Mengenal Teknologi Fiber Optik, Internet Broadband dan Rekomendasi Paket Terbaik | IndiHome
29 DEC 2020        BLOG

Mengenal Teknologi Fiber Optik, Internet Broadband dan Rekomendasi Paket Terbaik

Di era revolusi industri 4.0 ini, keberadaan internet sangatlah penting. Semua orang saling terkoneksi menjadi kesatuan yang menghubungkan informasi antar negara di seluruh dunia. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat ini adalah teknologi fiber optik, internet broadband dan paket terbaik.  


Apa Itu Teknologi Fiber Optik? Apa Kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0?

Tahukah Anda jika belakangan ini, teknologi fiber optik menjadi perbincangan hangat karena disebut sebagai primadona dalam dunia telekomunikasi? Namun, banyak yang belum paham apa sebenarnya pengertian fiber optik dan apa keterkaitannya dengan revolusi industri 4.0?

Teknologi fiber optik yaitu saluran transmisi atau sejenis kabel, terbuat dari kaca atau plastik yang lebih tipis dibandingkan dengan sehelai rambut. Teknologi ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal berupa cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sumber cahaya yang sering digunakan adalah laser atau LED. Kabel fiber optik memiliki diameter kurang lebih 120 mm. Cahaya yang ada di dalamnya tidak keluar karena indeks bias di udara lebih kecil daripada indeks bias kaca.

Selain itu, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit, kecepatan teknologi fiber optik ini bisa dibilang cukup tinggi. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk saluran komunikasi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak perusahaan besar yang menggunakannya.

Lebih luas lagi, sebenarnya fiber optik tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat luas. Dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fiber optik single mode dan kabel fiber optik multimode. Kabel fiber optik single mode mempunyai transmisi tunggal untuk menyebarkan cahaya.

Sementara itu, kabel fiber optik multimode memiliki banyak transmisi sehingga mampu menyebarkan cahaya yang banyak sekalipun dalam satu waktu. Cara kerjanya adalah:

  • Sumbernya berbentuk sinyal listrik yang ketika berada di transmitter diubah oleh transducer electro optic atau yang dikenal dengan dioda menjadi gelombang cahaya.
  • Selanjutnya gelombang cahaya ditransmisikan melalui ujung kabel serat menuju penerima yang ada di ujung lainnya.
  • Penerima sinyal optik diubah oleh transducer optoelektronik menjadi sinyal kembali.

Fiber optik dirancang untuk mengirim jaringan data jarak jauh. Keberadaannya menggeser kabel penghubung sebelumnya (tembaga) karena bandwith yang dimiliki lebih tinggi. Nah, di era revolusi industri 4.0, apa saja manfaat dari teknologi fiber optik ini bagi perusahaan?

  1. Menghemat Budget atau Anggaran Sebuah Perusahaan

    Salah satu tanda dari adanya revolusi industri 4.0 ini adalah banyaknya perusahaan besar yang beroperasi di sebuah negara. Teknologi fiber optik mampu membantu menghemat anggaran atau pengeluaran sebuah perusahaan dibanding dengan kabel dari tembaga. Selain itu, kabel fiber optik dinilai lebih efektif dalam menyerap jaringan internet sehingga operasional perusahaan menjadi lebih lancar.

  2. Menghubungkan Saluran Internet, TV dan Telepon Menjadi Satu Jalur

    Karena memiliki serat yang sangat tipis, fiber optik mampu menghubungkan beberapa jaringan telekomunikasi sekaligus hanya dengan satu jalur. Tentunya, ini sangat memudahkan perusahaan karena hanya dengan satu produk mereka mendapatkan tiga saluran sekaligus.

  3. Mempercepat Pengiriman Data

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kabel fiber ini memiliki serat yang sangat tipis, sehingga mampu meningkatkan performa dalam pengiriman data. Selain itu, ia tidak memiliki arus listrik sehingga tidak akan terjadi gangguan elektromagnetik dan terhindar dari kebakaran. 

