indihome-fiber-main-logo.png

Syarat Ketentuan IndiHome


  1. TELKOM adalah Badan Usaha Milik Negara yang dalam hal ini sebagai penyedia layanan IndiHome.
  2. PELANGGAN adalah Badan Hukum atau Perorangan berkedudukan di Indonesia yang telah menandatangani kontrak berlangganan dengan TELKOM untuk berlangganan layanan IndiHome dan bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul dari padanya.
  3. Alamat PELANGGAN adalah dimana PELANGGAN berdomisili dan/atau alamat instalasi layanan IndiHome yang ditunjuk oleh PELANGGAN.
  4. IndiHome Triple Play (3P) adalah merupakan layanan dari TELKOM baik yang diselenggarakan sendiri maupun bekerjasama dengan pihak ketiga, yang terdiri dari Telepon, Internet dan IPTV.
  5. myIndiHome adalah Mobile Application milik TELKOM yang dikembangkan dan diperuntukkan bagi PELANGGAN baik untuk layanan Fiber maupun Non Fiber untuk menyampaikan keluhan, mengecek tagihan, melakukan pembelian dan keperluan lainnya lagi bagi PELANGGAN.
  6. Add On adalah layanan tambahan IndiHome berupa fitur/konten/Jasa Nilai Tambah (Jasnita) seperti IndiHome View, Melon, akses wifi.id seamless, Minipack dan Trend Micro Internet Security atau layananan lainnya.
  7. Jaringan IndiHome adalah jaringan yang digunakan untuk memenuhi layanan IndiHome baik dengan sistem digital, analog atau direct to home (DTH).
  8. Layanan Bundling IndiHome adalah layanan Telepon, Internet dan IPTV yang disediakan dalam beberapa paket antara lain :
    • 3 Play (3P) yang terdiri dari Telepon, Internet dan IPTV.
    • 2 Play (2P) yang terdiri dari Telepon dan Internet.
    • 3 Play (3P) yang terdiri dari Telepon, Internet dan IPTV dengan fasilitas Direct To Home (DTH) Transvision.
    • 2 Play (2P) yang terdiri dari Internet dan IPTV dengan fasilitas Satelit (IndiHome Sky)
  9. Instalasi Kabel Rumah/Gedung (IKR/G) adalah instalasi jaringan di rumah/gedung dimana perangkat IndiHome dipasang, mulai dari Kotak Terminal Batas (KTB) atau Rangka Pembagi Utama (RPU) hingga ke Customer Premises Equipment (CPE) dan dari CPE ke perangkat terminal seperti telepon, komputer dan Televisi di alamat PELANGGAN.
  10. Customer Premises Equipment (CPE) adalah perangkat milik Telkom atau mitra Telkom yang terdiri dari Modem, Optical Network Terminal (ONT) dan Set Top Box (STB), Decoder, Low Noise Block (LNB) yang merupakan milik TELKOM dan disewakan kepada PELANGGAN selama PELANGGAN berlangganan layanan IndiHome.
  1. Mendapatkan layanan IndiHome sesuai permintaan PELANGGAN yang memenuhi ketentuan teknis TELKOM.
  2. Mendapatkan pelayanan yang baik dan transparan dari TELKOM terkait layanan IndiHome.
  3. Mendapatkan informasi mengenai spesifikasi teknis, sifat-sifat dan karakteristik umum layanan IndiHome yang disediakan TELKOM.
  4. Mendapatkan jaminan tingkat layanan (Service Level Guarantee) IndiHome sesuai dengan ketentuan TELKOM.
  5. Mengajukan klaim tagihan IndiHome apabila diyakini ada besaran tagihan yang tidak sesuai.
  6. Mendapatkan kompensasi sesuai ketentuan TELKOM jika jaminan tingkat layanan (Service Level Guarantee) IndiHome tidak terpenuhi atau terbukti ada kesalahan tagihan.
  1. Membayar biaya pemasangan sambungan layanan IndiHome (biaya pasang baru, biaya mutasi, biaya aktivasi fitur/konten/Jasnita dan biaya lainnya) sesuai dengan ketentuan TELKOM.
  2. Menyediakan instalasi kabel rumah/gedung dan catuan daya listrik untuk perangkat CPE layanan IndiHome di alamat PELANGGAN.
  3. Memberikan izin kepada TELKOM untuk proses instalasi, perawatan, dan perbaikan gangguan IndiHome di alamat PELANGGAN.
  4. Membayar tagihan biaya jaringan dan/atau jasa layanan IndiHome tepat pada waktunya sesuai ketentuan TELKOM.
