Berbagi kuota hingga 200 GB - kuota internet IndiHome Telkomsel
Smooa IndiHome
Smooa IndiHome

Smooa


Bagi Anda pelanggan IndiHome, nikmati mudahnya berbagi kuota internet mobile bersama anggota keluarga dengan Smooa. Tersedia beragam pilihan paket hingga 200 GB dengan jangkauan yang lebih luas yang bisa Anda nikmati saat di rumah atau di mana saja. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bonus bebas nelpon dan SMS sepuasnya antara sesama pengguna add-on Smooa yang terdaftar dalam satu nomor IndiHome. Tunggu apalagi? Segera berlangganan sekarang.

Beragam keuntungan berlangganan add-on Smooa:

  • Gratis nelpon dan SMS ke sesama pengguna Smooa dalam satu nomor IndiHome.
  • Efisien memaksimalkan penggunaan kuota dengan fitur berbagi kuota bersama.
  • Dapat memonitor penggunaan kuota semua keluarga melalui berbagai perangkat.
  • Fleksibel merubah pembagian kuota.
  • Pembayaran tagihan praktis karena menyatu dengan tagihan IndiHome.

Syarat dan ketentuan berlangganan:

  1. Penawaran add-on Smooa berlaku bagi pelanggan IndiHome.
  2. Pelanggan IndiHome wajib memiliki nomor Telkomsel yang dapat dijadikan minimal 1 nomor utama dan 2 nomor sebagai anggota/member.
  3. Pastikan bahwa nomor Telkomsel adalah nomor yang masih aktif, tidak dalam posisi menunggak pembayaran (postpaid) dan tidak dalam masa tenggang (prepaid).
  4. Pada satu paket add-on Smooa terdapat 1 nomor utama dan maksimal 5 nomor Telkomsel yang dapat dijadikan anggota/member.
  5. Saat ini, yang dapat dijadikan nomor utama adalah nomor prepaid Telkomsel.
  6. Add-on Smooa akan aktif selama 30 hari dan akan diperpanjang secara otomatis, kemudian untuk biaya berlangganan akan masuk ke dalam tagihan IndiHome Anda setiap bulan.

Pilih paket sesuai kebutuhan Anda dan keluarga, siapkan nomor IndiHome, nomor Telkomsel Prabayar sebagai pengguna utama, dan nomor Prabayar/Pascabayar anggota keluarga yang akan didaftarkan.

Klik tombol di bawah ini untuk berlangganan.

Pilih paket sesuai kebutuhan Anda dan keluarga, siapkan nomor IndiHome, nomor Telkomsel Prabayar sebagai pengguna utama, dan nomor Prabayar/Pascabayar anggota keluarga yang akan didaftarkan.

Klik tombol di bawah ini untuk berlangganan.

FAQ

General


1. Apa itu Smooa?
Layanan Smooa merupakan kolaborasi Telkom dan Telkomsel berupa layanan add-on IndiHome yang menawarkan paket kuota keluarga dari Telkomsel. Kuota nasional (tidak dapat digunakan untuk roaming internasional) dapat dibagikan di antara anggota/member keluarga atau teman pada nomor utama dan nomor anggota/member untuk penggunaan di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, dan 4G).


3. Apa keuntungan Smooa yang dapat dinikmati keluarga saya?
Anda dapat menikmati berbagai macam keuntungan dengan Smooa, meliputi:
  1. Atur anggota keluarga terdaftar dan jumlah kuota bersama anggota kapan saja
  2. Telepon dan SMS sepuasnya ke sesama keluarga
  3. Pembayaran tagihan praktis karena menyatu dengan tagihan IndiHome
Dengan Smooa, konektivitas keluarga sepenuhnya ada di dalam genggaman Anda.

4. Berapa jumlah minimum kartu SIM dalam paket Smooa?
Jumlah minimum nomor kartu Telkomsel yang dibutuhkan untuk menggunakan Smooa adalah 3 nomor. Jika jumlah nomor Telkomsel yang ingin Anda daftarkan kurang dari 3, maka Anda perlu menambah nomor Telkomsel untuk dapat melanjutkan proses registrasi. Jika jumlah minimal kartu SIM tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menambah jumlah kartu SIM ke dalam paket yang Anda pilih hingga maksimal berjumlah 6 nomor.

