman pemenang. Jangan lupa menyiapkan hadiah yang menarik supaya para pesertanya makin bersemangat, ya.

Lomba Menghias Halaman Rumah

Pandemi bukanlah halangan untuk membersihkan dan memperindah halaman rumah. Momen kemerdekaan di masa pandemi mesti dimanfaatkan untuk menata halaman rumah supaya lingkungan semakin sehat, nyaman, dan asri. Oleh sebab itu, lomba menghias halaman rumah termasuk inspirasi lomba Agustusan yang menarik untuk dicoba. Semua warga yang tinggal di lingkungan tertentu (tingkat RT atau RW) harus mengikuti lomba ini. Kemudian, panitia mesti berkeliling untuk melihat kondisi halaman yang sudah ditata warga supaya bisa memutuskan pemenang lomba tersebut.

Lomba Suami Merias Istri

Salah satu lomba seru yang paling ditunggu-tunggu setiap Agustusan adalah lomba suami merias istri dengan mata tertutup. Lucu sekali ya melihat para suami yang awal soal urusan merias justru harus mendandani istrinya dalam keadaan mata tertutup. Lomba yang satu ini rupanya juga bisa dilakukan #DiRumahAja selama pandemi. Caranya, setiap peserta lomba harus mengikuti video conference dan melakukan proses merias secara virtual di hadapan para panitia. Keseruan lomba virtual ini bahkan bisa direkam sebagai kenang-kenangan, lho.

Lomba Cuci Tangan

Ternyata masih banyak orang yang belum memahami cara mencuci tangan yang benar. Padahal, cuci tangan adalah salah satu kebiasaan yang penting untuk mencegah penularan Covid-19 dan penyakit lainnya. Proses edukasi tentang cara cuci tangan yang benar bisa dilakukan melalui lomba. Caranya, panitia harus mencontohkan cara mencuci tangan yang benar kemudian para peserta harus melakukan hal yang sama. Peserta yang berhasil melakukan cara mencuci tangan dengan benar akan menjadi pemenangnya.

Lomba Video TikTok 17 Agustusan

Kompetisi untuk memeriahkan Agustusan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, salah satunya yaitu TikTok. Lomba video TikTok Agustusan akan membuat peserta berusaha menyuguhkan konten yang kreatif dan menarik. Panitia hanya perlu menetapkan tema kemerdekaan agar para peserta leluasa berkreasi. Selain melakukan penilaian berdasarkan jumlah like, pemenang lomba video TikTok Agustusan juga harus dinilai berdasarkan keputusan panitia.

Persiapkan Lomba Agustusan di Masa Pandemi dengan Dukungan dari IndiHome

Kesimpulannya, pandemi tak boleh menyurutkan semangat masyarakat untuk merayakan kemerdekaan dengan berbagai cara positif. Berbicara soal kemerdekaan, IndiHome juga tak mau ketinggalan merayakan kemerdekaan dengan cara kekinian, yaitu menjamin agar seluruh masyarakat Indonesia terbebas dari masalah internet lelet.

Sekarang, IndiHome menyediakan berbagai paket internet yang menarik dan dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda sekeluarga. Paket-paket tersebut juga disertai promo istimewa yang hemat dan bermanfaat, misalnya Paket 2P (Internet + TV), Paket 2P (Internet + Phone), 3P (Internet+Phone+TV), Paket Promo Melalui Channel Digital, dan masih banyak lagi. Aktivitas digital Anda dan sekeluarga akan semakin lancar dan menyenangkan dengan dukungan dari IndiHome. Yuk, cari tahu informasi seputar promo paket IndiHome yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga di https://indihome.co.id/promo/promo-paket-indihome