Rekomendasi 8 Jurusan Kuliah untuk Kepribadian Extrovert | IndiHome
21 FEB 2022        BLOG

Rekomendasi 8 Jurusan Kuliah untuk Kepribadian Extrovert

Memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan, karena hal ini akan menentukan masa depan pendidikan dan prospek kerja nantinya. Anda bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan minat dan bakat, tetapi tidak sedikit juga yang mempertimbangkan karakteristik atau kepribadian sebagai acuan untuk memilih jurusan yang tepat.

Dua jenis kepribadian yang paling populer adalah introvert dan extrovert. Nah, jika Anda memiliki kepribadian extrovert, terdapat beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk Anda. Apa saja? Yuk, kita bahas lebih lanjut melalui artikel ini.


Jurusan Kuliah untuk Kepribadian Extrovert

Biasanya kelompok extrovert suka lingkungan ramai dan sering berbaur dengan banyak orang. Untuk perkuliahan, sebaiknya extrovert memilih jurusan yang memungkinkan mereka untuk terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan banyak orang. Dengan begitu, potensi mereka akan semakin terlihat dan berkembang. Setidaknya ada delapan jurusan kuliah yang dianggap dapat menunjang perkembangan pribadi extrovert. Antara lain:

 

  • Administrasi Bisnis
    Anda suka networking atau berjejaring dengan orang lain? Selalu bersemangat ketika melakukan presentasi di depan banyak orang? Maka pilihlah administrasi bisnis sebagai jurusan kuliah Anda. Dalam jurusan ini, Anda akan dituntut untuk mempelajari segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Mulai dari strategi pemasaran, sumber daya manusia, cara memimpin dan menyajikan suatu proyek hingga membangun jaringan bisnis, pengetahuan tersebut akan sangat menantang bagi pribadi extrovert yang tertarik dengan dunia bisnis.

 

  • Psikologi
    Sebenarnya jurusan kuliah psikologi bisa dipilih oleh kepribadian introvert maupun extrovert. Namun, jika Anda seorang extrovert, jurusan psikologi merupakan pilihan yang tepat karena mengharuskan Anda untuk bergaul dan berhubungan dengan orang lain. Memilih jurusan ini juga memungkinkan Anda untuk mencari tahu cara orang menggunakan perasaan, berpikir, dan merespon dunia secara ilmiah. Jurusan psikologi umumnya terbagi dalam lima konsentrasi, antara lain psikologi umum, psikologi klinis, psikologi perilaku, psikologi organisasi/ industri, atau psikologi/ konseling kecanduan.

 

  • Hubungan Internasional
    Jurusan kuliah satu ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin berkontribusi di ranah internasional. Apalagi bila Anda seorang extrovert yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan memiliki kemampuan berbicara di depan umum. Selama menimba ilmu di jurusan hubungan internasional, Anda akan mempelajari berbagai isu dunia dan bagaimana cara mengatasinya. Anda pun dituntut untuk menguasai bahasa asing, berpikir kritis, memiliki kemampuan negosiasi dan problem solving

 

  • Pariwisata
    Jika Anda seorang extrovert yang hobi jalan-jalan dan mempelajari ragam kebudayaan baru, pilihlah jurusan kuliah pariwisata. Berbagai hal tentang pariwisata akan Anda pelajari di sini. Di antaranya manajemen destinasi pariwisata, perhotelan, hingga tour dan travel. Anda juga akan mempelajari bagaimana memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas serta bagaimana berinteraksi dengan orang banyak.

 

  • Komunikasi
    Rekomendasi jurusan kuliah yang satu ini jelas menjadi favorit pribadi extrovert yang ingin terjun ke dunia media. Prospek kerja jurusan komunikasi pun sangat luas, dari mulai jurnalis, penulis naskah, reporter, juru kamera, dan sebagainya. Sesuai namanya, jurusan ini melibatkan komunikasi dan interaksi dengan banyak orang. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan yang seru bagi seorang extrovert dan akan membuat mereka semakin semangat untuk belajar. 

 

  • Hukum
    Memilih jurusan ini artinya Anda dituntut menjadi ahli di bidang hukum. Selain mampu menyelesaikan kasus hukum, Anda perlu memiliki kemampuan negosiasi, analisa, dan interaksi di depan umum. Tidak heran bila jurusan kuliah ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk pribadi extrovert. Tetapi, meski dikenal suka bicara, seorang extrovert tetap perlu berhati-hati dalam mengutarakan pemikiran dan argumen agar tidak menyalahi hukum.

 

  • Bahasa
    Semua jurusan kuliah bahasa mempelajari tentang ilmu berbicara yang tentunya menjadi bekal untuk berkomunikasi. Kemampuan public speaking yang dipelajari selama masa perkuliahan akan membuat pribadi extrovert semakin termotivasi untuk terus mengasah skill berkomunikasi dengan baik. Jadi, pilihlah jurusan bahasa bila Anda merupakan pribadi extrovert yang aktif secara verbal ya!

 

  • Teater dan Drama
    Satu lagi jurusan kuliah yang cocok untuk pribadi extrovert, yaitu jurusan teater dan drama. Jika memiliki bakat dalam menghibur orang lain, Anda bisa mengasahnya dengan memilih jurusan ini. Teater dan drama sendiri mempelajari ilmu tentang pertunjukan seni seperti pertunjukan teatrikal, seni klasik, dan musikal. Selain itu, Anda juga akan mempelajari teori akting/peran, menyanyi, menari, berekspresi, pencahayaan, teknik menyutradarai, serta tata rias wajah dan tata kostum. Jika sebelumnya Anda pernah mengikuti ekstrakulikuler teater dan drama di sekolah menengah, pengalaman tersebut akan sangat membantu jika memilih jurusan ini saat kuliah nanti.


Dukung Aktivitas Perkuliahan Anda dengan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Jurusan kuliah di atas dapat memaksimalkan potensi pribadi extrovert yang senang berinteraksi, bersosialisasi, dan mampu beradaptasi di lingkungan yang ramai. Selain memilih kampus dan jurusan yang tepat, pastikan juga Anda mendapatkan dukungan fasilitas belajar yang mumpuni, baik offline maupun online.

Untuk mendapatkan fasilitas belajar online yang optimal, IndiHome menghadirkan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis. Melalui paket ini, Anda akan mendapatkan koneksi internet cepat dan stabil dari IndiHome untuk mendukung kegiatan belajar Anda. Anda pun dapat mengakses aplikasi IndiHome Study yang berisi berbagai konten edukatif yang dapat menunjang kebutuhan pembelajaran Anda.

Terdapat 2 pilihan paket, yaitu 2P (Internet + Phone) dan 3P (Internet + TV + Phone). Dengan berlangganan Paket 2P (Internet + Phone), Anda akan mendapatkan bonus nelpon selama 50 menit. Sementara jika Anda berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone), Anda juga mendapatkan akses puluhan channel TV interaktif dan edukatif. Kedua paket tersebut juga sudah termasuk bebas akses IndiHome Study.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200 ribuan saja per bulannya, Anda bisa memaksimalkan kegiatan belajar di jurusan kuliah yang telah dipilih. Yuk, langganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis sekarang juga!