5. Berapa jumlah maksimum kartu SIM dalam paket Smooa?
Jumlah maksimum kartu SIM dalam satu paket Smooa adalah 6 kartu (termasuk nomor utama).

6. Apa yang terjadi dengan paket dan tagihan IndiHome ketika saya berlangganan Smooa?
  1. Jika Anda telah menggunakan kartu Telkomsel, Anda dapat melakukan pendaftaran Smooa dengan nomor yang Anda gunakan sekarang.
  2. Jika Anda tidak menggunakan kartu Telkomsel, Anda perlu memiliki nomor Telkomsel dengan cara membeli nomor Telkomsel di gerai terdekat.

7. Berapa lama masa aktif paket Smooa?
Paket Smooa akan berlaku selama 30 hari dan akan otomatis dilakukan perpanjangan setiap 30 hari ke depan selama Anda berlangganan Smooa dan melakukan pembayaran tepat waktu setiap bulan (pembayaran bersama tagihan IndiHome).

8. Apakah saya dapat menggunakan layanan data / telepon seluler di luar negeri?
Anda dapat menikmati internet, SMS, dan telepon dari paket Smooa di seluruh Indonesia. Untuk menikmati layanan roaming, Anda memerlukan paket terpisah.

9. Berapa lama periode minimal untuk berlangganan? Apakah ada penalti jika saya berhenti belangganan paket Smooa sebelum periode minimal tersebut?
Tidak ada waktu minimum untuk berlangganan. Anda dapat menghentikan layanan kapan pun. Jika Anda menghentikan layanan sebelum masa aktif berakhir, Smooa akan tetap aktif sampai dengan berakhirnya masa aktif.

10. Apakah paket dan tagihan Telkomsel Halo saya tetap berjalan ketika saya berlangganan Smooa?
Bila Anda memiliki paket Telkomsel Halo, Anda akan tetap menerima tagihan kartu tersebut secara terpisah dengan tagihan Smooa Anda. Layanan di paket pribadi Anda akan digunakan terlebih dahulu sebelum paket layanan Smooa.

11. Apakah saya harus membeli pulsa untuk menjaga keaktifan nomor prabayar saya ketika berlangganan Smooa?
Setiap nomor yang tergabung dalam paket Smooa akan mendapatkan perpanjangan masa aktif selama Anda tetap berlanggaan Smooa, jadi tidak usah khawatir mengenai perpanjangan masa aktif dengan membeli pulsa.
Perlu diingat bahwa nomor Telkomsel yang ingin Anda gunakan di dalam paket Smooa harus dalam status aktif dan tidak dalam masa tenggang untuk dapat menikmati layanan Smooa.

12. Jika kehabisan kuota internet bersama di dalam paket Smooa, apakah saya atau keluarga masih bisa menggunakan layanan internet Telkomsel?
Jika kuota internet bersama Smooa Anda sudah habis, Anda perlu membeli layanan internet reguler pada masing-masing kartu Telkomsel Anda untuk dapat menggunakan layanan internet. Untuk membeli layanan internet reguler, Anda dapat memilih sendiri paket layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan.

13. Bagaimana cara melakukan pembayaran paket Smooa?
Tagihan paket Smooa Anda akan digabungkan bersama tagihan IndiHome Anda. Pembayaran juga dilakukan bersama dengan tagihan IndiHome Anda dengan metode pembayaran yang telah tersedia.

14. Bagaimana jika saya memiliki pertanyaan lain terkait dengan Smooa?
Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai Smooa, silakan kunjungi Instagram @smooa.id atau hubungi kami di 147 atau @IndiHomeCare.