  5. Memelihara Instalasi layanan IndiHome di alamat PELANGGAN agar selalu dalam keadaan baik atas biaya PELANGGAN.
  6. Melaporkan kepada TELKOM jika sambungan layanan IndiHome di alamat PELANGGAN mengalami gangguan/kerusakan.
  7. Melaporkan secara tertulis kepada TELKOM atas setiap pemindah-tanganan hak tanggung jawab dan/atau kewajiban PELANGGAN terkait layanan IndiHome kepada pihak lain.
  8. Memberitahukan kepada TELKOM apabila bermaksud berhenti berlangganan layanan IndiHome sementara atau memutuskan kontrak berlangganan.
  9. Menyerahkan perangkat CPE milik TELKOM yang terinstal di alamat pelanggan untuk layanan IndiHome, apabila pelanggan berhenti berlangganan layanan IndiHome.
  1. PELANGGAN bertanggung jawab sepenuhnya atas setiap penggunaan layanan IndiHome oleh siapapun di alamat PELANGGAN termasuk penggunaan oleh anggota keluarga, pegawai, penghuni atau pihak ketiga lainnya.
  2. PELANGGAN turut menjaga perangkat CPE milik TELKOM yang terinstalasi dialamat PELANGGAN guna kelangsungan layanan IndiHome berjalan baik.
  1. PELANGGAN dilarang melakukan pemindahan atau perubahan, berupa apapun terhadap jaringan layanan IndiHome.
  2. PELANGGAN dilarang melakukan penjualan kembali baik sebagian maupun seluruhnya layanan IndiHome dalam bentuk apapun tanpa seizin TELKOM.
  3. PELANGGAN dilarang menggunakan layanan IndiHome untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak manapun, termasuk dan tidak terbatas pada:
    • Mengganggu atau merusak suatu jaringan atau sistem komputer pihak manapun.
    • Pengiriman email secara terus menerus dengan tidak bertanggung jawab (spamming)
    • Memalsukan email header atau metode lain yang digunakan dengan tujuan untuk memalsukan identitas PELANGGAN.
    • Pelanggaran atas Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) pihak lain.
    • Tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan peraturan, atau hukum yang berlaku di Wilayah Republik Indonesia.
  1. Menyediakan layanan IndiHome di alamat PELANGGAN atas permintaan PELANGGAN yang memenuhi ketentuan teknis TELKOM.
  2. Memberikan pelayanan yang baik dan transparan terkait layanan IndiHome kepada PELANGGAN.
  3. Memberikan informasi mengenai spesifikasi teknis, sifat-sifat dan karakteristik umum layanan IndiHome yang disediakan TELKOM, melalui brosur, leaflet, Plasa TELKOM, 147 atau media lainnya.
  4. Memberikan jaminan tingkat layanan (Service Level Guarantee) IndiHome sesuai dengan ketentuan TELKOM.
  5. Memberikan kompensasi kepada PELANGGAN bila jaminan tingkat layanan (Service Level Guarantee) IndiHome tidak terpenuhi atau terbukti ada kesalahan tagihan.
  6. Menindak lanjuti laporan PELANGGAN jika sambungan layanan IndiHome di alamat PELANGGAN mengalami gangguan/kerusakan.
  7. Menindak lanjuti laporan PELANGGAN atas setiap pemindah-tanganan hak tanggung jawab dan/atau kewajiban PELANGGAN terkait layanan IndiHome kepada pihak lain.
  8. Menindak lanjuti permintaan PELANGGAN untuk berhenti berlangganan layanan IndiHome sementara atau memutuskan kontrak berlangganan.
  1. Menerima pembayaran biaya pemasangan sambungan layanan IndiHome (biaya pasang baru, biaya mutasi, biaya IKR/G, biaya aktivasi fitur/konten/Jasnita dan biaya lainnya terkait pasang sambungan baru IndiHome) sesuai dengan ketentuan TELKOM.
  2. Menerima pembayaran tagihan layanan IndiHome tepat pada waktunya sesuai ketentuan TELKOM.
  3. Menerima atau mengambil perangkat CPE milik TELKOM yang terinstal di alamat PELANGGAN untuk layanan IndiHome, apabila PELANGGAN berhenti berlangganan layanan IndiHome.
  4. Melakukan perubahan layanan dan atau jaringan akses dan/atau konfigurasi teknis dan/atau perubahan nomor sambungan layanan IndiHome dalam rangka meningkatkan nilai tambah layanan, kehandalan dan keamanan layanan IndiHome untuk PELANGGAN.
