Hal yang Wajib Diperhatikan Orang Tua Murid dalam Persiapan Sekolah Tatap Muka | IndiHome
26 MAY 2021        BLOG

Hal yang Wajib Diperhatikan Orang Tua Murid dalam Persiapan Sekolah Tatap Muka

Rencana pemerintah untuk membuka kembali sekolah tatap muka pada bulan Juli 2021 memang masih menimbulkan polemik di berbagai kalangan. Pasalnya, ada banyak hal-hal mengenai persiapan sekolah tatap muka yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Pembelajaran tatap muka di masa pandemi memang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua, bagaimana memastikan anaknya bisa tetap aman dan nyaman dalam mengikuti proses belajar.

5 Hal yang Perlu Orang Tua Murid Persiapkan untuk Sekolah Tatap Muka

Dengan adanya rencana pemerintah untuk membuka kembali sekolah tatap muka, para murid dan orang tua mulai dituntut agar siap memasuki aktivitas sekolah seperti sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tertular virus Covid-19 yang masih merajalela di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan orang tua untuk memastikan keamanan anak saat di sekolah? Simak panduan lengkapnya di bawah ini!

  1. Perlengkapan Belajar
    Persiapkan perlengkapan belajar serta alat tulis steril. Jangan lupa beritahukan pada anak agar tidak sembarangan meminjam peralatan

  2. Membatasi Ruang Gerak
    Orang tua perlu memperingatkan anak supaya tidak menyentuh permukaan benda secara sembarangan. Selain itu, sepulangnya anak dari sekolah, maka langsung disuruh mandi dan membersihkan peralatan sekolah menggunakan cairan desinfektan supaya tidak dihinggapi virus maupun bakteri.

  3. Konsumsi Vitamin
    Proteksi dari dalam juga perlu dijaga. Salah satunya dengan membiasakan anak mengkonsumsi vitamin secara teratur. Konsumsi vitamin sebaiknya juga diikuti pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizi anak, dengan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna.
     
  4. Mematuhi Protokol Kesehatan
    Biasakan anak untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan praktik 5M saat berada di lingkungan sekolah, di antaranya; menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dengan sabun, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi interaksi dan mobilisasi.

  5. Konsultasi ke Tenaga Pendidik
    Apabila anak mengalami sakit atau telah melakukan perjalanan jauh belum lama ini, ada baiknya mengkonsultasikan hal tersebut kepada guru terlebih dahulu. Dengan begitu, maka pihak sekolah bisa melakukan peninjauan, apakah anak harus masuk sekolah atau belum.

 

Belajar Daring Semakin Lancar dan Mudah dengan Paket 2P (Internet + TV) atau Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome

Karena berita mengenai dibukanya pembelajaran tatap muka masih simpang siur, otomatis para murid masih harus berkutat dengan belajar daring atau online. Apalagi, menurut informasi terbaru, kegiatan pembelajaran di sekolah tidak akan dilakukan secara full time.

Untuk mendukung aktivitas belajar anak selama di rumah, maka orang tua memang diharuskan untuk mempersiapkan internet yang memadai. Mengingat kegiatan belajar dilakukan secara online. Oleh karena itu, Anda harus memilih provider terbaik agar aktivitas study at home berjalan lancar.

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap anak dan pendidikannya, Anda bisa berlangganan Paket 2P (Internet + TV) maupun Paket 2P (Internet + Phone) dari IndiHome. Dengan berlangganan Paket 2P, Anda bisa menikmati koneksi internet cepat up to 100 Mbps.

Selain bebas mengakses internet di jaringan cepat, Anda juga akan mendapatkan benefit lain tergantung paket yang dipilih. Untuk Paket 2P (Internet + TV), selain internet, Anda juga bisa menyaksikan beragam tayangan TV berkualitas di 109 channel pilihan, lokal dan mancanegara.

Sedangkan untuk Paket 2P (Internet + Phone), Anda akan mendapat bonus berupa bebas nelpon hingga 300 menit melalui sambungan lokal maupun interlokal. Menariknya lagi, pelanggan IndiHome masih akan mendapatkan bonus lain yang tidak kalah menariknya.

Paket 2P bisa menjadi solusi kebutuhan digital Anda dan semua anggota keluarga di rumah. Jadi, bukan hanya bisa digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring saja. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk terus memantau perkembangan rencana mengenai belajar tatap muka.

Namun yang menarik adalah, Paket 2P manapun Anda berlangganan, dapat memilih 1 bonus serupa, yaitu Study, yang terdiri atas:

  1.     IndiHome Study, Cloud Storage 16 GB, dan Wifi.id Seamless (Paket 2P Internet + Phone)
  2.     IndiHome Study dan CATCHPLAY+ (Paket 2P Internet + TV)

Berlangganan Paket 2P dari IndiHome bukan hanya menjadi solusi terbaik untuk mendukung aktivitas pembelajaran daring. Namun, dengan paket andalan dari IndiHome ini Anda juga bisa mencari tahu mengenai persiapan sekolah tatap muka yang perlu dipersiapkan sejak dini oleh murid.