Daftar Smooa


1. Bagaimana cara saya mendaftar paket Smooa?
Untuk mendaftar, pastikan akun myIndiHome Anda terhubung dengan nomor layanan IndiHome. Selanjutnya silakan ke menu Berlangganan dan pilih Internet. Lalu, pilih menu Smooa. Kemudian ikuti langkah-langkah pendaftaran Smooa sampai selesai. Proses pendaftaran hanya memakan waktu paling lama sekitar 4-5 menit.

2. Apakah saya dapat mendaftar paket Smooa bila nomor saya Telkomsel Halo?
Paket Smooa dapat diikuti oleh pelanggan Telkomsel Halo dan Telkomsel prabayar. Namun, perlu diketahui bahwa untuk nomor utama saat ini diharuskan untuk Telkomsel prabayar.

3. Persyaratan apa yang saya perlukan untuk mendaftar paket Smooa?
Paket Smooa menawarkan minimal 3 kartu SIM Telkomsel dalam paket dasar. Jika Anda sudah memiliki 3 kartu SIM Telkomsel, Anda tidak perlu dokumen apa pun dan dapat mendaftarkan kartu SIM Telkomsel Anda. Jika Anda memiliki kurang dari 3 kartu SIM Telkomsel, Anda perlu melakukan penambahan kartu dengan membeli kartu tambahan SIM Telkomsel di gerai terdekat. Setelah Anda mempunyai tambahan kartu SIM, lakukan aktivasi kartu prabayar Telkomsel Anda dengan mengikuti instruksi manual yang ada di dalam paket kartu SIM.

Catatan: Kartu SIM yang akan didaftarkan ke dalam layanan paket Smooa harus sudah pernah melakukan pembelian paket data Telkomsel apa pun minimal sebanyak satu kali sejak kartu SIM pertama kali diaktifkan.

4. Apakah ada syarat tertentu agar nomor Telkomsel bisa didaftarkan ke layanan Smooa?
Ya, nomor yang bisa didaftarkan sebagai nomor utama untuk layanan Smooa adalah:
  1. Nomor prabayar Telkomsel yang tidak terdaftar sebagai nomor korporat.
  2. Tidak terdaftar sebagai utama maupun anggota/member kuota keluarga Telkomsel.
  3. Pernah melakukan pembelian paket data Telkomsel minimal satu kali sejak kartu pertama kali diaktifkan.
  4. Kartu masih memiliki masa aktif dan tidak berada dalam masa tenggang.

Sedangkan sebagai anggota/member layanan Smooa adalah:
  1. Nomor prabayar dan Telkomsel Halo yang tidak terdaftar sebagai nomor korporat.
  2. Tidak terdaftar sebagai nomor utama maupun anggota/member kuota keluarga Telkomsel.
  3. Pernah melakukan pembelian paket data Telkomsel minimal satu kali sejak kartu pertama kali diaktifkan.
  4. Kartu masih memiliki masa aktif dan tidak berada dalam masa tenggang.

5. Apakah saya dapat mendaftarkan SIM dari provider lain selain Telkomsel dalam paket Smooa saya?
Tidak, Anda hanya bisa mendaftarkan SIM Telkomsel di paket Smooa Anda.

6. Apakah ada biaya pendaftaran untuk Smooa?
Anda dapat mendaftar SMOOA secara gratis. Anda hanya perlu membayar paket dasar saja yang akan ditambahkan di tagihan IndiHome Anda setiap bulan.

Pembayaran Smooa


Pengelolaan Smooa


1. Apakah yang dimaksud dengan Nomor Utama dan Nomor Anggota/Member?
Nomor utama memiliki akses dan kewenangan yang lebih banyak dibandingkan anggota/member dalam hal pengaturan paket Smooa. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat digunakan oleh nomor utama:
  1. Akses dashboard untuk melihat sisa kuota
  2. Menambahkan member dengan fitur "Tambah anggota/member"
  3. Menghapus member dengan fitur "Hapus anggota/member"
  4. Melakukan perubahan nama anggota/member dengan fitur "Edit anggota/member"
  5. Melakukan alokasi kuota untuk nomor utama dengan fitur "Atur kuota"
  6. Melakukan berhenti berlangganan Smooa dengan fitur "Berhenti berlangganan"
Sedangkan untuk nomor member hanya bisa mengakses dashboard untuk melihat sisa kuota.