  5. Menolak permintaan layanan IndiHome yang diajukan PELANGGAN, bila tidak memenuhi ketentuan teknis TELKOM.
  6. Memeriksa instalasi PELANGGAN untuk memastikan agar sambungan layanan IndiHome dapat berfungsi dengan baik.
  7. Mengenakan sanksi kepada PELANGGAN sesuai dengan kontrak berlangganan.
  8. Mengelola Internet Protocol (IP) baik static maupun dynamic pada layanan akses internet IndiHome yang merupakan milik TELKOM.
  9. Untuk keperluan peningkatan kualitas layanan IndiHome, PELANGGAN wajib memperkenankan TELKOM untuk dapat memasuki dan memeriksa CPE di alamat PELANGGAN.
TELKOM dilarang melakukan perubahan dalam bentuk apapun terhadap jaringan layanan IndiHome dan dilarang mengenakan sanksi kepada PELANGGAN kecuali sesuai dengan ketentuan kontrak berlangganan.
TELKOM dibebaskan dari tanggung jawab atas pembayaran kompensasi atau kerugian yang telah ditanggung oleh PELANGGAN, baik kerugian langsung ataupun tidak langsung sebagai akibat dari berfungsinya atau tidak berfungsinya sambungan layanan IndiHome, karena:
  1. Kerusakan/gangguan layanan IndiHome akibat kesalahan PELANGGAN.
  2. Perubahan jaringan akses, perubahan nomor atau jaringan telekomunikasi TELKOM.
  3. Kegagalan interkoneksi jaringan layanan IndiHome dengan penyelenggara telekomunikasi lain.
  4. Kesalahan tagihan akibat dari akses/pemakaian jasa layanan IndiHome yang disediakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasi lain di luar TELKOM.
  5. Kerusakan akibat peristiwa/kejadian diluar batas kendali normal TELKOM (Force Majeur).
  1. Sepanjang sesuai dengan ketentuan kontrak berlangganan, PELANGGAN atas biaya sendiri dapat melakukan IKR/G di alamat PELANGGAN untuk perluasan pemanfaatan IndiHome seperti access point (AP), hub, tambahan set top box (STB), IP Camera, Komputer dan lainnya.
  2. Pemasangan IKR/G harus dilaksanakan oleh Instalatur yang telah mendapatkan serfikat sebagai Instalatur IKR/G.
  3. Dalam hal di lokasi PELANGGAN belum tersedia Instalatur, maka PELANGGAN dapat meminta bantuan teknisi yang disediakan TELKOM.
  1. Tagihan IndiHome memuat biaya yang terdiri dari :
    • Biaya IndiHome, biaya pemakaian lokal dan SLJJ on net yang melebihi kuota, biaya pemakaian lokal dan SLJJ off net, biaya pemakaian panggilan ke Telkomsel yang melebihi kuota, biaya panggilan ke seluler (non Telkomsel) , biaya panggilan internasional, biaya fitur/konten/Jasnita, biaya sewa perangkat CPE.
    • Biaya lainnya seperti biaya materai, tagihan tunggakan, biaya mutasi dan denda karena tunggakan.
  2. Pembayaran IndiHome ditagihkan dalam satu invoice (single invoice), sehingga pembayaran tagihan IndiHome menjadi satu kesatuan, tidak dapat dibayarkan secara parsial/sebagian layanan IndiHome.
  3. Informasi mengenai besarannya tagihan/rekening jasa layanan IndiHome dapat diperoleh oleh PELANGGAN dengan cara berlangganan electronic Billing System (eBS) yang registrasinya melalui seluruh channel layanan Telkom.
  1. PELANGGAN melaporkan klaim keberatan melalui channel layanan TELKOM paling lambat satu bulan setelah tanggal batas akhir waktu pembayaran.
  2. PELANGGAN diwajibkan membayar uang deposit (titipan) terlebih dahulu sebesar minimum dari rata-rata 3 (tiga) bulan tagihan terakhir atau sebesar nilai tagihan yang diklaim kepada TELKOM.
  3. Klaim atas keberatan PELANGGAN terhadap tagihan IndiHome akan diproses sesuai ketentuan TELKOM.
  4. Apabila klaim diterima dan jumlah uang deposit melebihi dari nilai yang harus dibayar PELANGGAN maka sisa uang deposit (titipan) setelah dikurangi nilai yang harus dibayar akan menjadi pengurang tagihan IndiHome bulan berikutnya.