    Sekarang, Anda sudah paham kan apa itu pengertian dari teknologi fiber optik dan keterkaitannya dengan revolusi industri 4.0? Banyak sekali manfaat yang didapatkan, sehingga tidak rugi jika saat ini banyak perusahaan telekomunikasi yang menggunakannya.


Internet Broadband dan Rekomendasi Paket Terbaik

Setelah mengetahui apa itu teknologi fiber optik, selanjutnya Anda harus memahami internet broadband yang masih ada keterkaitannya di dunia teknologi, informasi dan komunikasi saat ini. Secara singkat diartikan sebagai jangkauan frekuensi yang sangat luas.

Beberapa dari Anda pasti pernah merasa kesal karena koneksi yang tidak stabil? Hal ini dikarenakan saluran telepon tetap sibuk ketika sedang mengakses internet. Nah, dengan broadband hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

Dengan fungsinya untuk menerima dan mengirimkan data, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena memberikan manfaat penggunaan internet yang lebih cepat dan optimal. Terdapat beberapa jenis koneksi broadband yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Broadband Satelit

    Jenis broadband satelit memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah tidak mempunyai keterbatasan jangkauan secara geografis. Untuk kecepatannya memang lebih sedikit dibanding dengan jenis yang lain.

  2. Koneksi Kabel Broadband

    Kedua adalah koneksi kabel broadband yang sengaja dibuat bersamaan dengan saluran TV. Hal ini membuatnya lebih efisien karena Anda bisa dengan mudah mengakses internet melalui sambungan TV kabel.

  3. Broadband Wireless

    Ketiga adalah broadband wireless yang disebut dengan internet nirkabel. Pemakaiannya lebih fleksibel, rapi, dan efektif saat proses instalasi maupun perawatan.

  4. Koneksi Broadband ADSL dan SDSL

    ADSL bisa dibilang sebagai koneksi yang paling banyak digunakan, yaitu saluran digital yang mampu dimanfaatkan untuk akses internet tanpa mengakibatkan saluran telepon terganggu. Biasanya digunakan di rumah dan tujuan komersial.

    Sedangkan SDSL hampir sama dengan ADSL, hanya saja kecepatan upload dan downloadnya identik. Sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan koneksi internet untuk tujuan komersial.


Nah, jika Anda sedang bimbang untuk memilih paket internet terbaik untuk kebutuhan digital saat di rumah atau bisnis Anda, sangat direkomendasikan menggunakan Fixed Broadband Internet dari IndiHome melalui paket 3P (Internet + TV + Phone).

Anda akan mendapatkan internet cepat hingga 300 Mbps dengan beragam pilihan paket yang tersedia. Serunya lagi, pilihan paket juga dilengkapi dengan bebas akses UseeTV Go dan 109 channel dari layanan TV interaktif serta bebas biaya telepon rumah selama 300 menit.

Manfaat penggunaan paket 3P secara lengkap adalah sebagai berikut:

  • Proses Bekerja Menjadi Lebih Cepat

    Di masa pandemi ini, pemerintah sedang menerapkan Work From Home (WFH) dan belajar di rumah. Pastinya Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil agar semua berjalan dengan lancar, kan? Tenang, ada paket 3P dengan pilihan kecepatan internet hingga 300 Mbps.


  • Beragam Media Hiburan

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, paket 3P sudah termasuk bebas akses 109 channel dari layanan TV interaktif. Sehingga, Anda bisa menikmati tayangan film dan serial apa saja di IndiHome TV. 

    Selain paket 3P, Anda juga bisa berlangganan paket 2P dengan pilihan Internet + Phone atau Internet + TV. Anda bisa mendapatkan kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan harga mulai dari Rp300.000-an per bulannya.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan layanan internet broadband dari IndiHome di rumah Anda untuk ciptakan momen seru dan menyenangkan.