2. Bagaimana cara untuk mengakses dashboard layanan Smooa melalui myIndiHome?
Nomor utama ataupun nomor anggota/member dapat mengakses website myIndiHome. Panduan pendaftaran anggota/member adalah sebagai berikut:
  1. Nomor utama melakukan login ke website myIndiHome https://myih.telkom.co.id/shop/internet/smooa.
  2. Pastikan nomor IndiHome Anda sudah terhubung dengan akun myIndiHome dengan klik ikon profile di pojok kanan atas. Silakan hubungkan dengan nomor IndiHome apabila belum terhubung.
  3. Silakan klik tombol profile di pojok kanan atas, pilih menu Pengaturan Paket Langganan dan Anda akan masuk ke dashboard Smooa.

3. Apakah saya dapat menambahkan anggota/member lainnya ke dalam paket Smooa yang sudah aktif?
Ya, Anda bisa menambahkan anggota/member lainnya kapan pun. Namun, jika dilakukan penambahan di tengah periode paket yang sedang berjalan maka anggota/member baru yang ditambahkan hanya bisa menggunakan sisa kuota data yang tersedia. Untuk keuntungan lainnya seperti telepon dan SMS serta masa aktif kartu akan aktif pada periode selanjutnya (saat perpanjangan paket).

4. Apakah saya dapat menghapus nomor anggota/member yang terdaftar pada paket Smooa yang sudah aktif?
Ya, Anda bisa menghapus nomor anggota/member yang sudah terdaftar dengan syarat jumlah anggota/member pada paket Smooa tersebut lebih dari 2 nomor.

5. Bagaimana cara saya mengecek sisa kuota yang ada di dalam paket saya?
  1. Melalui dashboard Smooa di myIndiHome Pastikan akun myIndiHome Anda telah terhubung dengan nomor IndiHome. Selanjutnya, silakan klik tombol profile di bagian kanan atas, pilih pengaturan paket langganan, dan Anda akan masuk ke dashboard Smooa. Pada dashboard Smooa tersedia informasi sisa kuota Anda
  2. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi myTelkomsel untuk melihat sisa kuota Smooa.

6. Bagaimana cara saya untuk berhenti berlangganan Smooa?
Untuk melakukan penghentian berlangganan, pastikan akun myIndiHome Anda merupakan nomor utama Smooa atau nomor parent IndiHome. Selanjutnya silakan klik tombol profile di bagian kanan atas, pilih pengaturan paket langganan dan Anda akan masuk ke dashboard Smooa. Silakan klik tombol berhenti berlangganan dan ikuti langkah tersebut.

7. Apakah saya dapat pindah jenis paket Smooa saya miliki, misal dari Silver ke Gold?
Untuk saat ini pelanggan belum dapat melakukan perpindahan dari paket satu ke paket lainnya secara langsung. Anda dapat melakukannya dengan berhenti berlangganan Smooa terlebih dahulu, kemudian setelah 30 hari silakan berlangganan kembali sesuai dengan paket yang Anda inginkan.

8. Apa yang terjadi ketika masa aktif paket Smooa saya selesai?
Paket Smooa Anda akan diperpanjang secara otomatis bila tidak ada tagihan IndiHome yang tertunggak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila Anda sudah membayarkan tagihan IndiHome Anda tepat waktu.
Perpanjangan otomatis membutuhkan waktu 4-5 jam. Bila setelah 5 jam paket Anda masih belum diperpanjang secara otomatis, Anda dapat menghubungi call center IndiHome di 147 atau media sosial @IndiHomeCare.

9. Bila saya memutuskan untuk berhenti berlangganan Smooa, apakah paket saya yang aktif akan hilang?
Meskipun Anda memutuskan untuk berhenti berlangganan Smooa, paket seluler Anda akan tetap aktif sampai akhir periode (30 hari).

Add-On Lainnya