Cara Mudah Mendapatkan Background Musik Tanpa Terkena Hak Cipta | IndiHome
25 MAR 2021        BLOG

Cara Mudah Mendapatkan Background Musik Tanpa Terkena Hak Cipta

Bagi seorang content creator, efek suara dan background musik merupakan hal sangat penting, khususnya dalam konten video. Hal tersebut dikarenakan komponen yang menentukan menarik atau tidaknya suatu video bukan hanya efek visual saja, namun juga efek suara serta musik latar yang digunakan.

Sebelum memutuskan menggunakan efek suara atau musik tertentu, sebagai video creator yang cerdas Anda juga perlu memastikan kalau musik tersebut bebas dari hak cipta atau copyright. Sebab kalau tidak, maka video Anda akan dihapus, atau bahkan Anda bisa terjerat kasus hukum.


Apa itu
Copyright?

Istilah copyright memang sudah cukup familiar di telinga orang Indonesia. Meskipun begitu, faktanya hanya ada segelintir orang yang benar-benar paham tentang apa itu copyright yang jika diterjemahkan adalah hak cipta.

Copyright merupakan hak kepemilikan atas sebuah karya maupun konten secara eksklusif oleh pihak yang menciptakan karya dan didapatkan otomatis setelah deklarasi. Hak cipta telah diatur dalam Undang Undang No. 28 Tahun 2014.

Tujuan dari copyright sendiri adalah untuk melindungi karya seseorang agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Anda harus selalu berhati-hati ketika memilih musik latar yang akan digunakan pada konten video Anda.

Meskipun begitu, sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir, karena tidak sedikit musik yang bebas royalti atau tanpa copyright. Apabila digunakan dengan benar, maka kecil kemungkinan Anda akan tersandung masalah hak cipta.

Fenomena Maraknya Content Creator yang Bermunculan di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena pembuatan konten video memang semakin melejit, khususnya di kalangan kaum milenial. Selain menjadi media mengekspresikan diri dan sharing pengalaman maupun pengetahuan, nyatanya membuat konten video juga dapat menambah penghasilan.

Salah satu media sosial yang menghadirkan konten video adalah YouTube. Seperti Anda tahu, bahwa setiap individu dapat mengakses platform tersebut, baik sebagai penonton maupun kreator.

Dalam memproduksi konten video sangat erat kaitannya dengan musik latar (background musik) yang dapat membangun suasana sehingga lebih menarik. Tanpa adanya musik latar, dapat dibayangkan bagaimana membosankannya suatu video untuk ditonton.

Bagi para YouTuber, tentu sudah paham bahwa musik yang digunakan juga tidak boleh asal-asalan. Sebab tidak sedikit musik yang memang dilindungi oleh hak cipta. Jika Anda tetap menggunakannya untuk konten video Anda, maka bisa fatal akibatnya.


5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa
Copyright

Untuk mendapatkan musik latar tanpa copyright, maka Anda bisa mengikuti 5 tips ini:

  1. Software Editing

    Software editing merupakan aplikasi yang menyediakan beragam pilihan musik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Menariknya, semua musik maupun efek di perangkat lunak ini tanpa copyright. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai hak cipta.

    Meskipun terkenal mudah digunakan, namun software editing juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah karena Anda perlu upgrade ke paid membership agar bisa menggunakan efek suara atau fasilitas musik tertentu.


  2. Website Penyedia Musik Tanpa Copyright

    Cara ini memiliki tingkat kemudahan sekaligus kesulitan yang sama untuk dilakukan, karena dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk menemukan musik tanpa copyright. Tidak sedikit pihak menyediakan efek atau musik tanpa copyright, namun tetap ada syarat dan ketentuan berlakunya.

    Contoh dari situs penyedia musik tanpa hak cipta adalah Epidemic Sound. Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan per tahun atau per bulan, setelah itu Anda bisa bebas menggunakan efek suara atau karya musik yang terdapat dalam situs tersebut.

    Berikut adalah referensi situs musik tanpa copyright:

    • Mobygratis
    • CCMixter
    • Bensound
    • Incompetech

    Perlu diingat bahwa sebelum memutuskan berlangganan atau menggunakan musik dari situs tersebut, sebaiknya bacalah deskripsi secara seksama. Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya kesalahpahaman terkait copyright.

