Agar Tetap Fokus Belajar Saat Berpuasa, yuk, Lakukan 5 Hal Ini! | IndiHome
18 APR 2022        BLOG

Agar Tetap Fokus Belajar Saat Berpuasa, yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Saat kekurangan nutrisi, tidak jarang otak menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini mungkin terjadi ketika Anda sedang berpuasa dan merasa konsentrasi mudah terganggu. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak efektif beraktifitas. Apalagi bila Anda tengah mempersiapkan diri untuk menjalani ujian. Baik belajar maupun menjalankan ibadah puasa haruslah sama berkualitasnya. Itu sebabnya Anda memerlukan tips belajar saat puasa berikut agar fokus tetap terjaga selagi berpuasa.


Supaya Tetap Fokus, Lakukan Tips Belajar Saat Puasa Berikut!

Bagaimana caranya agar fokus Anda tidak terganggu selagi berpuasa? Simak lima tips berikut ini! 

  • Konsumsi Sayur dan Buah Bervitamin B, C, dan E
    Menjaga kesehatan tubuh, termasuk saat berpuasa, sangatlah penting. Pasalnya, Anda memerlukan energi atau tenaga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Ketika berpuasa, menjalankan aktivitas sehari-hari memang cukup menantang. Tetapi, ketika tubuh kita diisi oleh makanan yang bernutrisi seimbang saat berbuka dan sahur, aktivitas akan berjalan lancar meski sedang berpuasa. Jadi, jika Anda ingin fokus belajar, maka sangat penting untuk memperhatikan tips belajar saat puasa ini.

    Saat sahur dan berbuka, pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi khususnya sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin B, C, dan E seperti sayuran hijau, jeruk, wortel, dsb. Jenis vitamin ini dapat meningkatkan konsentrasi untuk mendukung Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Jangan lupa juga untuk minum banyak air putih saat sahur dan selepas berbuka, ya!
  • Pastikan Tidur yang Cukup
    Kualitas tidur berperan dalam proses belajar dan berpikir. Itu sebabnya tidur mempengaruhi kemampuan konsentrasi seseorang. Jika sering begadang atau kurang tidur, proses menyimpan dan menerima informasi akan terhambat. Alhasil, Anda akan sulit untuk mengingat dan mempelajari hal baru.  Selain itu, kurang tidur dan kebiasaan begadang pun akan membuat Anda sulit berpikir logis. Ketika berpuasa, Anda harus bangun untuk sahur, tapi usahakan untuk tetap tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari. Maka dari itu, tidurlah lebih awal dari hari biasanya. Khusus di Bulan Ramadhan ini, buatlah jadwal tidur yang telah disesuaikan dengan waktu sahur.  Tips belajar saat puasa ini akan membuat Anda berkonsentrasi karena mendapatkan tidur yang cukup. 
  • Buat To Do List
    Menyusun to do list yang perlu Anda selesaikan dalam satu hari juga menjadi tips belajar saat puasa yang efektif untuk membantu pikiran tetap fokus. Dengan membuat list, Anda sudah tahu apa saja yang akan dikerjakan di hari tersebut sehingga dapat meminimalisir distraksi. Selain itu, to do list bisa dijadikan sebagai acuan agar tetap produktif sepanjang bulan Ramadan ini.
  • Sisihkan Waktu untuk Istirahat Sejenak
    Menjaga fokus belajar bukan berarti Anda harus terpaku pada aktivitas tersebut sepanjang hari tanpa beristirahat. Padahal, waktu istirahat itu sangat penting untuk menjaga konsentrasi dan terhindar dari rasa jenuh. Setidaknya sisihkan waktu 15 menit untuk beristirahat. Isi waktu istirahat Anda dengan melakukan beberapa hal seperti membaca artikel, mendengarkan lagu, melakukan peregangan, atau sekedar keluar rumah sejenak untuk menghirup udara segar. Agar tidak bablas, Anda bisa mengaktifkan alarm sebagai pengingat untuk kembali belajar setelah cukup beristirahat. Lakukan tips belajar saat puasa ini agar fokus tetap terjaga dan terhindar dari rasa lelah.
  • Lakukan Olahraga Ringan
    Terakhir, tips belajar saat puasa lainnya adalah dengan melakukan olahraga. Selain tidur teratur dan mengonsumsi makanan bernutrisi ketika berpuasa, Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga. Berpuasa bukan menjadi alasan untuk berhenti berolahraga. Malah, agar tubuh tetap bugar, Anda tetap dianjurkan berolahraga dalam intensitas yang lebih ringan. Berdasarkan penelitian dari Universitas Illinois, olahraga mampu meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan kemampuan konsentrasi seseorang. Lalu, kapan sih waktu olahraga yang tepat saat berpuasa?

    Anda bisa berolahraga ringan menjelang buka puasa atau 1-2 jam setelah berbuka/salat Tarawih. Meski sedang menjalankan ibadah saum Ramadan, Anda tetap bisa menjaga kebugaran tubuh sekaligus konsentrasi dengan menerapkan tips belajar saat puasa ini.


Konsentrasi Belajar Semakin Meningkat dengan Berlangganan Paket Pelajar dari IndiHome

Walaupun perut kosong karena sedang berpuasa, bukan berarti aktivitas belajar menjadi terhambat. Anda tetap bisa produktif dengan melakukan tips belajar saat puasa di atas. Konsentrasi Anda pun akan semakin meningkat bila didukung oleh media belajar yang mumpuni seperti jaringan internet yang cepat dan stabil untuk mengakses informasi akademik serta konten edukatif yang penting untuk dipelajari. Maka dari itu, IndiHome menghadirkan paket internetan khusus pelajar guna mendukung aktivitas belajar Anda kapan pun dan di mana pun.

Aktivitas belajar jadi semakin semangat bila didukung oleh koneksi internet cepat dan stabil dengan berlangganan Paket Pelajar dari IndiHome. Selain bisa internetan di jaringan cepat dan stabil hingga 30 Mbps, Anda pun dapat mengakses puluhan channel TV interaktif dengan beragam konten edukatif dan inspiratif sepuasnya. Benefit lainnya yaitu, Anda dapat mengakses aplikasi Pijar Belajar yang berisi materi mata pelajaran dan latihan soal untuk mengasah otak. Semuanya ini bisa Anda dapatkan dengan biaya berlangganan yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp300.000 saja per bulan lho!

Yuk, buat aktivitas belajar Anda semakin menyenangkan di bulan Ramadan ini dengan berlangganan Paket Pelajar dari IndiHome sekarang juga!