  5. Klaim tagihan penggunaan jasa layanan IndiHome yang diselenggarakan oleh penyelenggara telekomunikasi lain diluar TELKOM seperti panggilan internasional, layanan fitur/konten/jasnita yang tagihannya menjadi satu dengan tagihan IndiHome.
  1. Pelanggaran terhadap ketentuan kontrak berlangganan dikenakan sanksi mulai dari pengisoliran, denda sampai dengan pemutusan/pencabutan layanan IndiHome sesuai dengan ketentuan TELKOM.
  2. Ketentuan pengisoliran, denda dan pemutusan/pencabutan layanan IndiHome bagi PELANGGAN yang menunggak pembayaran tagihan IndiHome sebagai berikut:
    1. Apabila PELANGGAN IndiHome tidak melakukan pembayaran sampai dengan akhir masa pembayaran bulan N (tanggal 20 setiap bulan), maka pembayaran mulai tanggal 21 sampai akhir bulan N kepada PELANGGAN IndiHome dikenakan denda 5% total tagihan IndiHome atau minimum Rp.5000,-.
    2. Apabila PELANGGAN IndiHome belum melakukan pembayaran sampai dengan bulan N (tanggal 20 setiap bulan), maka sambungan IndiHome (Telepon, Internet, UseeTV) diisolir mulai tanggal 21 bulan N.
    3. Apabila PELANGGAN melakukan pembayaran IndiHome mulai tanggal 1 bulan N+1 sampai dengan akhir bulan N+1, maka dikenakan denda 10% total tagihan IndiHome atau minimal Rp.10.000,- dan isolir layanan IndiHome dibuka.
    4. Apabila PELANGGAN IndiHome tidak melakukan pembayaran sampai dengan akhir bulan N+1 (menunggak 2 bulan), maka pada tanggal 1 bulan N+2 sambungan IndiHome akan di-nonaktif-kan oleh TELKOM.
  3. Pengenaan sanksi berdasarkan ketentuan kontrak berlangganan tidak mengurangi kewajiban PELANGGAN (Eks PELANGGAN), ahli waris atau penggantinya untuk melunasi seluruh tagihan/tunggakan layanan IndiHome termasuk dendanya kepada TELKOM.
  4. PELANGGAN dengan ini memahami, mengetahui dan menyatakan bahwa ketentuan dalam kontrak berlangganan merupakan pemberitahuan/informasi tentang kemungkinan dikenakannya sanksi tersebut, oleh karena itu tidak ada kewajiban bagi TELKOM untuk memberitahukan lebih dahulu kepada PELANGGAN atas pengenaan sanksi dimaksud.
CPE yang dipasang di alamat PELANGGAN adalah milik TELKOM, dan oleh karenanya bila CME mengalami kerusakan atau hilang oleh PELANGGAN, maka PELANGGAN wajib untuk mengganti biaya kerusakan dan atau kehilangan kepada TELKOM dengan perincian sebagai berikut:
  1. Optical Network Terminal (ONT) dikenakan biaya sebesar Rp. 650.000,-/ unit.
  2. Set top box Hybrid dikenakan biaya sebesar Rp. 750.000,-/ Paket.
  3. Kartu Tayang (Smart Card) dikenakan biaya sebesar Rp. 75.000,- / unit.
  4. Cable Ethernet dikenakan biaya sebesar Rp. 9.000,-/ meter.
  5. Cable HDMI dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000,-/ unit.
  6. Penggantian Decoder dikenakan biaya sebesar Rp. 350.000,-/ unit.
  7. Penggantian Parabola dikenakan biaya sebesar Rp.125.000,- unit.
  8. Penggantian LNB dikenakan biaya sebesar Rp. 75.000 ,-/ unit.
  1. Tidak dilaksanakannya sebagian atau seluruh ketentuan kontrak berlangganan oleh PELANGGAN atau TELKOM tidak termasuk sebagai pelanggaran atas kontrak berlangganan jika hal tersebut disebabkan oleh keadaan force majeure (keadaan memaksa).
  2. Yang termasuk force majeure adalah kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang berdampak luas serta tidak dapat diatasi oleh pihak yang mengalaminya atau pihak lainnya dan/ atau diumumkan oleh pemerintah setempat, termasuk peristiwa-peristiwa bencana alam, wabah penyakit, huru hara, perang, kebakaran, sabotase, pemogokan umum, putus aliran listrik umum/ PLN.
  3. Seluruh kerugian yang dialami oleh PELANGGAN atau TELKOM sebagai akibat dari keadaan force majeure tidak menjadi tanggung jawab pihak lainnya.
