Takut Kena “Tembak Harga” Saat Makan di Warung Pinggir Jalan? Yuk, Simak Tips Menghindarinya! | IndiHome
12 JUL 2021        BLOG

Takut Kena “Tembak Harga” Saat Makan di Warung Pinggir Jalan? Yuk, Simak Tips Menghindarinya!

Makan dengan harga mahal di restoran mewah yang menyediakan fasilitas plus pastilah sudah biasa. Namun, bagaimana dengan makan di warung pinggir jalan tapi bisa sukses membuat kantong kosong? Pastilah akan membuat Anda tidak bisa berhenti mengomel hingga sulit memejamkan mata.

Kasus tembak harga memang sudah sering sekali terjadi, apalagi di area tempat wisata atau saat hari besar. Ulah pedagang nakal yang suka getok harga sering kali meresahkan pengunjung. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mulai membiasakan bertanya harga sebelum order.

9 Tips Makan Warung Pinggir Jalan agar Tidak Kena Getok Harga

  1. Memilih Tempat Ramai
    Kalau sudah terlalu lapar tapi bingung mau makan di mana, sebaiknya Anda tidak mengambil risiko dengan mampir di warung yang sepi tanpa pembeli. Apalagi, kalau dari balik etalase Anda bisa melihat makanannya masih banyak meskipun hari sudah siang, sore, atau malam.

    Warung sepi bisa mengindikasikan bahwa tempat tersebut memang tidak disukai oleh masyarakat sekitar, baik soal harga maupun rasa. Terlebih jika letaknya ada di kawasan sibuk, seperti tempat wisata. Sebaliknya, pilihlah warung yang ramai dengan pembeli.


  2. Biasakan Menanyakan Harga Terlebih Dahulu
    Sebagian orang mungkin akan merasa gengsi untuk bertanya harga makanan saat hendak makan di warung. Apalagi, kalau kebetulan sedang menggandeng gebetan, mungkin ada rasa malu karena takut dikira tidak modal. Namun, singkirkan jauh-jauh pemikiran tersebut.

    Saat Anda berhenti di warung yang tidak memiliki daftar harga menu, maka wajib untuk menanyakan harga makanan pada penjual. Jangan sampai merasa zonk karena ternyata harga yang harus dibayar sangat mahal, padahal menu yang dipesan tidak seberapa banyak.


  3. Menggunakan Bahasa Setempat
    Trik klasik ini faktanya bisa menyelamatkan Anda dari situasi kena jebakan Batman para penjual nakal. Apabila Anda berencana berkunjung ke luar daerah, maka bisa mempelajari sedikit bahasa lokal. Salah satu fungsinya adalah untuk digunakan saat pesan makanan.

    Memesan makanan di warung diselingi dengan bahasa lokal akan membuat pembeli berpikir dua kali untuk mengerjai Anda. Pasalnya, mereka mungkin mengira kalau Anda adalah masyarakat lokal atau setidaknya sudah familiar dengan kawasan tersebut.


  4. Mencari Referensi di Internet
    Di era digital sekarang ini, Anda bisa menemukan informasi apa saja secara instan melalui internet, termasuk mencari tempat makan paling recommended di daerah tertentu. Anda juga bisa mengetahui titik di mana biasanya pedagang makanan iseng sering mangkal.

    Teknologi canggih seharusnya memberikan kemudahan dan lebih banyak manfaat bagi manusia. Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan kena getok harga karena tidak tahu. Padahal, sebelum berangkat Anda bisa browsing dahulu di internet dengan modal kuota dan handphone.
     

  5. Rajin Bertanya kepada Teman, Kerabat, atau Kenalan
    Anda mungkin memiliki kenalan yang sudah pernah berkunjung ke kawasan tersebut. Jangan sungkan untuk meminta tips berguna selama dalam perjalanan, termasuk minta rekomendasi tempat makan yang rasanya enak namun harganya juga ramah di kantong.

    Sebelum bepergian, Anda memang sudah seharusnya rajin mencari informasi. Bukan hanya mencari tahu cara how to get there, namun juga tempat kuliner enak yang murah meriah. Advice dari yang sudah sering ke kawasan tersebut biasanya lebih akurat.
     

  6. Selalu Membawa Uang Tunai
    Di Indonesia, membawa uang cash is a must. Sebagian besar tempat makan memang tidak memiliki mesin yang memungkinkan pembeli membayar dengan kartu. Jangankan warung tenda, restoran juga banyak yang tidak menyediakan opsi bayar menggunakan kartu.