  3. YouTube Audio Library

    Langkah paling praktis dan aman mencari musik bebas dari hak cipta adalah melalui YouTube Audio Library. Selain menyediakan musik gratis, fitur ini juga menyediakan sound effect gratis yang dapat digunakan pada proyek video karya Anda.

    Ada berbagai jenis sound effect dan musik tersedia di fitur ini. Anda dapat mencarinya melalui kolom penelusuran maupun share langsung ke kategori yang tersedia, misalnya kategori Drama Asia, Classic Movie, Cartoon, dan lain sebagainya.

    Di YouTube Library, Anda juga dapat mengunduh ratusan efek suara dan musik secara gratis. Meskipun begitu, tetap perhatikan karya yang mengharuskan Anda mencantumkan credit.

  4. Sewa Jasa Desainer Audio

    Selain menggunakan aplikasi software, Anda juga bisa memanfaatkan layanan audio custom untuk mendapatkan musik latar bebas dari copyright. Anda dapat menyewa jasa desainer audio guna membuat musik custom sesuai dengan keinginan. Jadi, memang lebih fleksibel.

    Setiap desainer audio umumnya memasang tarif berbeda-beda, dimana hal tersebut juga menyesuaikan dengan tingkat kesulitan proyek musik, serta tujuan pembuatannya.

    Meskipun begitu, cara ini lebih menguntungkan karena Anda bisa memantau proses pembuatan musik sehingga tetap sesuai dengan konsep video yang akan dipublikasikan.

  5. Desain Audio Sendiri

    Dibanding cara sebelumnya, sebenarnya ini adalah trik paling aman, tetapi tingkat kerumitannya tinggi. Apalagi kalau belum berpengalaman dalam bidang desain audio musik. 

    Namun, di era digital ini Anda tidak perlu bingung dalam mempelajari cara desain audio, sebab dapat menemukan beragam artikel panduan, dan video tutorial menarik serta mudah diikuti melalui internet. Jadi, asalkan tekun mempelajarinya, pasti akan berhasil.

    Berikut ini adalah referensi software untuk desain audio yang dapat dipertimbangkan:

    • Adobe Audition
    • Audacity
    • Reaper
    • Ableton Live
    • FL Studio
    • Cubase

 

Mengakses Background Musik untuk Konten Video Anda dengan Paket 3P dari IndiHome

Salah satu alat perang yang paling dibutuhkan oleh para content creator untuk mendapatkan musik latar tanpa copyright adalah koneksi internet. Karena, apa pun cara yang akan Anda aplikasikan untuk mencari efek suara atau background musik tersebut, semuanya membutuhkan dukungan internet yang lancar dan stabil.

Sederhananya, baik itu Anda ingin menggunakan software editing, website penyedia musik tanpa copyright, YouTube audio library, mencari jasa desainer audio, hingga membuat desain audio sendiri, Anda tetap perlu terhubung dengan jaringan internet supaya kegiatan mencari background musik tanpa hak cipta berjalan mulus.

Untuk menunjang aktivitas digital Anda dalam membuat konten berkualitas, termasuk mendapatkan background musik tanpa copyright, maka sangat direkomendasikan berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome.

Dengan berlangganan Paket 3P, maka Anda akan merasakan nyamannya internetan di jaringan stabil, menonton tayangan TV dari berbagai channel pilihan serta bebas nelpon dengan telepon rumah ke sambungan lokal dan interlokal.

Apa itu Paket 3P (Internet + TV + Phone)?

Paket 3P IndiHome terdiri atas, internet, TV interaktif, dan bebas nelpon dengan telepon rumah selama 300 menit. Jadi, selain mendapatkan benefit berupa internet stabil dengan kecepatan mulai 20 Mbps hingga 300 Mbps, Anda juga dapat menonton tayangan televisi interaktif, dan nelpon sepuasnya hingga ratusan menit.

Dengan semua keuntungan tersebut, maka kebutuhan digital Anda dan keluarga dapat terpenuhi hanya dengan berlangganan 1 paket lengkap ini. Menariknya lagi, Anda juga bebas memilih bonus yang ditawarkan, mulai dari Movies, Entertainment, Music, Kids hingga Gamers.

Kegiatan mencari background musik tanpa hak cipta akan menjadi lebih mudah setelah berlangganan Paket 3P IndiHome. Dengan Paket 3P, Anda bisa internetan sepuasnya dengan jaringan yang stabil dari IndiHome.