Apabila oleh suatu sebab terdapat sebagian dari ketentuan dalam kontrak berlangganan dibatalkan oleh Hakim atau menjadi batal demi hukum maka ketentuan tersebut tidak membatalkan atas mempengaruhi ketentuan selebihnya.
  1. TELKOM secara sepihak dapat mengakhiri kontrak berlangganan karena PELANGGAN melanggar ketentuan kontrak berlangganan atau karena TELKOM tidak mampu lagi menjadi penyelenggara layanan IndiHome diwilayah/ lokasi PELANGGAN.
  2. PELANGGAN dapat mengakhiri kontrak berlangganan secara sepihak dengan memberitahukan kepada TELKOM terlebih dahulu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sebelumnya, namun PELANGGAN (Eks PELANGGAN) tetap bertanggung jawab untuk melunasi tunggakan IndiHome kepada TELKOM.
  3. Apabila PELANGGAN bermaksud untuk mengganti layanan paket 3 Play atau 2 Play menjadi 1 Play atau 2 Play, maka PELANGGAN wajib mengisi Kontrak Baru Berlangganan dan dengan demikian maka Kontrak lama baik 3 Play atau 2 Play menjadi tidak berlaku lagi.
  4. TELKOM dan PELANGGAN sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 dan 1267 KUH Perdata, sehingga pembatalan atau pemutusan kontrak berlangganan dapat dilakukan oleh salah satu pihak jika terjadi wanprestasi, dan dinyatakan sah tanpa menunggu keputusan hakim.
  1. Perselisihan yang menyangkut pelaksanaan dan/atau penafsiran atas kontrak berlangganan diselesaikan bersama oleh TELKOM dan PELANGGAN secara musyawarah.
  2. Apabila penyelesaian secara musyawarah berdasarkan ketentuan dalam kontrak berlangganan tidak tercapai maka TELKOM dan PELANGGAN sepakat menyerahkan penyelesaiannya kepada Pengadilan Negeri (PN)/Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan domisili hukum dilokasi kantor TELKOM setempat.
  1. Hal-hal yang belum cukup diatur dalam kontrak ini akan diatur lebih lanjut dalam brosur, buku, leaflet, catalog produk, pengumuman/ pemberitahuan dan/ atau dokumen lain yang diterbitkan secara resmi dari waktu ke waktu oleh TELKOM.
  2. Kontrak Berlangganan berlaku efektif sejak ditandatangani oleh PELANGGAN (atau yang dikuasakan) dan petugas TELKOM yang berwenang dan layanan IndiHome aktif.
  3. PELANGGAN sepenuhnya memahami, menerima, dan tunduk pada syarat dan ketentuan berlangganan jasa layanan IndiHome sebagaimana tertuang dalam kontrak berlangganan, termasuk tetapi tidak terbatas pada layanan telekomunikasi lainnya yang dapat dikembangkan oleh TELKOM dari waktu ke waktu.
  4. PELANGGAN dapat berlangganan layanan IndiHome tanpa bundling atau secara parsial untuk Telepon, Internet atau IPTV.
  5. Besaran dan atau penyesuaian biaya penggunaan layanan, jumlah channel IPTV, sewa CPE, masa program promo IndiHome akan disampaikan secara tertulis oleh TELKOM kepada PELANGGAN baik melalui iklan di media cetak atau elektronik, pemberitahuan melalui pengiriman TAGIHAN atau e-mail, atau dengan cara lain yang akan ditentukan oleh TELKOM.
  6. Syarat dan ketentuan ini bisa mengalami penyesuaian sesuai dengan kebutuhan layanan.
  7. Apabila terjadi gangguan atau adanya keluhan atas layanan IndiHome, PELANGGAN dapat menghubungi 147, facebook: Telkompromo atau Telkomcare, Twitter: @telkompromo atau @telkomcare.



Info

Link

Support

Contact Us

fb-ico.png     Telkom Care
tw-ico.png   @telkomcare
Live Chat
Plasa Telkom
Contact Center 147 (dari handphone tekan kode area + 147)

Follow Us

fb-ico.png     TelkomPromo
tw-ico.png   TelkomPromo
ig-ico.png   Telkom.Promo
youtube-ico.png   IndiHome Fiber
fb-ico.png      TelkomCare
tw-ico.png   Telkom Care

indihome-fiber-myindihome-logo-reverse.png
googleplay-icon.png
appstore-icon.png
telkom-indonesia-logo-reverse.png

Copyright 2018
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
All Right Reserved.