    Oleh sebab itu, apabila berencana bepergian dan makan di jalan sebaiknya bawalah uang tunai dalam jumlah cukup. Jadi, Anda tidak bingung saat hendak membayar makanan. Masih beruntung kalau belum dipesan, kalau sudah terlanjur masuk perut, mau bagaimana?


  7. Perhatikan Kebersihan Tempat
    Saat dalam perjalanan, baik itu mudik atau sekedar traveling. Jangan lupa, bahwa kesehatan adalah hal penting. Kalau ingin makan di warung, sebaiknya perhatikan kebersihan tempat yang ingin disinggahi. Tempat yang bersih biasanya mencerminkan makanan higienis.

    Anda tentu tidak mau terserang penyakit karena mengkonsumsi makanan kotor, bukan? Perhatikan juga bagaimana tempat penyimpanan makanan. Kalau ada banyak lalat yang berkerumun di sekitar makanan, sebaiknya urungkan niat bersantap di tempat tersebut.
     

  8. Pilih Tempat Makan di Kawasan Sibuk
    Warung yang berdiri di area sibuk, seperti perkantoran, kampus, sekolah, dsb. biasanya menawarkan harga lebih masuk akal dan bahkan cenderung murah. Apabila kebetulan Anda akan melewati kawasan tersebut, maka lebih dianjurkan mencari makanan di sana.

    Di dekat kampus misalnya, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan apa saja dengan harga mahasiswa. Jadi, dijamin tidak akan membuat dompet kempis. Kalau ragu, pilih saja warung yang ramai dengan mahasiswa, karena kemungkinan besar harganya lebih murah.


  9. Jeli Mencari Spanduk Diskon
    Persaingan di dunia kuliner semakin tinggi dan setiap rumah makan biasanya berlomba-lomba menarik perhatian calon pembeli. Salah satunya adalah dengan memasang spanduk promo. Ini bisa Anda jadikan sebagai acuan agar tidak terkena tembak harga saat dalam perjalanan.

Mau Makan di Warung Tenda Tapi Takut Kena Getok Harga? Yuk, Cari Tahu Cara Menghindarinya di Internet dengan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome

Kasus getok harga yang dilakukan oleh oknum pedagang warung tenda memang sedang naik daun belakangan ini. Tidak hanya terjadi di kawasan wisata yang memang kerap jadi langganan wisatawan, para pemudik yang melintas di daerah tertentu juga rawan terkena zonk saat makan.

Hal tersebut pasti membuat Anda yang suka jalan-jalan atau ingin mudik menjadi ketar-ketir. Karena ada kemungkinan Anda juga akan mengalami hal tersebut. Apalagi saat haus dan lapar di tengah perjalanan, tidak jarang seseorang langsung berhenti di warung mana saja yang ditemuinya.

Akan tetapi, sebenarnya untuk menghindari kena getok harga sangat mudah sekali. Salah satunya adalah mencari informasi lengkap mengenai kawasan yang akan dilalui atau kunjungi melalui internet. Anda pasti akan langsung mendapat rekomendasi tempat makan yang worth to visit.

Untuk mendukung kegiatan browsing agar tetap lancar tanpa gangguan, Anda bisa menggunakan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome. Dengan Paket 3P, Anda bisa menikmati kenyamanan internetan di jaringan stabil dengan kecepatan hingga 300 Mbps. Bagaimana? Menarik, bukan?

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan benefit lain, yaitu akses ke lebih dari seratus channel TV interaktif dan konten berkualitas. Satu lagi, ada gratis nelpon lokal/interlokal selama 300 menit yang bisa Anda gunakan untuk bersilaturahmi dengan kerabat dan sahabat.

Kenapa Harus Memilih Paket 3P (Internet+TV+Phone)?

Paket 3P (Internet+TV+Phone) IndiHome merupakan solusi cerdas untuk memenuhi semua kebutuhan digital Anda, mulai dari internet, televisi, dan telepon. Cukup dengan berlangganan paket 3-in-1 ini, pelanggan bisa mendapatkan banyak benefit sekaligus dalam sekali bayar. Jadi, lebih hemat.

Selain internet, TV, dan phone, pelanggan juga akan  mendapat ragam bonus menarik lainnya, seperti bebas menggunakan aplikasi UseeTV GO, hingga CATCHPLAY+, Iflix, dan Wifi.id Seamless.

Aktivitas mencari informasi mengenai tips menghindari kena getok harga saat makan di warung pinggir jalan jadi lebih mudah dengan dukungan internet cepat dari Paket 3P. Selain itu, Anda juga bisa nonton berita terkini dan memantau kasus tembak harga yang marak belakangan ini.